Anda sudah punya modal dari gadai mobil? Yuk, mulai usaha ramah lingkungan dengan cara ini.
Bagikan:

Dewasa ini, pembangunan industri kerap menimbulkan ketimpangan dan dampak negatif bagi lingkungan. Hal inilah yang mendorong munculnya tren usaha berbasis go green industry.

Untuk memulai usaha berbasis go green industry, Anda membutuhkan banyak modal. Salah satu cara untuk mendapatkan modal, yakni dengan gadai mobil di lembaga formal pinjaman uang. Selain itu, Anda harus menerapkan tips berikut ini supaya bisa menciptakan bisnis ramah lingkungan.

1.Manfaatkan Barang Bekas di Sekitar Anda

Anda punya banyak barang bekas? Jangan buru-buru dibuang; barang bekas pun bisa menjadi kerajinan tangan bernilai guna. Misalnya, dengan membuat pigura dari kardus, bunga berbahan sedotan plastik, atau hiasan dinding dari kertas.

2.Gunakan Energi Terbarukan

Tahukah Anda, Indonesia memiliki potensi tenaga panas bumi global yang relatif besar? Dengan demikian, sudah waktunya Anda beralih ke sumber energi terbarukan untuk mendukung aktivitas bisnis. Semisal, penggunaan hydro power untuk energi listrik, bahan bakar dari biogas, serta teknologi hemat air.

3.Pilih Produk Organik

Bagi Anda yang berbisnis kuliner, upayakan menggunakan bahan baku organik. Artinya, produk tersebut tidak mengandung pestisida dan obat kimia berbahaya. Selain itu, dari sisi pengemasan, coba manfaatkan wadah ramah lingkungan, seperti food grade berbahan virgin pulp.

4.Pakai Media Online untuk Promosi

Anda sering mencetak brosur untuk promosi produk? Mulai sekarang, coba ganti cara promosi Anda dengan memanfaatkan media online. Misalnya, promosi lewat blog, media sosial, dan aplikasi.

5.Ganti Kantong Plastik dengan Tas Belanja

Tahun 2018 lalu, Indonesia menjadi penyumbang sampah plastik terbanyak di dunia. Jumlah sampah tersebut mencapai 10 miliar lembar per tahun. Artinya, mulai hari ini, Anda harus mengurangi plastik dengan menggunakan tas daur ulang.

Bisnis tas daur ulang ini bisa ditujukan untuk berbagai keperluan, seperti belanja dan rekreasi. Anda dapat menggunakan barang-barang bekas, misalnya bekas kemasan jajan, bungkus kopi, atau anyaman bambu.

Itulah beberapa tips memulai usaha ramah lingkungan yang bisa Anda terapkan. Jika Anda belum mendapatkan modal untuk memulai bisnis, segera gadai mobil di lembaga formal pinjaman uang terdekat.