Usaha kerajinan tangan berikut ini bisa jadi ide untuk berbisnis
Bagikan:

“Jika kamu memiliki ide, mulailah hari ini. Tak ada waktu yang lebih baik untuk bertindak selain sekarang”- Kevin Systrom (CEO Instagram)

Saat ini, tren bisnis banyak digemari oleh anak-anak muda. Bahkan, tak sedikit dari mereka akhirnya mencetuskan ide bisnis kreatif yang mampu mendatangkan banyak keuntungan. Asal kamu tahu, merintis bisnis pribadi tak selalu membutuhkan modal yang besar, lho. Kamu bahkan bisa membuat usaha kerajinan tangan yang mudah dibuat dan menghasilkan uang. Nah, berikut 5 contoh usaha kerajinan tangan yang menghasilkan uang ini bisa kamu tiru.

  • Lilin Aroma Terapi

Selain berfungsi sebagai penerangan di kala listrik rumah padam, tahukah kamu bila kini lilin juga bisa dikreasikan menjadi lilin aromaterapi yang mampu menyebarkan aroma wangi ke seluruh ruangan dan mampu memberikan kesegaran bagi yang menghirupnya.

Karena keunikannya, tak jarang bila orang-orang menjadikan lilin aromaterapi sebagai souvenir pernikahan. Dengan begitu, lilin aromaterapi pun bisa menjadi peluang usaha kerajinan tangan yang bagus untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Pembuatannya pun cukup murah dan mudah. Yang perlu kamu perhatikan adalah jenis lilin apa yang akan kamu gunakan. Hasilnya pun akan lebih baik apabila kamu menggunakan lilin yang alami seperti palm wax dan soy wax. Soal aroma, kamu bisa melakukan percobaan terlebih dahulu agar lilin aromaterapi yang diciptakan memiliki wangi yang menyegarkan. Oh iya, biar lebih menarik, pengemasannya pun perlu diperhatikan.

  • Usaha Kerajinan Tangan Kain Flanel

Siapa sih yang tak kenal dengan jenis kerajinan tangan yang satu ini? Selain mudah dibuat, ternyata kerajinan flanel ternyata mampu menciptakan peluang bisnis baru untuk kamu, lho. Dari kain flanel, kamu bisa mulai berkreasi untuk menghasilkan beragam bentuk seperti gantungan kunci, bros, dan kotak tisu. Selain itu, kamu pun bisa menciptakan busy book yang sering diburu oleh para ibu yang ingin membantu meningkatkan kreativitas serta imajinasi si kecil.

Bila musim wisuda tiba, sebagian pelaku bisnis bahkan memanfaatkan kain flanel untuk menciptakan buket bunga yang menarik. Karena memiliki pasar yang luas, maka tak heran bila peluang usaha yang satu ini dinilai sangat potensial. Nah, kalau kamu ingin mendapatkan penghasilan tambahan, kerajinan kain flanel bisa menjadi pilihan usaha yang tepat.

  • Bantal Karakter

Industri kreatif seolah tak berhenti menghasilkan produk unik yang bernilai jual tinggi. Bila dahulu bantal hanya digunakan sebagai alas untuk tidur dan berbentuk kotak, sekarang ada bantal karakter yang banyak diminati untuk dijadikan dekorasi rumah atau hadiah unik bagi orang tersayang.

Bantal karakter sendiri memiliki keunikan berupa bentuknya yang menyerupai desain yang kamu buat. Sehingga tampilannya pun akan terlihat lucu dan unik. Ada banyak bahan yang bisa kamu gunakan untuk menghasilkan bantal karakter berkualitas seperti sthenolid, yelvo, axtatex, atau flanel sekalipun. Untuk isi bantal, kamu bisa menggunakan dakron atau butiran sterofoam.

  • Daur Ulang Sampah Plastik

Belakangan, sampah plastik menjadi sorotan lantaran dinilai menjadi penyumbang terbesar kerusakan di bumi. Padahal, kalau kamu jeli, limbah plastik bisa dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan tangan yang memiliki nilai jual, lho.  Misalnya saja plastik bekas kemasan. Dari bahan ini, kamu bisa berkreasi untuk menciptakan produk daur ulang seperti tikar, keranjang, payung, atau tas.

Sama halnya dengan plastik bekas kemasan, botol plastik pun dapat disulap menjadi usaha kerajinan tangan yang menguntungkan seperti lampion atau vas bunga yang lucu. Bahan baku yang relatif murah pun mampu menjadi peluang bagi kamu untuk meraup keuntungan tinggi.

  • Bunga Kertas Artificial

Pernah melihat background foto berhias bunga-bunga kertas saat prosesi lamaran, pernikahan, atau pesta ulang tahun? Itu namanya bunga kertas artificial yang saat ini banyak digandrungi dan menjadi tren dekorasi untuk pesta. Tak ayal, fenomena ini pun mampu menjadi peluang bisnis baru yang bisa kamu coba.

Bisnis kreatif ini pun tak membutuhkan banyak modal karena bahan bakunya bisa kamu dapatkan dengan murah. Hasilnya, kamu pun bisa meraih omset hingga jutaan rupiah per bulan dari usaha kerajinan tangan ini. Untuk promosi, kamu bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba salah satu usaha kerajinan tangan di atas? Soal modal, kamu tak perlu bingung. Sekarang, Pegadaian menyediakan layanan bernama Kreasi Multi Guna yang bisa kamu manfaatkan. Dengan jaminan BPKB kendaraan bermotor, kamu bisa mendapatkan kemudahan layanan kredit sampai 100 juta rupiah, lho. Yuk, mulai dari sekarang, Sahabat!