Untung dan Rugi Gadai Emas untuk Keperluan Darurat
Bagikan:

Emas merupakan salah satu barang berharga yang jadi pilihan simpanan dan investasi sejak dulu. Saat kondisi darurat, emas dapat dijual dengan mudah. Lalu, mana sebenarnya opsi yang lebih baik: menjual atau menggadaikan emas?

Untuk menjual emas, yang perlu Anda lakukan adalah datang ke toko tempat Anda membelinya (jika emas berupa perhiasan). Jika emas yang Anda miliki berupa emas batangan seperti Antam, Anda dapat menjualnya kembali ke PT Antam atau ke Pegadaian.

Tapi jika Anda merasa sayang melepaskan emas yang dimiliki begitu saja, opsi gadai bisa jadi pilihan. Namun sebelumnya, ada beberapa pertimbangan untung dan rugi yang harus diperhatikan.

Keuntungan menggadaikan emas antara lain:

  • Emas yang dimiliki tidak benar-benar diserahkan kepada pihak lain dan hanya dijadikan jaminan. Artinya, ketika Anda sudah punya uang untuk membayar, barang akan kembali jadi milik Anda
  • Proses pencairan dana juga cenderung cepat
  • Nilai gadai emas masih cukup tinggi dibanding barang-barang lainnya karena harganya bisa diketahui dengan pasti
  • Menghindarkan Anda dari lilitan utang. Banyak orang yang terpaksa berutang saat membutuhkan dana darurat. Menyerahkan emas Anda untuk digadaikan akan menghindarkan Anda dari utang karena ada agunan yang diserahkan kepada penyedia jasa gadai.

Kekurangan menggadaikan emas antara lain:

  • Emas milik untuk sementara akan berada di tangan orang lain dan tidak bisa digunakan
  • Nilai gadai yang Anda dapatkan mungkin tidak sebesar nilai beli emas. Karena harganya cenderung fluktuatif, Anda mungkin harus menggadaikannya saat harga emas lebih murah daripada harga ketika Anda membelinya. Ini membuat Anda tidak bisa mendapatkan nilai gadai yang diharapkan
  • Jika tidak bisa memenuhi tenggat waktu pembayaran, emas Anda akan dilelang oleh pihak penyedia jasa gadai.

Salah satu tempat di mana Anda bisa melakukan gadai emas adalah di Pegadaian. Ada beberapa opsi yang disediakan untuk menggadaikan emas yakni KCA (Kredit Cepat dan Aman), KCA Prima (Kredit Cepat dan Aman Prima), Gadai Bisnis dan Krasida. Pilihlah produk mana yang paling sesuai dengan kebutuhan.