Menjadi pengusaha tak harus menyiapkan modal besar. Banyak lho usaha rumahan dengan modal di bawah 10 Juta? Mau tahu?
Bagikan:

Kehadiran modal menjadi faktor krusial bagi seorang entrepreneur. Hanya saja, modal tidak hanya berupa uang, tetapi juga bisa berbentuk skill serta pengetahuan. Bahkan, keberanian dalam memulai usaha juga bisa Anda sebut sebagai modal penting dalam berbisnis. Faktanya, banyak peluang usaha rumahan dengan modal di bawah 10 juta. Namun, hanya segelintir orang yang mau mengeksekusi peluang usaha tersebut.

Usaha rumahan dengan modal di bawah 10 juta membuat Anda tetap bisa beraktivitas dengan anak dan pasangan. Selain itu, usaha rumahan juga memiliki pola kerja yang fleksibel, dapat Anda sesuaikan dengan aktivitas lain. Dengan keuntungan seperti itu, usaha rumahan dapat dilakukan oleh siapa saja, baik pekerja kantoran ataupun ibu rumah tangga.

Nah, mau tahu apa saja peluang usaha rumahan yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan modal uang Rp10 juta? Berikut ini adalah 10 peluang bisnis yang bisa Anda pilih:

1. Ternak ayam kampung

Anda perlu tahu bahwa ayam kampung punya nilai jual lebih tinggi dibandingkan ayam broiler. Masa panennya juga tidak terlalu lama, hanya butuh waktu 2 bulan dengan bobot antara 800 gram sampai 1 kg. Sementara itu, bibit ayam kampung super, bisa Anda peroleh dengan harga di bawah Rp10 ribu per ekor. Selain itu, Anda juga perlu membangun kandang dengan ukuran relatif cukup luas. Ada pula pengeluaran untuk vitamin serta pakan.

2. Layanan katering

Peluang usaha rumahan selanjutnya adalah dengan menjalankan bisnis katering. Dalam proses pelaksanaannya, usaha katering memerlukan kemampuan memasak yang lezat. Selain itu, Anda juga perlu mempersiapkan peralatan masak yang komplet. Mengenai proses pemasarannya, Anda dapat memanfaatkan media sosial seperti Facebook dan Instagram.

3. Sewa kamar

Kalau Anda memiliki kamar tak terpakai di rumah, tak ada salahnya untuk menjadikannya sebagai modal memulai usaha. Jenis usaha yang dapat Anda lakukan adalah sewa kamar. Apalagi, ketika Anda memiliki rumah di kawasan yang ramai wisatawan seperti Yogyakarta, Bali, atau Bandung. Selanjutnya, Anda dapat memanfaatkan platform layanan sewa kamar online seperti AirBnB untuk proses pemasarannya.

4. Jasa desain grafis

Jasa desain grafis juga dapat Anda pilih sebagai usaha rumahan dengan modal terbatas. Anda hanya perlu menyediakan komputer serta software desain grafis. Untuk memangkas modal yang dibutuhkan, Anda dapat memilih untuk menawarkan jasa desain grafis secara online. Jenis desain grafis yang bisa Anda tawarkan beragam, mulai dari logo perusahaan, brosur, kartu nama, banner, dan lain-lain.

5. Les privat

Pertimbangan usaha berikutnya yang dapat Anda pilih adalah les privat. Untuk menjalankan bisnis ini, Anda tidak perlu keluar rumah. Anda bisa menggunakan rumah sebagai tempat belajar bersama para murid. Bisnis ini sangat dibutuhkan. Apalagi, banyak orang tua yang mengalami kesulitan dalam menemani waktu belajar anak.

6. Jasa pembuatan website

Tingkat kebutuhan website di era digital seperti sekarang sangat tinggi. Website tidak hanya diperlukan oleh pemilik usaha, tetapi juga untuk keperluan personal. Anda bisa menawarkan jasa untuk membantu siapapun dalam membangun website. Apalagi, cara membuat website tidak terlalu sulit, dengan bantuan content management system (CMS) seperti WordPress.

Biasanya, penyedia jasa pembuatan website juga kerap menawarkan jasa tambahan kepada para kliennya. Jasa tambahan yang dimaksud di antaranya adalah social media marketing, search engine optimization (SEO), serta layanan penyediaan konten. Dalam penyediaan jasa tambahan itu, Anda tidak harus melakukannya sendiri. Bisa pula memilih untuk berkolaborasi dengan pebisnis lain.

7. Developer aplikasi

Selain website, saat ini angka kebutuhan terhadap aplikasi juga sangat tinggi. Bagi yang yang memiliki kemampuan dalam membangun perangkat lunak, bisa memanfaatkan skill tersebut sebagai jenis usaha penghasil dolar.

Anda dapat memilih untuk menyediakan jasa pembuatan software. Selain itu, ada pula opsi untuk menciptakan perangkat lunak dan menjualnya sendiri. Apalagi, saat ini ada banyak marketplace untuk produk software, termasuk di antaranya adalah Google Play dan App Store.

Itulah 7 peluang usaha yang bisa Anda kerjakan dari rumah. Lalu, bagaimana cara mengumpulkan modal untuk memulai usaha tersebut? Solusinya mudah. Anda dapat memanfaatkan aplikasi Pegadaian Digital. Lewat aplikasi ini, Anda dapat mengumpulkan modal dengan cara investasi emas.