Bisnis olahraga bisa dijalankan dengan memanfaatkan momen Asian Games
Bagikan:

Indonesia tengah menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games 2018, yang berlangsung dari tanggal 18 Agustus hingga 2 September di Palembang serta Jakarta. Pesta olahraga ini tidak hanya membanggakan, tetapi juga memberi ide bisnis olahraga yang potensial.

Kamu berminat memulai bisnis perlengkapan olahraga? Jangan sampai tertinggal dalam memanfaatkan momen Asian Games. Seperti kata penulis dan pakar filosofi bisnis Peter Drucker: “Wirausahawan sejati selalu mencari kesempatan, meresponnya, dan memanfaatkannya setiap saat”. Jadi, mengapa tidak memanfaatkan geliat ajang olahraga ini untuk mencari uang?

Contoh Ide Bisnis Olahraga Bertema Asian Games
Menjelang Asian Games, kamu mungkin sudah melihat orang-orang menjual berbagai produk terkait provinsi Sumsel dan DKI Jakarta, mulai dari batik Palembang hingga pajangan ondel-ondel. Akan tetapi, mengapa tidak sekalian berbisnis olahraga? Kamu bisa menggunakan tema Asian Games sebagai sarana untuk mempromosikan produkmu.

Berikut beberapa ide yang bisa dicoba:

  • Kaus dan Celana Olahraga
    Kaus dan celana olahraga bertema Asian Games bisa menjadi barang dagangan yang laris saat ajang ini berlangsung. Kamu bisa “menempelkan” tulisan, slogan, atau maskot Asian Games sebagai bagian dari desainnya. Jangan lupa memilih kaus dan celana berbahan nyaman yang cocok untuk olahraga.
  • Aksesori
    Banyak orang malas membeli pakaian, tetapi lebih memilih aksesori yang lebih praktis serta murah. Kamu bisa menjajakan aksesori olahraga dengan tema desain terkait Asian Games. Aksesori yang cocok dijual untuk bisnis antara lain kaus kaki, topi, tas pinggang, ransel, tas olahraga jinjing, hingga sepatu olahraga.
  • Alat Olahraga dari Ajang Populer
    Jika kamu ingin membidik pasar yang lebih spesifik dalam dunia bisnis olahraga, cobalah menjual alat-alat olahraga. Kamu bisa memanfaatkan kehadiran ajang populer seperti bulu tangkis, voli, boling, atletik, hingga bela diri untuk menjual alat olahraga terkait berbagai ajang tersebut.
  • Perlengkapan Pendukung Olahraga
    Selain pakaian dan peralatan utama untuk berolahraga, ada berbagai barang yang akan dibutuhkan oleh mereka yang menyukai olahraga. Kamu bisa mencoba menjual barang-barang seperti botol minuman untuk olahraga, handuk, jam tangan sporty, hingga penahan lutut dan siku.
  • Makanan
    Makanan selalu menjadi komoditas yang bagus untuk pebisnis pemula, terutama jika kamu mengincarnya sebagai bisnis kecil musiman. Karena Asian Games berlangsung di DKI Jakarta dan Sumsel, kamu bisa menggunakannya sebagai sarana untuk mempromosikan makanan khas daerah tersebut, seperti pempek, bir pletok, bahan sup tekwan, dan asinan.

Jangan lupa menggunakan kata Asian Games 2018 ketika mempromosikan produk-produkmu. Ciptakan kaitan sedekat mungkin antara produk yang kamu jual dengan ajang tersebut, sehingga produkmu akan lebih mudah ditemukan (terutama jika kamu berpromosi melalui internet).

Ide Reproduksi Sosok Maskot Asian Games
Tahukah kamu jika maskot lucu bisa sama terkenalnya dengan ajang yang diwakilinya? Hal ini tidak berbeda dengan Asian Games. Indonesia mengusung tiga maskot lucu: Bhin Bhin (burung cenderawasih), Atung (rusa Bawean), dan Kaka (badak bercula satu). Masing-masing tidak hanya memiliki ekspresi lucu, tetapi juga motif batik khas beberapa provinsi Indonesia.

Orang cenderung lebih mudah mengingat suatu produk jika ada gambar lucunya, terutama gambar hewan. Kamu bisa memanfaatkan semua maskot ini untuk menciptakan komoditas bisnis musiman. Misalnya, kamu bisa menempelkan maskot-maskot ini di kaus, topi, atau tas. Kamu juga bisa berkreasi dengan menciptakan versi kartun atau bahkan minimalis dari maskot-maskot ini, sebagai variasi desain.

Kamu juga bisa kreatif dalam memanfaatkan semua maskot ini sebagai ide komoditas. Misalnya, mengapa tidak mencoba membuat boneka maskot Asian Games? Bentuk mereka yang berupa hewan-hewan lucu cocok untuk dijadikan boneka. Kamu juga bisa menjadikan mereka sebagai gantungan kunci, pajangan meja, mug, gelas, jam dinding, dan sebagainya.

Tips Promosi Produk agar Mudah Bersaing
Karena Asian Games merupakan ajang populer, kamu akan menghadapi banyak persaingan. Agar sukses, pastikan kamu menggunakan berbagai jalur promosi yang tersedia, seperti kios daring, semua akun jejaring sosialmu, hingga promosi di pusat keramaian. Jika kamu tinggal di Jakarta atau Sumatra Selatan, manfaatkan lokasimu untuk mendukung promosi serta menarik banyak calon pelanggan, terutama wisatawan.

Kalau saat ini kamu sudah menjalankan bisnis dan ingin mengejar potensi bisnis musiman Asian Games, tapi masih bingung untuk urusan modal, jangan khawatir. Pegadaian memberikan solusi jitu buat pebisnis UKM yang ingin mengembangkan bisnisnya lewat pembiayaan Kreasi. Kamu bisa mendapatkan pinjaman sampai dengan 400 juta dengan jangka waktu cicilan sampai 48 bulan. Syaratnya kamu hanya perlu melampirkan jaminan BPKB kendaraan bermotor. Menarik, bukan?

Ajang olahraga populer adalah kesempatan untuk meluncurkan bisnis olahraga, walau secara musiman. Jika kamu memiliki rencana bisnis, kamu bahkan mampu mengembangkannya menjadi usaha potensial. Jadi, jangan ragu mencoba!