bisnis online terbaru
Bagikan:

Penasaran dengan bisnis online terbaru? Terjun ke bisnis online merupakan salah satu pilihan yang tengah diminati banyak orang. Ada yang memilihnya sebagai usaha sampingan dan ada yang memutuskan untuk melakukannya secara total. Semua tergantung kebutuhan masing-masing. Namun, karena Anda bukan satu-satunya, perencanaan matang tetap perlu. Jangan sampai Anda terjun hanya karena ikut-ikutan, lalu berhenti saat merasa bosan.
Lalu, bisnis online apa yang kira-kira cocok untuk Anda? Mungkin kekhawatiran yang paling sering dirasakan para pemula adalah banyaknya saingan. Apalagi bila kebetulan Anda memilih jenis bisnis yang ternyata sudah dilakukan oleh banyak orang. Kalau sudah begini, apa yang harus dilakukan?
Saatnya melihat dan mempertimbangkan lima (5) bisnis online terbaru yang dapat Anda coba:
1.    Menjual produk virtual melalui blog atau website
Blogging untuk sekadar curhat mungkin sudah biasa. Memanfaatkan blog Anda untuk berbisnis online? Nah, itu baru luar biasa. Tidak hanya barang-barang berwujud fisik, namun produk virtual pun bisa. Contohnya: menjual materi pelatihan, e-book, webinar, dan konten audio dan video yang terkait dengan materi kursus.
2.    Menjual jasa perjodohan lewat website
Ini berbeda dengan layanan kencan biasa lewat website atau aplikasi yang mungkin sudah Anda ketahui. Pastikan konsep dan desain website Anda juga profesional dan tidak asal mempertemukan klien di ruang chat. Anda bisa memasang biaya tambahan untuk klien yang ingin melihat banyak pilihan (misalnya: 20 kandidat potensial daripada hanya sepuluh) namun biaya pendaftaran anggotanya gratis. Pastikan para anggotanya benar-benar serius mencari calon pendamping hidup, bukan hanya untuk kencan dan bersenang-senang. Karena itulah, identitas asli klien sangat diperlukan dan harus dijaga baik-baik privasinya.
3.    Blog-flipping atau jual-beli blog
Bosan dengan domain blog lama? Anda bisa menjualnya kembali. Anda bahkan bisa membeli blog bekas dengan harga lebih murah daripada membuat yang baru. Bisnis online ini sebenarnya sudah cukup lama, meskipun masih jarang dibicarakan. Tentu saja, kebanyakan orang lebih suka membuat domain blog baru yang sesuai dengan keinginan mereka.
4.    Menjadi seorang dropshipper
Apa itu dropshipping? Sekilas terdengar sama seperti reselling, padahal ada bedanya. Seorang reseller harus membeli barang dari supplier atau pemilik barang sebelum menjualnya kepada konsumen, termasuk mengurus pengiriman barang. Nah, seorang dropshipper tidak perlu mengurus pengiriman barang meski nama mereka akan tercantum pada barang yang dikirim sebagai pengirim (yang sebenarnya dilakukan oleh supplier). Tapi, Anda harus rajin berpromosi, baik melalui blog pribadi maupun media sosial. Bisnis online ini cocok sebagai usaha sampingan.
5.    Menjadi seorang virtual architect untuk latar online games
Bisnis online yang satu ini mungkin masih jarang sekali dilirik dan suka dianggap sama dengan usaha web-designing. Padahal, butuh keahlian arsitektur untuk merancang lokasi sebagai latar online games, sama seperti membangun rumah di dunia nyata. Bila Anda seorang arsitek, profesi ini boleh dicoba.
Itulah bisnis online terbaru yang mulai menuai perhatian orang banyak. Ternyata bisnis online yang dapat Anda coba semakin banyak. Mau yang mana?