Perencanaan keuangan sebelum lebaran perlu dilakukan dengan baik
Bagikan:

Hadirnya puasa hingga Lebaran sangat ditunggu oleh banyak orang di Indonesia. Pada momen ini, semua orang akan berkumpul, bisa pergi ke kampung halaman, hingga tradisi membeli baju baru. Meski momen ini sangat menyenangkan, tidak semua orang bisa melakukannya dengan sempurna. Masalahnya hanya satu, ya benar sekali, uang.

Karena uang, saat momen puasa dan Lebaran sangat krusial, kamu harus pandai mengaturnya. Kalau tidak bisa mengaturnya dan habis saat puasa, Lebaran tidak akan mendapatkan apa-apa. Berikut beberapa tips perencanaan keuangan jelang Lebaran agar cukup dan semua rencana berjalan dengan lancar.

  1. Perencanaan Keuangan dengan Menabung

Menabunglah sejak jauh-jauh hari. Kamu bisa menabung sejak permulaan puasa atau bahkan 2-3 bulan sebelum Lebaran. Dengan menabung dahulu, kebutuhan saat Lebaran bisa tercukupi dengan mudah. Bahkan, saat puasa kamu tidak perlu terlalu hemat dalam pengeluaran karena Lebaran sudah memiliki dana sendiri.

  1. Hemat Pengeluaran Saat Puasa

Pengeluaran puasa terlihat sangat sedikit, padahal cukup menguras keuangan. Kita akan lebih sering beli makanan di luar. Apalagi kalau sering ke pasar takjil, apa saja bisa dibeli secara berlebihan dan menguras rekening yang dimiliki. Sesekali beli makanan tidak masalah, tapi jangan berlebihan apalagi sampai tidak termakan.

  1. Melakukan Gadai Barang Berharga

Terkadang semua rencana yang sudah dibuat tidak sesuai dengan rencana. Misal ada keperluan mendadak yang membuat alokasi uang dibuat jadi berantakan. Mau mencari pinjaman ke lembaga keuangan takut prosesnya lama dan pasti sulit kalau tidak untuk usaha. Nah, kalau kamu punya masalah seperti ini ada baiknya untuk ke Pegadaian dan mengajukan KCA.

KCA adalah Kredit Cepat Aman yang diberlakukan untuk siapa saja yang ingin dapat dana segar untuk kebutuhan konsumtif atau produktif. Jadi, kalau kamu memiliki emas atau perhiasan yang tidak terpakai, bisa digadaikan sementara waktu agar dana segar untuk Lebaran didapatkan dengan mudah.

Proses pengajuan KCA di Pegadaian cukup mudah dan tidak berbelit-belit. Saat pengajuan, kamu bisa langsung mendapatkan dana segar yang bisa dilunasi hingga 4 bulan atau bisa diperpanjang dengan membayar sewa modal atau beberapa angsuran terlebih dahulu.

  1. Hanya Membeli Barang yang Diperlukan

Hanya beli barang yang kamu butuhkan saja. Misal beli kue untuk di rumah atau beberapa perlengkapan lebaran lainnya. Kalau masih memiliki baju baru, jangan beli lagi karena bisa memperkecil dana yang dimiliki selama Lebaran. Buat dahulu daftar benda atau barang yang bisa dibeli sekarang atau bisa ditunda.

  1. Mengalokasikan Uang dengan Segera

Salah satu kebiasaan buruk yang sering sekali kita lakukan kalau mendapatkan uang banyak seperti THR saat bulan puasa adalah langsung membeli apapun secara impulsif. Padahal uang itu bisa digunakan untuk kebutuhan penting, apalagi kamu musik ke kampung halaman yang lokasinya jauh.

Sebelum uang yang kamu miliki habis begitu saja, ada baiknya untuk segera mengalokasikannya ke pos-pos yang sudah dibuat. Misal uang untuk membayar zakat, uang untuk melakukan sedekah, uang transportasi, hingga uang yang akan dipecahkan untuk diberikan kepada keponakan yang masih kecil.

Inilah beberapa tips perencanaan keuangan yang bisa kamu lakukan agar saat Lebaran tidak kekurangan dan semua rencana yang sudah dibuat bisa berjalan dengan lancar.

Kalau kamu bisa melakukan perencanaan keuangan dengan baik, berapa pun dana yang dimiliki akan cukup. Sebaliknya kalau tidak bisa mengatur, sebanyak apa pun dana yang dimiliki akan habis, seperti yang dikatakan Elizabeth Warren.