Cara mengembangakan usaha dapat dimulai dengan menentukan strategi promosi usaha Anda.
Bagikan:

Don’t find costumers for your products, find products for your costumers.” – Seth Godin

Memiliki usaha atau bisnis sendiri alias menjadi wiraswasta memang menjanjikan. Kamu tak perlu lagi mengandalkan gaji bulanan, bekerja di bawah tekanan, segudang tugas dan pekerjaan, juga jam kerja yang melelahkan. Saat menjadi wiraswasta, kamu adalah bosnya, kamu mengatur jam kerjanya, dan kamu juga yang membagi tugas serta tanggung jawabnya. Penghasilan tidak perlu menunggu akhir bulan, karena kamu bahkan gajian setiap hari.

Namun, tidak semua pemilik usaha paham dan tahu bagaimana cara mengembangkan usaha yang sudah dimiliki menjadi semakin besar dan dikenal banyak orang. Pantang menyerah dan terus berusaha bukanlah satu-satunya jalan. Diperlukan strategi tambahan agar bisnis yang kamu punya kian berkembang. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

Cara Mengembangkan Usaha Bisa Dimulai dari Gencar Berpromosi
Semua pemilik bisnis harus tahu bahwa promosi adalah kunci utama agar bisnis yang dimiliki semakin berkembang. Mengapa demikian? Promosi akan membuat orang mengenali bisnis yang kamu geluti atau kerjakan, dan ini akan menjadi kesempatan emas jika ternyata promosi yang kamu lakukan sampai kepada investor.

Namun, promosi juga ada caranya, bukan semata-mata membuang uang untuk membagi-bagikan kertas pada setiap orang yang berhenti di lampu merah. Cara ini sudah sangat kuno. Sebagai gantinya, manfaatkan media sosial untuk berpromosi. Selain lebih murah, kamu bisa melakukan promosi dengan lebih tertarget.

Lanjutkan Cara Mengembangkan Usaha dengan Mengenali Pesaing
Setelah selesai berpromosi, lalu apa tahapan selanjutnya? Tunggu dulu, promosi tidak bisa dilakukan satu atau dua kali saja. Promosi harus dilakukan terus-menerus. Nah, sembari kamu berpromosi, kamu bisa turut mempelajari pesaing yang juga sedang menjalankan usaha yang sama denganmu.

Baca juga  Rio Haryanto Berniat Meneruskan Bisnis Keluarga

Dengan mempelajari kompetitor, kamu bisa mendapatkan banyak masukan dan inspirasi. Seperti misalnya apa nilai jual dari pesaingmu, apa kekurangan yang tidak mereka miliki, bagaimana strategi pemasaran yang mereka gunakan, atau apa saja inovasi yang mereka terapkan untuk membuat usaha tersebut terus booming dan tak tergerus zaman.

Lebarkan Sayap Bisnis dan Perluas Jaringan
Promosi sudah. Mencari informasi tentang para pesaing sudah. Nah, sekarang, coba kamu lebarkan sayap bisnis dan perluas jaringan usaha yang kamu punya. Bagaimana caranya? Tidak sulit, karena ada berbagai sektor yang bisa kamu tuju. Misalnya dalam bagian pemasaran, kamu bisa meluaskan jaringan dengan membuka cabang di kota atau area tertentu.

Meski begitu, jangan asal membuka cabang ya. Kamu juga perlu mengetahui seluk beluk daerah yang dituju. Kenali pola hidup masyarakatnya, apakah daerah tersebut akan berkembang dan menunjang bisnis yang kamu jalankan jika kamu membuka cabang di tempat tersebut, hingga berapa modal dan profit yang akan kamu dapatkan nantinya. Cara mengembangkan usaha ini cukup efektif dalam meminimalisir kerugian.

Tetap Fokus dan Konsisten
Mengapa konsisten sangat dibutuhkan untuk mengembangkan usaha agar semakin besar? Konsisten membuat bisnis yang kamu jalani tidak melenceng dari visi misi utama yang kamu buat. Meski zaman mengalami banyak perubahan dan dibutuhkan banyak inovasi untuk tetap bisa bertahan, mempertahankan konsistensi tetap harus diutamakan.

Kamu juga perlu mengerti bahwa memulai bisnis bukan berarti kamu akan langsung mendapatkan keuntungan dalam jumlah besar. Semua ada prosesnya, tergantung bagaimana kamu menjalankan dan usaha yang kamu lakukan. Inilah mengapa kamu perlu fokus pada tujuan awal dan diimbangi dengan giat berinovasi. Lambat laun, kamu pasti akan mendapatkan profit yang menjanjikan.

Baca juga  Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

Pastikan Semua Aktivitas Terorganisir
Aktivitas yang terorganisir akan membantu kamu dalam menuntaskan berbagai tugas dan tanggung jawab. Oleh karena itu, buatlah daftar kerja harian. Adanya daftar kerja ini akan memudahkan kamu dalam melakukan evaluasi, sehingga tidak ada hal atau kewajiban yang terlewatkan.

Jangan lupa untuk mencatat semua aktivitas yang sudah dilakukan, ya, karena semua catatan ini sangat berguna jika kamu ingin meluaskan sayap bisnis. Melalui catatan ini, kamu tahu di mana kekurangan dan kelebihan bisnis yang kamu jalankan.

Jangan khawatir sulit mencari tambahan modal untuk mengembangkan usaha yang sudah kamu rintis. Karena semua senang bersama Pegadaian, kamu bisa mengajukan kredit angsuran bulanan untuk pengembangan usaha kamu dengan jaminan BPKB kendaraan bermotor lewat produk Kreasi. Layanan ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan pinjaman mulai dari 1 juta sampai dengan 400 juta rupiah dengan waktu cicilan sampai dengan 48 bulan. Kamu hanya perlu melampirkan fotokopi KTP dan KK, BPKB asli kendaraan bermotor, serta memiliki usaha UMKM.

Sekarang, kamu sudah tahu apa saja cara mengembangkan usaha supaya bisnis kamu semakin besar. Semoga informasinya bermanfaat, ya!