Bagikan:

Saat ini menjadi wirausaha menjadi dambaan banyak kaum milenial. Di zaman teknologi yang memudahkan kita berkomunikasi ini, kewirausahaan menjadi cara terbaik untuk dapat survive atau bertahan hidup. Sayangnya untuk menjadi wirausaha itu tidaklah mudah, banyak faktor keberhasilan wirausaha yang dibutuhkan, agar tetap bisa eksis dan bertahan dengan adanya hambatan saat merintis usaha.

Oleh karenanya, jika kamu ingin menjadi seorang wirausaha sukses, harus memiliki karakteristik tertentu. Namun, jangan khawatir tidak selamanya mendung itu kelabu dan menyedihkan. Seperti kata pepatah, biasanya selalu akan ada pelangi setelah hujan, bukan? Nah, biar mudah kita kutip pengalaman dari wirausaha atau yang sering disebut enterpreneur ini. Siapa tahu dengan mengintip faktor keberhasilan wirausaha dari mereka yang sudah jatuh bangun, jalan kamu untuk berwirausaha bakal lebih mulus karena tidak harus mengulang kegagalan mereka.

  • Inovasi

Salah satu faktor sukses seorang wirausaha adalah memiliki sebuah konsep,  visi untuk mewujudkannya, serta mampu melaksanakannya. Faktor inovasi ini penting bagi semua wirausahawan. Namun, perlu diketahui setiap memiliki ide baru, seorang wirausaha harus memikirkan cara untuk tetap enjoy bekerja, menganalisa persaingan, melakukan riset pasar untuk melihat kebutuhan pasar, dan mencari cara agar idenya berhasil. Ingat, semua itu tidak dapat dilakukan tanpa adanya talenta, inisiatif, dan kreativitas.

  • Perencanaan

Saat memulai sebuah usaha sendiri, seorang wirausahawan perlu membuat banyak perencanaan atau planning. Tidak ada istilah  “gimana nanti” dalam kamus seorang wirausaha sukses. Jadi, pemikiran “gimana nanti” itu harus kamu buang jauh-jauh.  Perencanaan ini bahkan bisa dikatakan sebagai hal yang penting saat memulai dan menjalankan usaha yang sukses.

Dari tahap awal seperti riset pasar, tahap penulisan perencanaan bisnis hingga tahap akhir seperti mengurus SDM, seorang wirausahawan yang sukses harus selalu memikirkan dan menganalisa setiap keputusan bisnis yang dibuatnya, serta mengumpulkan data secara konsisten. Tanpa perencanaan yang matang, sulit untuk mencapai tujuan jangka panjang usaha rintisan ini di masa mendatang.

  • Self Starter dan Komitmen

Apakah kamu seorang yang proaktif, penuh semangat, dan bisa memulai sesuatu sendiri? Jika tidak, bisa dipastikan kamu akan mengalami kesulitan menjadi wirausaha sukses. Jiwa perintis ini menjadi bagian penting untuk kamu bisa sukses memulai sebuah usaha.

Setelah kamu berhasil memulai usaha, dibutuhkan komitmen yang kuat untuk mampu bertahan di dunia bisnis ini. Setidaknya  setahun atau 18 bulan, kamu harus tetap fokus tanpa ada pemasukan. Hampir semua wirausahawan mengalami masa paceklik ini. Dan setelah dua atau tiga tahun baru mereka bisa panen hasil kerja kerasnya.

  • Adaptasi

Adaptasi juga termasuk salah satu faktor keberhasilan wirausaha yang penting. Faktor adaptasi sangat vital dalam permulaan sebuah usaha dan mempertahankannya. Sebagai wirausahawan, kamu harus belajar beradaptasi di tahap awal perencanaan bisnis. Selama dalam proses, baik saat riset pasar, mendapatkan ide baru atau membuat perencanaan bisnis, segala sesuatunya bisa berubah. Oleh karenanya seorang wirausaha harus dapat mengganti ide atau rencananya sesuai dengan kondisi yang dihadapinya saat itu.

  • Kapasitas

Apakah kamu memiliki  talen untuk dapat sukses dalam bidang yang kamu pilih? Kamu bisa sukses dalam bidang tertentu, bila kamu punya skill. Bila kamu ingin berwirausaha, pilihlah yang tidak jauh dari skil dan talent yang kamu miliki. Sebagai contoh, misalnya bidang kamu di manajemen sedangkan kamu berbakat untuk berkomunikasi dengan baik, berbakat memimpin, memberi pelatihan, dan menulis.

Dengan demikian, kamu bisa memilih menjadi seorang coaching management. Jadi saat ingin berwirausaha, jangan coba-coba memilih bidang yang sedang booming, atau lebih gawat lagi kalau hanya sekadar ikut-ikutan tren. Jadi pilihlah bidang yang sesuai atau tidak jauh dari skill dan kompetensi yang kamu miliki.

Nah, itulah 5 faktor keberhasilan wirausaha yang harus kamu ketahui dengan baik, sebelum benar-benar terjun ke dunia wirausaha. Jika sekiranya kamu merasa mampu dan memiliki semuanya, tidak perlu ragu untuk segera terjun menjadi seorang enterpreneur sejati.