Bagikan:

Tahun 2019 sudah memasuki bulan kedua dan peluang usaha online semakin meluas. Akan tetapi, di tengah persaingan yang semakin ketat, bisakah kamu menemukan ide baru untuk dijajal? Ternyata bisa! Kamu dapat memanfaatkan tren bisnis online di tahun 2019 untuk menjajal kemungkinan bisnis baru.

Michael Dell, pendiri perusahaan teknologi Dell, berkata bahwa kamu “tidak perlu menjadi jenius atau lulusan universitas ternama untuk sukses, yang penting kamu punya impian dan kerangka kerja”. Kamu mungkin tidak punya ide yang terlalu radikal atau unik, namun ada banyak peluang usaha yang ternyata masih cukup menguntungkan di tengah persaingan.

Tren Bisnis untuk Menemukan Peluang Usaha Online

Bagaimana kamu bisa menemukan “kerangka kerja bisnis” seperti kata Michael Dell? Pastikan kamu mengetahui tren bisnis online masa kini sebelum berburu ide. Berikut beberapa tren tersebut:

  • Pemasaran berbasis video dan foto semakin populer

Pembelanja masa kini cenderung tertarik pada rangsangan visual yang memikat. Video dan foto dapat memikat lebih banyak orang ketimbang teks tanpa gambar. Hal ini banyak dimanfaatkan pemasar yang produknya lebih bagus jika diiklankan dengan gambar.

  • Konten semakin kreatif dan personal

Konsumen modern tidak suka pada promosi yang terlalu terang-terangan. Mereka suka merasakan emosi positif (contohnya beberapa iklan video terbaru dari salah satu perusahaan ojek online). Tren bisnis masa kini semakin menekankan pada iklan berbasis pengalaman personal dan kreativitas.

  • Layanan berbasis langganan mendapat banyak peminat

Layanan berbasis langganan (subscription based) memberi produk secara terus-menerus pada pelanggan yang sudah membayar. Ini bisa berupa hal seperti artikel ekslusif, video kursus (misalnya Skillshare), produk spesifik, dan sebagainya.

  • Konsumen semakin peduli pada berbagai isu

Pemasaran produk yang ramah isu sosial serta lingkungan semakin mendapat tempat. Mulai dari perhiasan daur ulang hingga produk yang mendonasikan sebagian keuntungannya pada isu sosial, bisnis “dengan hati” semacam ini sekarang semakin populer.

Dengan memperhatikan berbagai tren ini, kamu bisa mencari peluang usaha yang cocok untuk tahun 2019 dan seterusnya.

Pilihan Usaha Online Masa Kini

Penasaran dengan bisnis online yang masih berkibar? Berikut lima ide yang bisa dijadikan inspirasi:

  • Pemasaran Afiliasi

Pemasaran afiliasi masih menjadi salah satu pilihan usaha online menarik masa kini. Kamu bisa memilih satu bidang yang menjadi minat atau keahlianmu, lalu ciptakan konten menarik berdasarkan topik tersebut. Kamu bisa memasarkan produk yang berkaitan dengan konten itu, misalnya perlengkapan olahraga, peralatan rumah tangga, dan makanan sehat. Akan tetapi, kamu harus mampu menciptakan konten menarik untuk membangun pelanggan.

  • Manajemen Pemasaran Online

“Manajemen pemasaran online” di sini bisa berarti macam-macam, dan kamu bisa berfokus sesuai keahlianmu. Misalnya, kamu bisa memilih jasa penulisan artikel SEO, pembuatan infografik dan desain situs, hingga manajemen media sosial untuk bisnis. Bisnis ini berbasis reputasi, jadi kamu harus membangun portfolio kuat dulu sebelum menawarkan jasa.

  • Penjualan Makanan dan Jajanan Unik

Makanan atau jajanan unik adalah sesuatu yang disukai banyak orang, dan tidak akan pernah ketinggalan zaman. “Unik” di sini bisa berarti tidak banyak ditemukan di toko biasa, atau menawarkan keistimewaan walau bahan dasarnya biasa saja. Misalnya, Anda bisa menjual versi modern dari kudapan tradisional, atau makanan beku siap goreng dari bahan sehat.

  • Blog dengan berbagai media

Monetisasi blog masih populer di tahun 2019, namun dengan memanfaatkan berbagai media pendukung di luar tulisan. Blog masa kini banyak yang menambahkan video YouTube serta podcast untuk menjangkau lebih banyak pemirsa. Idealnya, Anda harus memiliki ide tema yang cukup terfokus dan memiliki benang merah, walau isinya mungkin bermacam-macam.

  • Bisnis berbasis langganan

Birchbox adalah usaha kosmetik yang mengirim sampel setiap bulan ke rumah para pelanggan berbayarnya. Model yang sama digunakan oleh Graze (mengirim paket sampel makanan organik) dan ShoeDazzle (mengirim penawaran menarik terkait belanja sepatu). Kamu bisa mengumpulkan modal agak banyak untuk menentukan produk, menciptakan konsep promosi, dan merancang skema paket langganan untuk konsumenmu.

Peluang usaha online masa kini bukan hanya soal pemasaran, tetapi juga kreativitas dan kemampuan membaca tren. Jadikan lima ide ini sebagai pertimbangan jika kamu ingin berbisnis. Jika butuh modal untuk memulainya, ke Pegadaian aja karena sekarang semua senang bersama Pegadaian!