10 usaha mandiri ini bisa kamu praktekan tanpa harus menggunakan modal besar.
Bagikan:

“There are no secrets to success. It is result of preparation, hard work, and learning from failure”. Colin Powell

Kesuksesan dalam menjalankan bisnis, bisa didapatkan oleh siapa saja. Kamu pun bisa memperbesar peluang untuk menjalankan usaha mandiri yang sukses ketika memilih untuk menjadi pengusaha di usia muda. Apalagi, saat ini kamu bisa menjumpai beragam jenis usaha yang dapat dijalankan dengan modal terbatas.

Sebagai bahan pertimbangan untuk kamu dalam menjalankan usaha mandiri, berikut ini 10 ide bisnis yang bisa dipilih:

  • Vlogger

Menjadi seorang vlogger memang nampaknya saat ini akan sangat menjanjikan. Dilihat dari banyaknya vlogger  yang sukses menghasilkan uang dan menjadi terkenal hanya dengan upload video di blog atau web pribadi serta beberapa situs penyedia jasa video streaming. Jika kamu hobi meng-upload video dan membagikannya ke teman-teman kamu, sepertinya saat ini kamu bisa mencoba menjadi vlogger dengan mengedepankan konten yang menghibur dan bermanfaat bagi banyak orang. Jangan lupa gunakan peralatan dan teknik yang memadai supaya video yang dihasilkan semakin berkualitas.

  • Loket pulsa dan pembayaran tagihan bulanan

Usaha mandiri menguntungkan berikutnya adalah dengan membuka loket pembelian pulsa dan pembayaran tagihan bulanan. Lewat usaha ini, kamu bisa menerima jasa pembelian token listrik, pembayaran tagihan listrik, internet, cicilan motor, air, dan sebagainya. Modal yang diperlukan juga tak terlalu besar dan usaha ini dibutuhkan oleh siapa saja.

  • Les privat

Usaha les privat mungkin terlihat sepele. Namun, jangan menganggap usaha mandiri ini dengan sebelah mata. Potensi keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari usaha les privat cukup tinggi. Mengenai pola pembayarannya, kamu bisa menerapkan tarif per pertemuan ataupun per bulan.

  • Toko online

Opsi berikutnya, kamu bisa menjalankan usaha toko online. Toko online dapat kamu jalankan secara fleksibel di mana saja. Kamu pun bisa memilih untuk menjadi seorang dropshipper ataupun reseller, yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan suplai barang dari pemilik toko online lain.  

  • Desainer grafis

Kemampuan dalam mendesain gambar di komputer atau tablet juga bisa kamu jadikan modal sebagai pebisnis. Kamu dapat menawarkan jasa desain grafis, baik secara online ataupun offline. Kamu bisa mencoba untuk mendesain ikon, poster, baliho, kartu nama, animasi, banner, dan sebagainya.

  • Jasa titip beli

Hobi belanja juga dapat kamu gunakan sebagai modal utama mendirikan usaha mandiri, yakni jasa titip beli. Jenis usaha yang satu ini banyak bermunculan seiring dengan meningkatnya aktivitas pemakaian internet dan media sosial. Ada berbagai produk yang bisa kamu tawarkan kepada pelanggan, seperti produk fashion, perlengkapan bayi, perabotan rumah, dan sebagainya.  

  • Penulis lepas

Penulis lepas menjadi pertimbangan berikutnya ketika kamu memilih untuk menjadi seorang pengusaha. Untuk menjalankan usaha ini, kamu perlu menyediakan komputer dengan akses internet. Tak lupa, kamu juga harus membekali diri dengan kemampuan menulis yang baik dan benar.

  • Affiliate marketer

Usaha mandiri sebagai seorang affiliate marketer di internet memberi potensi keuntungan yang tak kalah dibandingkan dengan jenis usaha lain. Untuk menjalankan bisnis ini, kamu juga tak perlu modal yang besar. Tugas kamu sebagai seorang affiliate marketer adalah melakukan pemasaran sebanyak-banyaknya.

Kamu bisa menjalankan tugas pemasaran itu dengan membagikan tautan yang disertai kode affiliasi ke forum, grup WhatsApp, media sosial, ataupun melalui website. Semakin banyak transaksi yang kamu peroleh, semakin besar pula komisi yang bisa kamu kantongi.  

  • Usaha kuliner

Mendirikan usaha kuliner di era modern seperti sekarang juga bisa begitu menguntungkan. Kamu bisa memilih untuk menjual kuliner kekinian, tradisional, ataupun makanan khas. Biar usahamu semakin lancar, kamu bisa memanfaatkan internet sebagai sarana pemasaran. Kalau perlu, kamu juga bisa mengikutsertakan usahamu ke aplikasi pesan antar online.

Namun, untuk bisa mendirikan usaha kuliner butuh modal yang tidak sedikit. Di awal kamu bisa saja memulainya dengan modal yang tidak terlalu banyak. Lama-kelamaan, kamu bisa mengembangkan usaha kuliner kamu dengan modal yang lebih besar. Jadikan layanan Gadai Bisnis dari Pegadaian sebagai solusi pendanaan yang tepat untuk usaha kamu. Gadai Bisnis mengedepankan pinjaman dengan proses yang mudah, cepat, dan aman dengan barang jaminan berupa emas perhiasan, emas batangan, atau emas lantakan. Tidak tanggung-tanggung, Sahabat, kamu bisa mendapat uang pinjaman mulai dari Rp100 juta sampai dengan lebih dari 1 Milyar . Cocok bukan untuk mengembangkan usaha kamu?

  • Jasa SEO

Usaha mandiri terakhir yang bisa kamu pilih sebagai langkah untuk menjadi pengusaha sukses adalah dengan membuka jasa SEO. Usaha ini mulai banyak dicari, seiring dengan meningkatnya aktivitas belanja online. Hanya saja, pastikan bahwa kamu menjalankan usaha jasa SEO ini dengan metode white hat, bukan metode SEO black hat yang bakal merugikan pelanggan.

Demikianlah 10 pilihan usaha mandiri yang bisa kamu jalankan dengan modal yang sedikit. Semua orang pun bisa menjalankan usaha tersebut, termasuk bagi kamu yang berstatus mahasiswa ataupun karyawan. Selamat mencoba!