Bagikan:

Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi, bisnis kuliner juga berkembang dengan pesat. Saat ini bermunculan banyak pengusaha makanan ringan yang sukses dengan modal yang pas-pasan. Mereka bisa berjuang di derasnya arus persaingan dagang dengan menawarkan produk yang unik, menarik, harga bersaing, dan tentu saja memiliki rasa nikmat.

Kalau Anda berniat untuk membuat usaha atau bisnis makanan ringan, mulailah dari sekarang. Seperti kata Walt Disney, “The way to get started is to quit talking and begin doing.”  Masalah nanti gagal jangan dipikirkan, terpenting dari semua mulailah dulu.

Untuk ide-ide bisnis makanan ringan, Anda bisa meniru dan melakukan modifikasi dari beberapa daftar di bawah ini. Simak baik-baik ya!

  1. Aneka Keripik Pedas

Sampai kapan pun tren makanan pedas tetap akan berjalan. Yang membedakan hanyalah bahan bakunya saja. Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuat usaha makanan ringan seperti aneka jenis keripik pedas. Anda bisa menggunakan keripik singkong, atau jenis bahan baku lain yang banyak digunakan oleh orang lain.

Oh ya, karena di luaran sana banyak sekali keripik pedas yang sudah beredar. Sebisa mungkin buat yang unik mulai dari bahan baku keripiknya hingga rasanya. Kalau cuma pedas saja semua orang mungkin bisa melakukannya. Namun, kalau pedasnya ada ciri khas, pasti susah ditiru.

Lakukan riset pasar terlebih dahulu. Buat beberapa sampel makanan ringan pedas dengan berbagai bumbu. Selanjutnya pilih yang banyak disukai. Kembangkan produk ini mulai dari merek hingga kemasannya.

  1. Olahan Singkong

Selama ini kita hanya tahu kalau singkong sering diolah menjadi makanan yang terkesan murahan saja. Namun, dengan sedikit modifikasi dan juga inovasi, bahan baku ini bisa dibuat menjadi makanan yang nikmat dan memiliki nilai yang cukup tinggi. Kita ambil contoh sederhana saja, singkong keju dengan aneka rasa dan bumbu.

Selain singkong keju, Anda bisa membuatnya jadi semacam kentang goreng yang dipotong kecil-kecil. Singkong juga bisa dibuat menjadi aneka kue yang menarik dan jarang dikerjakan oleh banyak orang. Cobalah mengotak-atik singkong untuk memulai bisnis makanan ringan.

  1. Aneka Minuman Kekinian

Dalam beberapa tahun terakhir, masyarakat sedang gandrung dengan aneka minuman yang dianggap kekinian. Salah satunya adalah olahan teh hijau yang dibuat menjadi smoothies, campuran cendol, hingga minuman hangat bercampur jahe. Selain teh hijau ada juga jeruk yuzu yang dalam beberapa tahun ikut tenar dan digunakan banyak produsen minuman.

Ide minuman kekinian lain yang dianggap mampu menguasai pasar adalah jamu yang dikemas dengan modern. Dengan kemasan yang lebih modern dan modifikasi rasa agar tidak terlalu pahit saja, masyarakat sudah tertarik dan ingin mencobanya.

  1. Bisnis Makanan Ringan Olahan Pisang

Hampir sama dengan olahan singkong, olahan pisang juga semakin menguasai pasar makanan ringan. Hampir di setiap kota ada olahan pisang dalam bentuk smoothies, pisang goreng standar, pisang goreng dengan aneka toping, dan yang paling baru adalah munculnya bola-bola pisang dan nugget pisang.

Pisang adalah bahan yang mudah didapatkan dan harganya cukup murah. Dengan modifikasi yang unik, Anda bisa dengan mudah mendapatkan banyak pembeli yang setia. Coba kembangkan pisang menjadi makanan yang belum pernah ada  atau modifikasi dari yang sudah ada. Dengan begitu, masyarakat akan tertarik untuk mencoba dan akhirnya langganan kalau produknya berkualitas.

  1. Olahan Ayam

Ayam bisa diolah menjadi berbagai makanan ringan yang nikmat dan menarik. Kita ambil contoh bagian sayap. Dengan bahan ini Anda bisa membuat aneka sayap krispi dengan bumbu yang bisa dipilih. Ada bumbu pedas, pedas manis, hingga bumbu lain yang tidak lazim dijual oleh orang lain. Misal bumbu tradisional dari daerah tertentu.

Selain bagian sayap, dada, kulit, hingga usus bisa dimanfaatkan menjadi kudapan krispi yang menarik. Anda bisa menjualnya dengan berbagai rasa atau taburan. Sesuai permintaan dari pemesan. Selain itu, Anda juga bisa mengolahnya menjadi semacam rice box kecil yang memikat.

Kecil-kecil cabe rawit! Tentunya  makanan ringan di atas tidak bisa Anda anggap remeh atau di pandang sebelah mata karena bisa Anda jadikan sebagai usaha Anda. Selain itu, bisnis makanan ringan tidak memerlukan modal yang besar tetapi Anda dapat meraih keuntungan yang berlipat.

Untuk permasalahan modal, Pegadaian adalah solusi tepat untuk pembiayaan modal awal usaha Anda, melalui produk Kredit Cepat Aman (KCA) Anda bisa mendapatkan pinjaman untuk modal usaha dengan barang jaminan yang beragam, seperti emas, kendaraan bermotor, sampai barang elektronik. Anda bisa mendapatkan pinjaman mulai dari 50 ribu rupiah dengan jangka waktu 4 bulan dan Anda dapat melakukan pelunasan sewaktu-waktu tanpa harus menunggu pembayaran setiap bulannya.

Persyaratannya pun cukup menyerahkan kartu identitas yang masih aktif seperti KTP/SIM/paspor dan untuk kendaraan bermotor Anda harus membawa BPKB dan STNK yang asli. Semuanya bisa Anda lakukan dengan mudah asal Anda memiliki semua persyaratan serta ketekunan dalam mengolah usaha.

Inilah ide bisnis makanan ringan dengan modal kecil, tapi bisa memberikan untung yang cukup besar dan menjanjikan. Jangan lupa untuk terus selalu melihat peluang usaha yang ada. Semoga bisa menginspirasi!