Usaha toko sembako memiliki peluang yang cukup baik sebagai ide bisnis
Bagikan:

Ada banyak jenis usaha yang menurut kebanyakan orang memiliki peluang untung besar. Salah satunya adalah usaha toko sembako. Alasannya sederhana, karena barang yang dijual di toko tersebut merupakan kebutuhan sehari-hari dan akan senantiasa dibutuhkan oleh berbagai kalangan.

Meskipun banyak yang menganggap remeh bisnis rumahan ini, tetapi tidak sedikit yang memperoleh kesuksesan. Inilah mengapa banyak orang yang tertarik untuk terjun meskipun persaingannya cukup ketat. Lalu, apa sih yang membuat usaha toko bahan pokok dan kebutuhan sehari-hari ini menarik?

Modal Fleksibel

Salah satu hal yang membuat bisnis sembako menarik adalah jumlah modal yang dibutuhkan. Besaran modal cukup fleksibel tergantung dengan usaha yang akan dibangun. Semakin besar skalanya, semakin besar pula modal yang dibutuhkan. Jadi tidak ada patokan khusus tentang jumlah modal untuk merintis bisnis ini.

Karena fleksibel, Anda tidak akan menghadapi masalah keuangan yang rumit. Kalaupun harus meminjam, jumlahnya bisa disesuaikan dengan besar kecil usaha sembako yang diinginkan. Tapi jika ingin mendapat keuntungan berlipat, jangan ragu untuk mengambil risiko.

Target Konsumen Beragam

Berbeda dengan bisnis lainnya, usaha sembako tidak memiliki target konsumen khusus. Karena diakui atau tidak, hampir semua orang mulai dari kalangan atas hingga bawah atau pelajar hingga pekerja membutuhkan sembako untuk kebutuhan sehari-hari.

Hal ini tentu saja menjadi poin plus bisnis bahan-bahan pokok. Sebab semakin luas pangsa pasarnya, potensi keuntungan yang akan didapat akan semakin besar pula. Jadi tidak ada alasan untuk ragu apalagi khawatir bisnis yang dibangun akan sepi peminat.

Strategi Pemasaran Sederhana

Karena barang yang dijual merupakan kebutuhan sehari-hari, Anda tidak perlu melakukan promosi besar-besaran untuk memajukan usaha. Ada beberapa hal yang harus disiapkan sebagai strategi pemasaran ketika mulai membangun bisnis toko sembako rumahan, di antaranya:

1. Memasang plang toko atau spanduk sebagai identitas
2. Menjual barang dengan harga masuk akal dan wajar
3. Produk yang dijual variatif
4. Memberikan pelayanan terbaik

Jika strategi di atas diterapkan dengan baik, peluang untuk sukses berbisnis sembako akan semakin besar.

Tidak Membutuhkan Persiapan yang Rumit

Saat akan membangun sebuah usaha penjualan sembako, banyak orang yang ragu karena minimnya informasi tentang hal-hal terkait bisnis ini. Akhirnya mereka urung mengambil risiko dan menunda keinginan untuk membangun bisnis sembako. Padahal jika mau sedikit berusaha mencari informasi, membangun sebuah usaha toko sembako bukanlah hal rumit.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan, yaitu:

1. Siapkan tempat untuk memulai usaha dan menyimpan stok
2. Siapkan furnitur dan berbagai peralatan yang dibutuhkan seperti rak, meja kasir, kalkulator, kantong plastik, dan lain sebagainya
3. Menyediakan barang-barang kebutuhan pokok yang paling sering dicari
4. Menata barang dagangan dengan rapi dan senantiasa peduli terhadap kebersihan toko
5. Membeli barang stok dari toko grosir atau produsennya langsung agar bisa dijual kembali
6. Survei harga untuk mengantisipasi kerugian dan menetapkan harga jual yang masuk akal

Memiliki Kelebihan dan Kekurangan

Setiap peluang usaha pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, begitu pula dengan bisnis sembako rumahan. Sebagai pengusaha, sudah menjadi hal yang wajar untuk melakukan analisa bisnis sebelum mulai membangun dan terjun ke usaha yang diinginkan.

Jadi jika ingin sukses, Anda harus tahu apa kelebihan dan kekurangan bisnis toko sembako.

  1. Kelebihan

  • Cakupan pasarnya beragam
  • Waktu usaha fleksibel
  • Tidak mengenal musim
  • Tidak rumit karena produknya tidak perlu diolah
  • Prospeknya menjanjikan keuntungan besar
  1. Kekurangan

  • Harga sembako naik turun
  • Persaingan bisnis ketat

Dalam memastikan cash-flow bisnis toko sembako berjalan baik, terkadang Anda memerlukan dana darurat, terutama untuk memastikan ketersediaan stok barang yang sering dicari oleh pelanggan. Jika belum memiliki dana darurat, jangan khawatir. Anda bisa memanfaatkan layanan KCA Prima (Kredit Cepat dan Aman) dari Pegadaian. Melalui layanan ini, Anda bisa mendapatkan dana segar tanpa rumit dengan besaran bunga dan biaya administrasi yang cukup bersahabat.

Proses pengajuan KCA Prima dari Pegadaian cukup mudah, calon pemilik usaha hanya membutuhkan syarat administrasi berupa KTP. Besaran pinjamannya sekitar Rp50.000 hingga Rp500.000 dengan tenor pendek yaitu sekitar 1-60 hari sehingga Anda tidak akan merasa terbebani dengan hutang dan mampu menjalankan bisnis toko sembako dengan baik.

Jadi, tertarik untuk memulai usaha toko sembako?