Bagikan:

Ada banyak alasan mengapa semakin banyak orang mencari ide bisnis sampingan karyawan. Selain menambah uang belanja, bisnis sampingan tertentu mungkin menjadi pelampiasan hobi atau kegemaran tertentu. Untungnya, perkembangan teknologi semakin memudahkan upaya mencari kegiatan sampingan, terutama jika modal untuk memulainya kecil.

Tertarik untuk menambah pundi-pundi uang tanpa mengganggu pekerjaan harian? Pertimbangkan beberapa ide bisnis sampingan masa kini di bawah ini.

Menjual Foto Profesional

Punya hobi fotografi tetapi tidak kesampaian bekerja di bidang ini? Anda bisa melampiaskan kegemaran tersebut dengan menjual hasil foto profesional dan mendapat uang. Ada banyak situs yang menampung hasil jepretan profesional, serta memberi komisi setiap ada yang terjual. Situs seperti Fotolia.com, ShutterStock.com, StockFresh.com, dan Istockphoto.com memberi komisi antara 15 hingga 30 persen untuk tiap foto yang terjual.

Bergabung dengan situs-situs ini tidak sulit, tetapi Anda sebaiknya membuka akun PayPal untuk keperluan pembayaran komisi. Anda juga sebaiknya memiliki akun Instagram atau Flickr khusus untuk memajang foto-foto ini, sebagi portfolio daring.

Menjual Barang di Lapak Daring

Lapak daring seperti BukaLapak dan Tokopedia menyediakan tempat berjualan yang nyaman, lengkap dengan sistem yang mengurus hal-hal seperti pengelolaan stok, pembayaran, penerimaan pesanan, hingga penarikan hasil penjualan. Pilihannya antara menjual barang-barang bekas yang kondisinya masih bagus, atau menjual barang baru dari pemasok dengan harga tertentu untuk mendapat untung.

Jika ingin berjualan di lapak daring, pastikan mendeskripsikan barang seakurat mungkin, dan gunakan foto-foto yang jelas untuk meyakinkan pembeli bahwa Anda bisa dipercaya. Jangan lupa melihat kisaran harga produk-produk serupa sebagai referensi, untuk menghindari patokan harga yang terlalu murah atau mahal.

Menjual Makanan Ringan

Punya hobi memasak? Makanan ringan seperti kue, puding, cokelat, atau keripik cukup mudah dibuat dan tidak membutuhkan modal besar. Anda bisa membuatnya dalam jumlah kecil untuk dijual di kantor atau  tempat kerja. Saat ini, ada semakin banyak orang yang menyukai kreasi makanan ringan unik, terutama yang jarang bisa dibeli di toko.

Jika ingin memperluas area penjualan, Anda bisa membuat blog, situs internet, atau akun jejaring sosial khusus untuk menjual berbagai produk tersebut. Blog tersebut juga bisa digunakan sebagai media promosi, terutama jika ada keahlian memasak khusus yang ingin dikembangkan.

Menulis dan Menerjemahkan Konten

Transformasi digital telah membuat banyak pekerjaan dan bisnis bergantung pada situs internet. Agar bisa beroperasi, situs-situs ini membutuhkan konten berupa artikel, deskripsi foto, artikel terjemahan, dan sebagainya. Anda bisa menjadi penulis atau penerjemah konten sebagai pekerjaan sampingan, karena modalnya tidak mahal.

Situs pekerjaan lepas seperti Fiverr dan Sribulancer bisa menjadi pilihan untuk menemukan proyek-proyek jangka pendek. Bayarannya mungkin tidak terlalu mahal, tetapi Anda bisa melakukannya dengan bebas di waktu luang, dan hasilnya bisa dialokasikan untuk tabungan atau memenuhi kebutuhan-kebutuhan kecil.

Menjadi Tutor Privat

Jasa tutor masih cukup dibutuhkan saat ini, terutama untuk membantu siswa-siswa yang akan ujian. Anda bisa menjadi tutor paruh waktu di tempat bimbingan belajar, atau menawarkan jasa kursus privat dengan waktu yang ditentukan sendiri. Jika bisa mengatur waktu dan mengajar beberapa siswa sekaligus, pemasukannya bisa lumayan.

Punya keahlian khusus untuk ditawarkan? Cobalah menjadi tutor untuk hal spesifik seperti bahasa asing, fotografi, melukis, memasak, desain grafis, dan sebagainya. Anda bisa membidik siswa dewasa, serta mematok tarif yang lebih tinggi.

Membuat Blog dan E-book dengan Konten Spesifik

Menulis blog masih menjadi salah satu peluang kerja sampingan potensial. Namun, jumlah blog yang semakin banyak membuat Anda harus pintar bersaing. Pilih topik khusus yang Anda kuasai dengan baik, lalu kembangkan topik itu menjadi blog yang memberi manfaat untuk orang lain. Jika blog sudah cukup berkembang, Anda bisa menulis e-book dengan tema spesifik tersebut, dan menjualnya.

Apapun tema yang dipilih, pastikan memberi nilai tambah bagi pembaca. Jangan lupa melakukan riset mendalam, menulis dengan baik, dan tidak menjiplak karya orang lain untuk menghindari masalah.

Bisnis sampingan karyawan kini bukan sesuatu yang menurunkan gengsi, jadi jangan ragu melakukannya jika butuh. Jangan gengsi juga untuk mengajukan pembiayaan untuk melancarkan bisnis sampingan Anda. Sejak adanya produk Kreasi, Cepat, dan Aman dari Pegadaian, pembiayaan untuk kebutuhan produktif pun kini semakin mudah, cepat, dan aman. Anda bisa mengajukan pinjaman mulai dari 50 ribu rupiah dengan agunan berupa perhiasan emas, emas batangan, berlian, mobil, sepeda motor, sampai dengan barang elektronik. Anda diberikan masa waktu pinjaman selama 4 bulan dan dapat diperpanjang berkali-kali.

Seperti kata aktor dan komedian Anthony Andersen,

Jika kau menghormati profesi, bekerja keras, dan mampu mencari nafkah dari sana, aku tidak peduli apa pekerjaan utama atau sampinganmu.

Selamat mencoba!