Gaya hidup modern harus dijadikan hal yang dapat diterima sebagai adaptasi dalam berbisnis. Dengan berkembangnya teknologi, bisnis harus tetap bertahan dan menyesuaikan.
Bagikan:

Konten:

“If your business is not on the internet, then your business will be out of business.” – Bill Gates.

Dalam waktu singkat, zaman telah mengalami perubahan dan perkembangan yang begitu pesat di bawah bayang-bayang teknologi. Coba amati, setiap detik, di mana saja, kapan saja, hampir semua orang menghabiskan waktunya dengan menatap layar ponsel. Entah sedang membaca berita terkini, berkomunikasi melalui berbagai aplikasi pesan, atau mengecek akun sosial media untuk menemukan inspirasi.

Tanpa disadari, gaya hidup modern ini telah sepenuhnya menguasai berbagai aspek aktivitas sehari-hari masyarakat, dari mulai membuka mata, hingga hendak kembali menutupnya. Lalu, bagaimana pengaruh gaya hidup yang serba canggih dengan sokongan teknologi yang terus mengalami pembaharuan ini terhadap dunia bisnis dan wirausaha?

Gaya Hidup Modern Membuat Dunia Bisnis dan Wirausaha Harus Mengikuti Perubahan

Tak hanya mengubah kebiasaan dan rutinitas masyarakat—yang mungkin sedikit mengarah pada ketergantungan—gaya hidup modern yang berbasis teknologi ini juga memberikan dampak yang sangat signifikan pada dunia bisnis dan wirausaha. Kehadiran teknologi membuat sektor bisnis serta wirausaha terpaksa harus mengikuti perubahan dan perkembangan kalau tidak mau ketinggalan.

Lihat saja, dalam beberapa tahun terakhir, tidak sedikit perusahaan yang gulung tikar, terlebih di sektor bisnis dan wirausaha online yang tidak mau mengikuti tren. Seperti misalnya hadirnya berbagai media berbasis online yang bisa membuat kamu mengakses kabar terbaru hanya dengan sekali klik. Pun tidak membutuhkan banyak tenaga ketika akan membacanya, cukup dengan menggenggamnya menggunakan satu tangan saja.

Lalu, munculnya perusahaan-perusahaan berbasis online yang semakin memudahkan kamu untuk beraktivitas sehari-hari. Lihat saja, transportasi berbasis online hampir sepenuhnya menggeser semua transportasi umum offline, mematikan sumber rezeki bagi yang tidak mau tergabung dan menuju perubahan. Membeli tiket ke seantero penjuru dunia pun hanya perlu klik.

Baca juga  Berawal dari Ide Sederhana, Investasi Berubah Jadi Bisnis Triliunan

Lapar tapi malas beranjak dari rumah atau ruang kerja? Ambil ponsel, tekan aplikasi pemesanan makanan. Bayar menggunakan uang virtual atau cash. Tunggu beberapa saat, makanan tiba di tempat. Hmm, begitu mudah dan instan, tanpa perlu membuang banyak waktu dan tenaga.

Beranjak dari dunia bisnis, gaya hidup modern juga tak ubahnya memengaruhi sektor wirausaha. Jika sektor bisnis sedang berlomba-lomba untuk kembali memiliki nama dengan membawa embel-embel “online”, begitu pun dengan pemilik bisnis pribadi atau wirausaha.

Sebut saja pemilik toko kelontong atau pedagang baju rumahan atau pasar tradisional hingga sentra perbelanjaan besar. Satu per satu mulai menutup usahanya jika tidak mengikuti perubahan tren menjadi online. perusahaan berbasis e-commerce berdiri seperti jamur, menawarkan segala kemudahan yang dibarengi dengan harga yang begitu murah.

Gaya Hidup Modern yang Mudah Sekali Berubah

Gaya hidup modern memang sangat fluktuatif, maka jangan heran jika kamu akan menemukan terjadinya perubahan dalam waktu yang begitu signifikan. Lalu, secepat kedipan mata, hilang dan tergantikan dengan yang lebih booming dan mendunia.

Kamu pasti sadar, dalam beberapa waktu terakhir, masyarakat memiliki hobi baru: nongkrong di kafe sembari menyesap aneka menu kopi yang katanya kekinian. Jika kamu “awas” terhadap perubahan, sudah banyak didirikan kafe-kafe dengan menawarkan konsep unik, baik dari segi menu, racikan, dan suasana. Kopi yang dahulu hanya berwarna hitam dengan ampas yang tingginya hampir setengah gelas dengan rasa yang hanya pahit, kini telah hadir dalam berbagai warna dan rasa. Oh, dan tanpa ampas, kecuali kamu menyeduh kopi bubuk.

Sekarang, coba kamu sempatkan untuk berjalan-jalan di pusat jajanan. Kamu pasti akan merasa asing dengan banyaknya kuliner yang terbilang unik dan aneh. Semua ini karena perubahan gaya hidup masyarakat yang menjadi lebih modern, lebih berinovasi, lebih kreatif dalam melihat peluang. Misalnya, ada es kepal, bakso bakar, seblak, dan masih banyak lagi. Rasanya mungkin biasa saja, tapi kamu akan heran betapa jajanan murah ini begitu booming bagi anak-anak hingga remaja.

Baca juga  5 Orang yang Sukses Membangun Bisnis dari Nol

Nah, sebagai generasi muda, kita tidak bisa hanya berdiam melihat segalanya berubah. Ikutlah berubah, ciptakan sesuatu yang juga booming demi bisa menyesuaikan diri dengan dunia yang lebih modern. Manfaatkan gaya hidup modern untuk lebih kreatif dan inovatif.