Cara memulai bisnis online dari nol dimulai dari sekarang
Bagikan:

Memulai bisnis online memang gampang-gampang susah. Gampang karena bisa dilakukan di mana saja. Bahkan, sedang tidur di atas sofa atau sedang makan malam dengan kekasih pun bisnis tetap terus berjalan. Sayangnya bisnis online bisa jadi susah kalau kamu nggak tahu bagaimana cara mengelolanya dengan baik. Kamu harus mempelajari cara bisnis online yang tepat agar bisa berhasil.

Nah, kalau kamu kebetulan sedang memulai bisnis online, ada baiknya untuk mempelajari cara-caranya di bawah ini. Pahami baik-baik lalu lakukan perlahan-lahan. In case terjadi masalah, lakukan evaluasi dan mulai lagi.

  1. Memilih Jenis Bisnis Online yang Tepat

Bisnis online itu ada banyak sekali jenisnya. Bisnis kuliner, fesyen, hingga aksesoris bisa dilakukan secara online. Selanjutnya dalam bidang jasa seperti desain juga bisa dibuat. Kalau kamu tidak memiliki cukup banyak modal bisa memulai bisnis dengan jenis dropship dan mendapatkan keuntungan dari selisih harga yang ditetapkan.

Karena memulai bisnis online dari nol bukan pekerjaan yang mudah ada baiknya untuk melakukan riset dahulu. Kamu bisa mengecek apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat dan di pasar belum banyak yang menjualnya. Jangan tergesa-gesa memulai bisnis online, lakukan riset hingga matang agar apa yang sudah dimulai hanya memiliki satu masa depan, yaitu kesuksesan.

  1. Target Pasar yang Sesuai

Menurut Janice H. Reinold, manusia zaman sekarang itu kalau tidak tidur ya tersambung dengan internet. Dengan peluang yang besar ini kamu harus mampu menjaring target pasar yang benar. Cari tahu siapa saja orang yang banyak online dan tersambung ke internet untuk melakukan transaksi pembeli.

Misal kamu membuat bisnis online dengan fokus pada pakaian distro, target pasar yang kira-kira bisa dijaring adalah milenial muda atau generasi Z yang baru. Dengan menjaring dua kategori ini peluang terjadi closing akan besar. Kamu bisa mendapatkan untung dengan cepat dengan memanfaatkan orang yang aktif di media sosial.

  1. Tahu Hambatan yang Akan Dialami

Hambatan yang dialami oleh setiap bisnis online bermacam-macam. Misal kamu menjual pakaian secara online. Hambatan ya kira-kira akan dialami adalah bagaimana mendapatkan closing yang banyak setiap harinya. Selain itu lokasi dan cara promosi juga kerap menjadi masalah sehingga bisnis seperti stagnan dan tidak berjalan.

Kenali dahulu semua masalah yang kemungkinan terjadi. Misal untuk bisnis makanan adalah kesulitan mendapatkan bahan baku atau pengemasan agar barang tidak hancur ketika diterima oleh pembeli. Hal-hal seperti ini harus dipikirkan agar saat masalah muncul kamu sudah langsung tahu jawabannya.

  1. Melakukan Promosi dengan Benar

Lakukan promosi yang benar. Karena kamu masih memulai bisnis dari nol, promosi secara masif tentu akan sulit dilakukan karena butuh biaya. Oleh karena itu ada baiknya untuk menyusun strategi promosi melalui media sosial yang banyak digunakan oleh target pasar yang disasar.

Misal kamu membuat konten video pendek di Instagram yang menarik dan bisa menjadi viral. Selanjutnya buat konten tulisan yang bisa melakukan promosi soft selling. Terakhir, gunakan copywriting untuk memberikan diskon atau promo khusus. Bangun brand awareness dulu agar masyarakat tahu kamu ini siapa dan jualannya apa saja.

  1. Memikirkan Cara Bisnis Online yang Tidak Membosankan

Tahukah kamu apa saja yang paling penting dari suatu bisnis selain happy customer dan untung yang sangat besar? Jawabannya adalah inovasi yang berkelanjutan. Kalau kamu memulai bisnis online dan selalu bertahan dengan melakukan hal-hal tradisional seperti yang banyak dilakukan orang lain, kemungkinan terjadi perkembangan akan sangat kecil.

Agar kamu nggak terus bosan melakukan hal yang sama berkali-kali setiap harinya, lebih baik untuk memikirkan inovasi. Pikirkan hal baru dari segi layanan kalau kamu bergerak di bidang jasa, jenis produk kalau kamu menjual sesuatu ke masyarakat. Dengan inovasi ini peluang untuk bertahan dan terus melakukan penetrasi pasar akan besar.

Itulah beberapa ulasan tentang cara bisnis online yang bisa dipraktikkan oleh siapa saja. Semoga ulasan di atas bisa kamu gunakan sebagai rujukan sebelum memulai bisnis online atau membuat startup yang bergerak di bidang jual-beli online yang lebih profesional.