rahasia sukses bisnis kopi
Bagikan:

 

Bagi pecinta kopi, bisnis yang berkaitan dengan kopi mungkin menjadi impian Anda. Namun sebenarnya apa yang ada dibalik kesuksesan bisnis kopi yang kini banyak menjamur di kalangan masyarakat? Cerita dari sahabat Pegadaian berikut ini akan memberi Anda inspirasi mengenai rahasia sukses bisnis kopi.

Terjun di dunia bisnis tidak hanya butuh modal, tapi juga keberanian dan strategi untuk masuk ke dalam panasnya persaingan pasar. Tidak jarang pula yang memula merintis usaha dari kecintaan atau hobi pada jenis barang tertentu. Salah satunya adalah Hannifa Fitriasari yang melirik potensi keuntungan dari hobi orang Indonesia menikmati kopi sambal bercengkrama.

Nifa berverita, Terminal Coffee bermula d tahun 2011 , saat itu dirinya belum terlihat secara langsung di bisnis ini. Kedai kopi ii awalnya diinisiasi oleh Greadinov, seorang teman di kampusnya, untuk membuat rumah belajar bagi anak-anak jalanan. Bisnis ini tercetus bukan di café mewah. Tapi di tengah gelak taawa para anak jalanan. Mereka mendirikan sebuah rumah belajar bagi anak-anak jalanan yang juga berfungsi sebagai ruang usaha bagi mereka, Berdirilah kedai sederhana yang diberi nama Terminal Kopi atas dasar rasa sosial dan jowa entrepreneurship. Tidak butuh waktu lama agar terminal kopi menjadi tempat ngopi favorit. Kedai kopi ini memiliki konsep yang kuat dan berbeda dari pesaingnya yaitu menyediakan beragam kopi Indonesia, dengan anak-anak jalanan sebaga penyajinya. Seiring berjalannya waktu, ternyata banyak pelanggan yang menyukai kopi yang disajikan Terminal Kopi. Tak ayal Terminal Kopi pun makin dikenal oleh berbagai kalangan, terutama di kalangan mahasiswa. Mereka seakan terikat pada filosofi yang sama, yaitu kebersamaan dalam secangkir kopi hangat.

Namun Terminal Coffee sempat terancam tutup karena beragam masalah, hingga pada akhirnya Nifa dan timnya pun memutar kemudi dan mengubah haluan bisnis. Di tahun 2013 konsep bisnsi Terminal Coffee berubah dari menjual kopi di kedai menjadi menjual kopi dalam kemasan. Ternyata inovasi dan keberanian mencoba hal baru menjadi salah satu rahasia sukses bisnis kopi yang dialami Terminal Coffee.

Kopi kemasan Terminal Coffee ternyata banyak disukai dan kini suksen menyuplai belasan Coffee Shop. Pada tahun 2015 pada akhirnya Nifa dan Tim berhasil membuka kedai kopi kembali dan menargetkan akan membuka 6 cabang outlet Terminal Coffee serta memasarkan Terminal Coffee keluar negeri.

 

Penasaran bagaimana kisah lengkap Hanifa dalam mewujudkan bisnisnya hingga sebesar sekarang? Untuk mengetahui lebih lanjut rahasia sukses bisnis kopi, segera download ebook berjudul “Ayo Jadi Enterpreneur” yang dipersembahkan oleh PT. Pegadaian khusus bagi Anda calon Enterpreneur masa depan.