Usaha perikanan yang penuh inspirasi
Bagikan:

“Setinggi apapun pangkat yang dimiliki, kamu tetaplah pegawai. Sekecil apapun usaha yang kamu punya, kamu adalah bosnya.” – Bob Sadino (Pemilik jaringan usaha Kemfood dan Kemchick)

Sebagai negara maritim terbesar, peluang usaha perikanan di Indonesia terbilang cukup menjanjikan. Bahkan ajakan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti agar masyarakat Indonesia wajib makan ikan pun seolah menjadi angin segar bagi pengusaha perikanan. Berbicara mengenai bisnis perikanan, ada beberapa peluang ide bisnis kreatif dan inovatif yang bisa kamu lakukan. Apa sajakah itu? Simak penjelasannya berikut ini, yuk!

  • Kudapan Berbahan Ikan

Kudapan berbahan ikan mampu menjadi peluang bisnis kreatif untuk kamu yang berkecimpung dalam usaha perikanan. Seperti yang dilakukan oleh Aang Permana ini misalnya. Bermodal uang 500 ribu rupiah, Aang mulai menjalankan bisnis camilan berbahan ikan petek yang banyak ia dapatkan dari Waduk Cirata di Cianjur, Jawa Barat. Melalui bisnis Crispy Ikan Sipetek, Aang mampu mendapatkan omzet hingga 500 juta per bulan. Wow!

Nah, kamu juga bisa mengikuti jejak Aang Permana, lho. Tak perlu repot mencari ikan petek, karena kamu bisa menggunakan ikan hasil budidaya dari kolam sendiri. Dengan begitu, biaya produksinya pun bisa diminimalisasi. Dalam proses pemasaran, kamu bisa melakukannya melalui media sosial atau mendistribusikannya lewat toko oleh-oleh khas yang ada di kota kamu.

  • Abon Tulang Ikan

Abon dari ikan segar mungkin sudah biasa, namun bagaimana rasanya ya bila abon dibuat dari tulang ikan? Kamu pernah coba? Salah satu jenis ikan yang bisa dimanfaatkan tulangnya ialah bandeng. Selain nikmat, abon tulang ini juga kaya akan kandungan kalsium yang baik untuk pertumbuhan gigi dan tulang.

Kalau kamu tertarik dengan bisnis kreatif ini, cara pembuatan abon tulang ini cukup mudah dan sederhana. Kukus tulang ikan bandeng dengan panci presto agar tulangnya lunak. Kemudian campurkan tulang tersebut dengan bumbu dan haluskan. Terakhir, sangrai bahan yang telah dihaluskan hingga menjadi abon.

Untuk membantu proses pemasaran,  kamu pun bisa membuat tampilan kemasan sedemikian rupa agar menarik minat pembeli. Selamat mencoba!  

  • Tepung Tulang Ikan

Kalau sebelumnya tulang ikan bandeng bisa diolah menjadi abon, tulang ikan juga bisa diolah menjadi tepung yang bernilai jual. Hal tersebut tentu menjadi peluang baru bagi kamu yang berkecimpung dalam usaha perikanan. Bubuk tulang ikan ini berfungsi sebagai bahan pakan ternak yang kaya protein. Di banding pakan ternak pada umumnya, kandungan protein pada tepung tulang ikan ini cukup tinggi sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan hewan ternak.

Menurut seorang peneliti ilmu dan teknologi pangan dari Universitas Gadja Mada, bisnis bubuk tulang ikan ini bahkan mampu mencapai triliunan rupiah per tahunnya. Dengan begitu, masyarakat yang mengelola bisnis perikanan pun bisa terdorong untuk menekuni bisnis kreatif ini.

  • Restoran Olahan Ikan 

Ide bisnis kreatif selanjutnya ialah mendirikan restoran dengan ikan sebagai olahan utamanya. Menjadikan ikan sebagai menu utama tentu akan menarik minat pencinta olahan berbahan dasar ikan. Selain itu, kamu juga bisa menyediakan kolam ikan untuk pengunjung. Dengan begitu, pengunjung bisa mengonsumsi ikan dari hasil pacingan mereka sendiri.

Karena kamu akan berkecimpung di dunia kuliner, jadi sebaiknya kamu juga fokus pada kualitas makanan serta minuman yang ada di menu nantinya. Apabila makanan yang kamu sajikan kurang enak atau terlalu mahal, kemungkinan pelanggan untuk kembali pun cukup kecil. Jadi, pertimbangkan secara matang, ya.

  • Kembangkan Usaha Perikanan dengan Menjual Obat dan Pakan Ikan

Tak ada salahnya mengembangkan bisnis perikanan kamu dengan menyediakan kebutuhan ternak ikan seperti obat dan pakan. Cara memulainya pun terbilang mudah. Kamu bisa menjadi distributor atau menjual pakan ikan hasil olahan sendiri apabila kamu sudah menguasai teknik pembuatan dan pengolahan pakan ikan dengan baik.

Adapun bahan untuk membuat pakan ikan sendiri cukup mudah didapatkan seperti dedak halus, vitamin, tepung ikan, tepung kedelai, dan garam mineral. Selain bahan tersebut, kamu bisa menyesuaikan komposisinya dengan kebutuhan beberapa jenis ikan.

Demikian ulasan singkat mengenai 5 ide bisnis kreatif dan inovatif untuk usaha perikanan yang bisa kamu jalankan. Selamat mencoba dan semoga sukses!