Bagikan:

“Adapt to your customers’ needs. They expect it.” – Scott Abel

Selain kualitas produk, ada hal lain yang harus kamu perhatikan supaya produk yang kamu punya lebih cepat dikenal oleh calon pelanggan dan laku di pasaran, yaitu cara memasarkan produk. Sebagus apapun produk yang kamu miliki, konsumen tidak akan mengenalnya kalau kamu tidak bisa memromosikannya dengan tepat.

Meski begitu, masih banyak pebisnis yang belum tahu bagaimana cara promosi yang tepat agar produknya dikenal dengan cepat oleh masyarakat. Terlebih pebisnis awam, yang hanya berpikir nominal keuntungan. Padahal, mengetahui cara promosi yang tepat membuat anggaran bisa lebih dihemat. Yuk, coba cara memasarkan produk berikut ini supaya lebih cepat untung!

  • Membagikan Sampel Bisa Menjadi Cara Memasarkan Produk yang Cukup Efektif

Salah satu hal yang membuat produk baru lebih lama laku di pasaran adalah karena calon konsumen yang belum pernah mencoba sebelumnya, sehingga muncul keraguan untuk membeli, terlebih jika hanya untuk coba-coba. Ingat, selalu ada keumungkinan pikiran konsumen, seperti “Bagaimana jika produk ini tidak bagus? Sayang uangnya, dong?” dan pikiran yang menyiratkan keraguan lainnya.

Nah, solusi terbaik untuk menghilangkan pikiran keraguan konsumen ini adalah dengan membuat mereka langsung mencoba menggunakan produk kamu tanpa harus membayarnya, alias membagikan sampel produk secara gratis. Namun, jika produk kamu berbentuk jasa, strateginya bisa kamu ubah menjadi mengizinkan konsumen melakukan percobaan gratis.

  • Memberikan Insentif yang Menarik untuk Setiap Rekomendasi

Orang cenderung lebih memercayai perkataan orang lain. Begitu pula dengan produk. Rekomendasi sangatlah penting untuk bisa menggaet calon konsumen baru. Setidaknya, sekitar 91 persen calon pembeli akan membeli produk yang telah direkomendasikan oleh orang terdekatnya. Oleh karena itu, rekomendasi dari mulut ke mulut ini harus kamu apresiasi. Bagaimana caranya?

Mudah saja. Kamu bisa memberikan reward atau insentif dari setiap pelanggan yang sudah merekomendasikan produk kamu kepada orang lain. Insentif ini bisa berupa voucher diskon untuk pembelian selanjutnya atau memberikan lagi produk lain yang kamu jual. Dengan begitu, pelanggan setia akan lebih termotivasi untuk merekomendasikan produk kamu. Secara tidak langsung, kamu juga akan mendapatkan pelanggan baru dan produkmu pun makin dikenal.

  • Menjadi Sponsor

Ternyata, berpartisipasi sebagai sponsor dalam suatu aktivitas yang sesuai dengan produk kamu menjadi cara memasarkan produk baru yang banyak dipilih, lho. Misalnya, kamu memiliki produk berupa perlengkapan dapur untuk menunjang ibu rumah tangga dalam memasak. Kamu bisa turut menjadi sponsor kala diselenggarakan demo masak atau lomba memasak.

Mengapa menjadi sponsor cukup menguntungkan untuk kamu yang memiliki produk baru? Sederhana, karena produk kamu inilah yang akan digunakan selama acara berlangsung. Kembali ke soal memasak tadi, calon konsumen yang merupakan ibu rumah tangga jadi langsung mengenali produk milikmu dan membelinya jika memang bagus.

  • Buat Barang Promosi

Setiap produk pasti punya nama yang akan memudahkan calon pelanggan mengenali dan mengingatnya jika suatu saat akan merekomendasikan kepada orang lain. Nah, supaya promosi lebih mudah dijalankan, mengapa kamu tidak membuatkan benda-benda yang bisa digunakan sebagai media berjalan? Tidak perlu mahal, kamu bisa membuat kaos atau topi dengan warna khas produkmu. Supaya lebih mudah dikenali, tambahkan logo dan nama produk, ya.

  • Menjadi Agen Pegadaian

Cara memasarkan produk terakhir yang belum banyak diketahui adalah dengan menjadi Agen Pegadaian. Pada dasarnya, ada tiga jenis posisi yang bisa kamu pilih ketika ingin mendaftar menjadi agen di sini. Pertama, menjadi agen yang bertugas melakukan promosi. Kedua, agen pembayaran, dan terakhir adalah agen gadai. Nah, karena berkaitan dengan promosi produk, posisi yang bisa kamu pilih tentu adalah agen bagian promosi.

Tidak sulit untuk bergabung menjadi Agen Pegadaian. Kamu hanya perlu mendaftarkan diri melalui aplikasi Pegadaian Digital di smartphone kamu. Pastikan kamu sudah punya tempat yang cocok untuk bertransaksi ya, bisa berupa toko atau warung sederhana. Kalau tidak punya, rumah tinggal pun bisa menjadi lokasi alternatif. Terakhir, sebagai agen promosi, tentu kamu harus punya kemampuan pemasaran yang baik, minimal pandai menjalin komunikasi dengan calon nasabah baru.

Nah, itu tadi lima cara memasarkan produk baru yang belum banyak diketahui orang. Dengan mengetahui cara promosi yang tepat, produk pun bisa laku dengan cepat. Selamat mencoba!