Bagikan:

“Business is like a wheel barrow. Nothing happens until you start pushing.” – Robert T. Kiyosaki

Adanya internet membuat semuanya terasa lebih mudah. Memang benar adanya, karena hanya bermodalkan ponsel dan koneksi internet, kamu sudah bisa melakukan dan mendapatkan apa saja dari mana saja, kapan saja. Malas berjalan keluar rumah untuk mencari ojek? Pesan saja. Malas keluar rumah untuk pesan makanan? Tinggal klik. Tidak punya waktu untuk berbelanja barang kebutuhan? Tekan aplikasi belanja. Wah, semua terpenuhi cukup dengan satu ketukan jari.

Kecanggihan teknologi ini juga membuat bisnis online kian menjamur. Coba pikirkan, dari mana kamu bisa mendapatkan barang impian dari ponsel atau aplikasi jika tidak ada toko yang menjualnya secara online. Banyak sekali orang awam yang mencoba peruntungan dengan membuka bisnis online. Namun, tidak semua paham bagaimana cara promosi online yang tepat agar konsumen datang, memberikan keuntungan yang menjanjikan. Nah, supaya lebih paham, kamu bisa coba cara kreatif berikut ini.

  • Cara Promosi Online dengan Memanfaatkan Sosial Media

Sebagian besar masyarakat, terutama generasi milenial pasti menggunakan sosial media, baik itu Facebook, Twitter, Instagram, hingga YouTube. Nah, tingginya pengguna sosial media ini bisa menjadi peluang besar untuk memasarkan barang atau jasa yang kamu jual. Jika kamu memilih Facebook, kamu bisa beriklan melalui Facebook Business Manager. Supaya lebih tertarget, kamu bisa menambahkan Facebook Pixel di laman toko online milikmu.

Sementara itu, beriklan lewat Instagram mungkin jauh lebih mudah dibandingkan Facebook. Kamu hanya perlu membuat visual yang menarik, baik gambar maupun video. Jangan lupa, tampilkan caption yang mengundang minat calon konsumen supaya meng-klik iklan ini. Nah, kalau kamu pakai YouTube, pastikan kamu mengunggah video yang tidak lebih dari 30 detik.

  • Membuat Konten Menarik di Blog

Toko online milikmu akan semakin dikenal jika kamu aktif sebagai pemilik. Aktif dalam hal ini artinya kamu perlu memperbarui isi website setiap saat. Jangan lupa, lengkapi laman online tokomu dengan blog, dan isi dengan konten-konten menarik terkait dengan produk yang kamu tawarkan. Cara promosi online ini tidak membutuhkan banyak biaya, kok, tetapi sudah banyak diaplikasikan oleh pemilik bisnis online lain.

Biasanya, konten tidak lepas dari Search Engine Optimization atau SEO. Artinya, jika konten yang kamu buat muncul di halaman pertama mesin pencari, sudah pasti traffic website akan tinggi. Cara ini memang terbilang lebih lama, tetapi kamu bisa memasang iklan berbayar di Google jika ingin mendapatkan peringkat lebih cepat.

  • Menggunakan Email Marketing

Setiap orang, terutama karyawan, pasti memiliki email. Nah, ini juga bisa kamu manfaatkan untuk memasarkan produk yang kamu miliki. Namun, pastikan kamu mengirimkan email pada orang yang tepat ya. Supaya lebih mudah, kamu sebaiknya menggunakan data dari iklan Facebook, karena kamu bisa mendapatkan data yang cukup valid dari sini sebagai modal awal. Selanjutnya, ceritakan pada target konsumen tentang produkmu secara lengkap. Jangan lupa tambahkan gambar dan penawaran menarik, ya!

  • Menggunakan Jasa Blogger

Jika kamu ingin calon konsumen lebih mengenal produk yang kamu tawarkan, coba pakai jasa blogger. Kamu mungkin akan mengeluarkan biaya tambahan untuk membayar jasa pada blogger, tetapi ini sebanding dengan yang kamu dapatkan. Para blogger akan menulis atau mengulas tentang produk yang kamu miliki di blog miliknya, kemudian kamu akan mendapatkan backlink dari mereka.

  • Menjadikan Sebagai Hadiah

Cara terakhir adalah dengan menjadikan produk kamu sebagai hadiah. Tak sedikit orang yang suka mengikuti kuis online jika hadiahnya menarik. Nah, kamu bisa mengambil kesempatan ini sekaligus untuk membuat orang tahu tentang produkmu. Media sosial Instagram menjadi yang paling banyak diakses pengguna internet beberapa waktu terakhir, jadi media ini adalah pilihan yang patut kamu pertimbangkan. Jika produk kamu memang bagus, orang-orang yang memenangkan hadiah darimu bisa merekomendasikannya pada orang lain.

Nah, itu tadi 5 cara promosi online kreatif yang bisa kamu coba di rumah untuk memulai bisnis perdanamu. Jangan pantang menyerah dan mudah putus asa ketika gagal, jadikan saja sebagai batu pijakan untukmu melompat lebih tinggi. Selamat mencoba!