bisnis online pakaian
Bagikan:

Anda telah mengambil keputusan yang tepat ketika menggeluti bisnis online yang bergerak di bidang pakaian dan fashion. Menurut data statistik Kemkominfo, produk yang dibeli secara online pada tahun 2015 didominasi dari kategori fashion dan aksesoris sebanyak 37,6 persen. Bandingkan dengan 20 produk lainnya yang hanya menempati persentase pembelian di bawah 13 persen.

Artinya, minat masyarakat pada fashion yang dijual secara online lumayan tinggi. Tidak mengherankan mengingat fashion merupakan kebutuhan mendasar untuk tampil menarik. Namun, tidak mudah pula untuk bersaing dengan pebisnis online fashion lainnya, kecuali Anda menerapkan tips sukses bisnis online fashion berikut ini:

 

 

  • Tentukan USP

 

Ingatlah bahwa bisnis online pakaian dan fashion tengah menjamur saat ini. Produk Anda harus memiliki Unique Selling Point atau faktor yang membedakannya dari produk kompetitor. Entah dari segi harga terendah, kualitas tertinggi, atau apa saja yang membuat produk Anda lebih spesial dari yang lainnya. Promosikan keunikan atau nilai jual produk tersebut sehingga orang-orang tertarik membelinya.

 

 

  • Buatlah Nama Toko Online yang Gampang Diingat

 

Jangan membuat nama toko yang terlalu rumit atau terlalu panjang sehingga sulit diingat. Buatlah nama toko yang simpel dan ear-catching. Ketika produk yang dibeli konsumen Anda juga disukai oleh teman-temannya, mereka pasti akan bertanya di mana bisa membelinya. Tentunya Anda ingin konsumen mengingat dan menyebutkan nama toko.

 

 

  • Pelajari Kelebihan Kompetitor

 

Anda ingin orang-orang lebih memilih bisnis online pakaian Anda ketimbang kompetitor, kan. Pelajari para pesaing Anda; apa saja yang mereka jual, bagaimana mereka menetapkan harga. Pertimbangkan pula untuk memberikan penawaran spesial atau diskon pada konsumen.

 

 

  • Tuliskan Deskripsi Menarik

 

Pikirkan siapa target audience untuk masing-masing produk. Tuliskan deskripsi menarik yang langsung mengenai sasaran konsumen. Jelaskan apa yang menarik dari produk tersebut, bagaimana produk itu menguntungkan pembeli, material produk, dan sebagainya.

 

 

  • Fotografi Produk dari Berbagai Sudut

 

Deskripsi produk saja tidak cukup tanpa potret produk yang tampak profesional. Terserah Anda apakah ingin memotret produk saja atau menyewa model untuk mengenakannya. Namun, pastikan satu produk diwakili oleh tiga atau empat foto yang terdiri dari berbagai sudut dan level zoom.

Foto produk yang di-zoom memperlihatkan detail motif dan material. Orang-orang suka melihat produk sedetail mungkin sebelum memutuskan untuk membeli.

 

 

  • Promosikan Melalui Media Sosial

 

Jutaan orang di dunia menggunakan media sosial, entah itu Facebook, Instagram, Line, dan sebagainya. Manfaatkan platform tersebut untuk mempromosikan produk Anda dan menarik lebih banyak konsumen.

Anda bisa membuat akun Instagram untuk mem-posting foto produk terbaru, penawaran spesial, serta menautkannya ke alamat web Anda. Anda juga bisa menayangkan iklan produk di Facebook, lengkap dengan tombol Call to Action.

 

Ada tips tambahan dari Frances Card, pendiri Frances Card Consultancy. Dia mengemukan bahwa passion dan kreativitas memang sangat diperlukan ketika memulai suatu bisnis. Namun, hal-hal yang membuat bisnis mampu bertahan lama yakni strategi jangka panjang, perencanaan finansial yang jelas, dan target tahunan.

 

Nah, sekian dulu tips sukses bisnis online pakaian dan fashion. Ingatlah bahwa tidak ada kesuksesan yang diraih dengan mudah, tapi kerja keras tidak akan berkhianat.