Usaha barbershop kini sedang memiliki banyak peminat
Bagikan:

Salah satu produk jasa yang tetap dibutuhkan masyarakat dari dulu hingga sekarang adalah jasa cukur rambut atau usaha barbershop. Saat ini di kota besar sudah mulai bermunculan berbagai usaha barbershop kekinian yang menarik perhatian milenial untuk menggunakannya dan menikmati jasa yang diberikan.

Mengingat jasa ini banyak digunakan, tidak ada salahnya kalau kamu ingin membuka usaha barbershop di kawasan yang belum memiliki jasa potong rambut profesional. Kalau kamu bingung harus dari mana memulainya, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan.

  1. Memilih Lokasi Usaha Barbershop yang Tepat

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum membuka jasa barbershop adalah memilih lokasi yang tepat. Mengapa lokasi sangat menentukan? Karena lokasi akan menentukan banyak dan sedikitnya pelanggan yang datang. Kalau kamu membukanya di tengah sawah dan jauh dari pemukiman penduduk, kira-kira siapa yang mau potong rambut?

Usahakan memiliki lokasi yang selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat. Misal di dekat pusat keramaian seperti pasar atau pusat kuliner. Kalau di sekitar kampus atau perkantoran ada lokasi yang kosong, kamu juga bisa membidiknya. Dengan lokasi yang cukup strategis, yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah promosi yang menarik.

  1. Memiliki Modal yang Cukup

Menurut Guy Kawasaki, memiliki ide yang banyak adalah sebuah kemudahan. Yang paling sulit adalah bagaimana melakukan implementasi. Kalau kamu sudah memiliki lokasi yang menjadi sasaran, tahap selanjutnya tentu menyewa atau membeli lokasi tersebut. Nah, karena tidak semua orang punya uang banyak, masalah modal ini bisa menjadi masalah yang pelik dan menggagalkan impian.

Kalau kamu ingin mendapatkan modal yang cukup dan tidak kerepotan dengan banyaknya syarat coba untuk menggunakan produk Pegadaian  bernama Kreasi Ultra Mikro. Dengan produk ini kamu bisa mendapatkan pinjaman mulai Rp1 juta hingga Rp 10 juta.

Yang perlu kamu siapkan adalah BPKB kendaraan. Ya, hanya BPKB saja karena kendaraan masih bisa dipakai oleh nasabah. Dengan produk ini kamu tidak akan kesusahan mendapatkan modal dalam jumlah banyak. Apalagi sewa modalnya terbilang rendah sehingga tidak terlalu membebani.

  1. Memiliki Tukang Potong yang Kompeten

Kalau kamu ingin mendirikan usaha barbershop kekinian, yang bisa dilakukan hanyalah dua. Pertama, kamu melakukan kursus potong rambut dan menjadi pemberi jasa secara langsung ke pelanggan. Atau kalau modal cukup banyak dan penghasilan besar, kamu bisa membuka lowongan tukang potong yang kompeten.

Ingat, selalu pilih tukang potong yang kompeten sehingga pelanggan akan puas dengan pekerjaan yang dilakukan. Kalau kamu bisa memiliki tukang potong yang bisa melakukan potongan rambut dengan jenis apa pun, bisnis ini sudah selangkah lebih maju dan kemungkinan besar akan terus diminati banyak generasi milenial.

  1. Menerapkan Promosi yang Menarik

Kesulitan memulai bisnis adalah mengenalkan produk secara langsung kepada calon pelanggan. Dengan melakukan promosi yang tepat, pelanggan awal akan didapatkan dengan mudah. Berikan layanan yang baik pada pelanggan awal karena dari merekalah usaha ini dipertaruhkan. Misal pelanggan pertama suka dengan layanan dan ikut mempromosikan, merek yang kamu miliki akan terus berkembang.

Buat program yang menarik seperti potong beberapa kali gratis potong sekali atau ada hadiah seperti cendera mata. Dengan melakukan ini, pelanggan baru akan datang untuk menggunakan jasa yang ditawarkan.

  1. Mengintegrasikan Barbershop dengan Usaha Lain

Seiring dengan berjalanya waktu, barbershop tidak hanya akan menjadi tempat untuk potong rambut saja. Kamu bisa menambahkan kafe atau restoran di dalamnya. Dengan tambahan produk ini pelanggan yang mendapat giliran terakhir atau nomor antreannya besar bisa menikmati kopi atau makan di suasana yang nyaman.

Selama ini, masalah barbershop adalah antreannya yang membosankan. Kalau ada makanan yang bisa diberi atau pojok membaca, pelanggan tidak akan masalah kalau harus menunggu terlalu lama sebelum dipanggil untuk dipotong rambutnya.

Nah, itulah beberapa tips memulai usaha barbershop kekinian yang saat ini memiliki banyak sekali peminatnya. Kalau kamu ingin memulai usaha ini terapkan beberapa tips di atas agar tidak bingung dengan masalah modal, selalu berinovasi, dan peluang mendulang untung dalam jangka waktu pendek cukup besar.