Bagikan:

“Lots of companies don’t succeed over time. What do they fundamentally do wrong? The usually miss the future”

– Larry Page, pendiri Google

Jalan hidup seorang pengusaha sangatlah dinamis. Cara menjalankan usaha di era modern seperti sekarang jauh berbeda dibandingkan berbisnis di era tahun 1980-an ataupun 1990-an. Kalau kamu melakukan hal sesuai dengan ucapan Larry Page, kamu ketinggalan masa depan.

Kata-kata Larry Page berlaku untuk semua pelaku usaha, termasuk pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Cara pengembangan UMKM di era digital seperti sekarang harus dilakukan dengan tepat. Ada 5 tips efektif yang bisa kamu terapkan dalam mengembangkan usaha, yakni:

  • Manfaatkan fasilitas pinjaman usaha yang ringan

Langkah pertama dalam pengembangan UMKM adalah mencari tambahan modal. Di era internet seperti sekarang, kamu bisa dengan mudah mencari informasi terkait penawaran pinjaman usaha yang tak memberatkan. Pilihan terbaik yang bisa kamu peroleh adalah Kreasi dari Pegadaian.

Kreasi memungkinkan kamu untuk memperoleh pinjaman modal mulai dari Rp1 juta sampai Rp400 juta. Pinjaman ini bisa kamu dapatkan dengan menggunakan jaminan berupa BPKB kendaraan bermotor. Menariknya, kamu tetap bisa menggunakan kendaraan kamu untuk menunjang kegiatan sehari-hari karena hanya surat-suratnya saja yang disimpan di Pegadaian.

  • Buat produkmu berbeda dengan para kompetitor

Kalau dana sudah kamu peroleh, selanjutnya adalah terkait branding produk. Kamu harus secara jelas menampilkan produkmu secara berbeda dibandingkan dengan barang ataupun jasa yang diberikan kompetitor. Kamu bisa saja menampilkan usahamu dengan label kata terbaik, yang paling utama, revolusioner, dan semacamnya.

Hanya saja, pastikan bahwa branding yang kamu lakukan sesuai dengan kenyataan yang diberikan. Jangan sampai produk yang didapatkan oleh para pelanggan, ternyata membuat mereka kecewa. So, pikirkan secara matang terkait branding usahamu, ya.

  • Digitalkan usahamu

Sekarang itu eranya zaman digital. Era ketika banyak orang menggunakan akses internet untuk mencari beragam kebutuhannya. Saat lapar, banyak orang akan terlebih dahulu berburu informasi lewat internet. Ketika ingin bepergian, dia juga akan melakukan usaha serupa untuk mendapatkan rute perjalanan yang tercepat.

Untuk itu, kamu perlu menghadirkan usahamu di dunia digital agar pengembangan UMKM berjalan lancar. Caranya juga tidak terlalu sulit. Kamu bisa membangun situs untuk usaha yang tengah dijalankan. Sebagai tambahan, kamu juga perlu untuk membuat akun media sosial, baik di Facebook, Instagram, Twitter, dan semacamnya.

Di waktu yang sama, kamu juga perlu pengetahuan tentang cara pemasaran di dunia digital, biasa disebut dengan digital marketing. Terkait hal ini, kamu pun bakal mendapatkan beragam istilah yang mungkin sebelumnya cukup asing, termasuk di antaranya adalah search engine optimizing (SEO), search engine marketing (SEM), email marketing, dan sebagainya.

  • Lakukan kolaborasi dengan pemilik usaha lain

Kalau ingin sukses sebagai seorang pengusaha, kamu tak bisa melakukannya sendiri. Sebagai solusinya, kamu dapat melakukan pengembangan UMKM lewat kolaborasi dengan pelaku usaha lainnya. Kalau perlu, kamu juga bisa melakukan kerjasama dengan perusahaan besar untuk mendapatkan manfaat yang lebih banyak.

Sebagai contoh, kamu menjalankan usaha produksi aksesori untuk anak-anak. Hanya saja, kamu memiliki kendala dalam distribusi produk. Sebagai solusinya, kamu dapat menawarkan kerjasama dengan pemilik usaha lainnya yang memiliki jaringan distribusi luas. Sebagai timbal balik, kamu dapat memberikan insentif untuk setiap penjualan produk.

  • Buat semua orang menjadi tenaga pemasaran usahamu

Menurut kamu, bagaimana metode pemasaran yang paling efektif dengan biaya yang kecil? Jawabannya adalah dengan memanfaatkan semua orang, dalam hal ini adalah pelanggan, menjadi tenaga pemasaran. Hal ini bisa kamu capai ketika seorang konsumen puas dengan pelayanan atau produk yang telah mereka beli.

Dalam kondisi seperti itu, mereka pun akan dengan senang hati merekomendasikan produk ataupun jasa dari usahamu kepada kenalannya. Menariknya lagi, kamu tak perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Murah dan efektif, kan?

Itulah 5 tips ampuh yang bisa kamu terapkan kalau kamu ingin melakukan pengembangan UMKM. Ingat, setiap pengusaha selalu mengawali bisnisnya dari kecil. Lewat kerja keras dan mental yang kuat, seorang pelaku UMKM bisa bertransformasi menjadi pengusaha sukses. Termasuk, kamu!