Bagikan:

Bulan Ramadan atau puasa adalah saat paling ditunggu oleh semua Muslim yang ada di dunia. Selain bisa melakukan ibadah dengan khusuk, mereka juga ingin mendulang rezeki. Pada bulan ini berbagai jenis bisnis bisa dilakukan meski sifatnya singkat. Namun, keuntungan yang didapatkan bisa sangat besar.

Nah, salah satu usaha yang paling banyak dilakukan saat Ramadan adalah bisnis makanan buka puasa. Saat akan berbuka puasa, banyak sekali pasar takjil atau pasar kaget yang bermunculan. Semuanya menjual aneka makanan yang tidak hanya nikmat, tapi sangat khas. Kalau kamu tertarik untuk melakukan bisnis, berikut rekomendasi jajanan buka puasa paling laris.

  1. Aneka Jenis Lauk

Ada satu hal penting yang harus kamu ketahui sebelum memutuskan untuk mulai menjual jajanan buka puasa. Tidak semua orang yang berada di rumah semangat untuk masak. Apalagi saat puasa tubuh akan lemas dan menyebabkan malas memasak. Akhirnya, jalan satu-satunya yang bisa ditempuh adalah membeli lauk.

Kamu boleh menjual aneka jajanan, tapi jangan lupakan lauk untuk dibeli dan disantap di rumah. Lauk yang bisa dijual bisa lauk sederhana seperti goreng tempe, tahu, dadar telur, dadar jagung atau sejenisnya. Sayuran segar seperti sayur ayam, lodeh, sayur bening, hingga sayur sop juga bisa dijual.

  1. Aneka Minuman Segar dan Manis

Kamu tidak perlu bingung kalau mau menjual minuman untuk berbuka puasa. Apa saja yang terlihat segar, manis, dan menarik akan menarik perhatian banyak orang. Seseorang yang sedang puasa biasanya memiliki gula darah yang rendah dan sangat terobsesi dengan sesuatu yang manis untuk membuat lemas segera hilang.

Kalau kamu ingin menjual minuman yang unik dan menarik, boleh melakukan riset terlebih dahulu atau melakukan percobaan. Kalau sudah berhasil baru dijual di pasar takjil yang selalu muncul saat puasa. Pastikan kualitas minuman yang kamu jual tidak menurun agar setiap hari ada pembeli yang kembali lagi.

  1. Kurma dan Camilan Manis

Buah paling khas saat puasa dan Hari Raya adalah kurma. Kamu bisa menjual kurma di pasar takjil untuk mendulang keuntungan. Kurma yang dijual bisa dikemas dalam wadah kecil-kecil dengan harga lebih terjangkau. Kalau kamu ingin melakukan inovasi, kurma bisa dijual dalam bentuk minuman dingin seperti jus atau kue.

Camilan manis juga sangat dicari oleh beberapa orang. Biasanya camilan manis ini dimakan dengan teh saat waktu berbuka tiba. Makanan ini akan difungsikan sebagai takjil sebelum kembali beribadah lalu lanjut makan besar agak malam. Camilan manis yang dijual bisa kue yang dikukus atau kue tradisional yang lebih dicari masyarakat.

  1. Jajanan Buka Puasa Berupa Camilan Asin

Camilan yang asin seperti tempe mendoan, bala-bala, atau apa pun yang digoreng dan memiliki rasa asin biasanya cocok untuk camilan pengganti sesuatu yang manis. Tidak semua orang suka makanan yang manis sehingga kamu wajib mempertimbangkan camilan yang memiliki rasa asin.

Lebih baik lagi kalau kamu menjualnya saat sedang panas atau hangat baru digoreng. Biasanya jajanan yang terlihat tidak panas dan menarik akan dilewati oleh pembeli. Akhirnya banyak bahan makanan yang terbuang dan kamu jadi rugi.

  1. Jajanan Khas Ramadan

Jajanan khas Ramadan biasanya hanya muncul saat puasa saja. Jajanan ini agak unik dan susah dicari. Kalau kamu bisa membuatnya atau mendapatkan supplier yang bisa diambil dalam jumlah banyak kemungkinan besar akan laku keras. Makanan khas ini biasanya berupa makanan tradisional dan memiliki nilai historis yang tinggi.

Inilah rekomendasi beberapa makanan buka puasa yang bisa kamu jadikan peluang bisnis. Lakukan riset dengan baik agar semuanya berjalan dengan lancar. Selain riset tentang makanan, siapkan juga dana atau modal yang digunakan untuk memulai usaha kuliner khas puasa ini.

Kalau kamu kebetulan belum ada dana untuk berbisnis, coba ajukan kredit dengan sistem gadai emas di Pegadaian. Kamu mengambil program Krasida yang dibuat untuk UMKM yang ingin mengembangkan usahanya. Kredit ini bisa memberikan dana minimal Rp1 juta dan waktu pembayaran mulai 6 bulan hingga 36 bulan.

Semoga ulasan di atas bermanfaat dan kamu segera memikirkan usaha musiman berupa jajanan buka puasa. Jangan berpikir atau berbicara terlalu banyak dan segera melakukan aksi agar sukses, begitu kata Walt Disney.