Bagikan:

Memiliki sebuah usaha merupakan impian bagi sebagian banyak orang. Jam kerja yang fleksibel, bisa membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang, melatih jiwa entrepreneurship, dan bebas berkreasi serta berinovasi dalam menjalankan bisnisnya. Dalam membuka sebuah usaha atau bisnis, tentunya diperlukan modal yang cukup sebagai modal investasi awal, modal kerja, dan modal operasional.

Tidak sedikit yang merasa ragu dan terpaksa menunda hingga menguburkan impiannya karena tidak bisa memenuhi modal usaha yang dibutuhkan. Hal ini sebenarnya bukanlah halangan bagi siapapun yang ingin memulai sebuah usaha. Jika sudah mantap berwirausaha, banyak cara yang bisa dilakukan untuk membantu memenuhi modal awal usaha, mulai dari melakukan pinjaman uang kepada orang terdekat, meminjam kepada bank, hingga menggadaikan aset yang dimilikinya, seperti emas dan barang berharga lainnya.

Menggadaikan barang memang menjadi salah satu alternatif yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang. Barang yang digadaikan pun suatu saat masih bisa diambil kembali ketika semua pembiayaan yang harus dibayar sudah dipenuhi. Tapi, bagaimana jika barang yang digadaikan tersebut merupakan barang berharga yang bisa menunjang kelangsungan sebuah usaha atau bisnis?

Saat ingin membuka usaha laundry misalnya, seseorang mungkin membutuhkan kendaraan untuk membeli keperluan laundry atau mengantarkan pakaian yang sudah selesai dibersihkan kepada pelanggan.

Tapi, saat ini sudah banyak pilihan gadai yang tersedia. Tidak hanya berupa barang seperti emas, elektronik, dan kendaraan, tapi BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) pun bisa menjadi barang jaminan untuk digadaikan. Dengan menggadaikan BPKB, seseorang masih bisa menggunakan kendaraan untuk menunjang kelangsungan bisnisnya. Di Pegadaian, hal ini pun bisa dilakukan. Dengan menjaminkan BPKB kendaraan, maka kebutuhan dana bisa terpenuhi. Tak hanya untuk kebutuhan yang produktif, Kreasi Multiguna juga bisa digunakan untuk kebutuhan konsumtif.

Apa Saja Keunggulan Gadai BPKB di Pegadaian?

Ketika menggadaikan BPKB kendaraan di Pegadaian, maka kendaraan masih bisa digunakan untuk operasional. Selain itu, pembiayaan ini bisa diajukan oleh pemilik usaha, karyawan, profesional, maupun pekerja non formal. Pinjaman yang diberikan mulai dari Rp1.000.000 hingga Ro100.000.000 tergantung dengan nilai kendaraan yang BPKBnya dijaminkan.

Sewa modalnya pun ringan, yaitu dimulai dari 1,15% per bulannya dengan jangka waktu yang fleksibel, tergantung kemampuan dan kebutuhan. Selain itu, pinjaman ini bisa dilunasi sewaktu-waktu. Pengajuannya terbilang cepat dan bisa dilakukan langsung melalui cabang Pegadaian terdekat.

Bagaimana Cara Mengajukan Gadai BPKB di Pegadaian?

Untuk bisa menggadaikan BPKB di Pegadaian, Pertama, nasabah melakukan pengajuan di Cabang Pegadaian terdekat sambil melengkapi dokumen yang diperlukan, kemudian tim Pegadaian akan melakukan verifikasi dokumen. Proses selanjutnya adalah Analis Kredit melakukan survei tempat tinggal dan tempat kerja. Jika sudah lulus survei, Tim Pegadaian menyetujui besaran pinjaman. Setelah itu nasabah bisa menerima uang pinjaman dari Pegadaian.

Persyaratan Gadai BPKB di Pegadaian

Saat ingin menggadaikan BPKB di Pegadaian, pastikan nasabah memenuhi persyaratan yang harus dilampirkan. Beberapa dokumen yang harus dilengkapi sebagai persyaratan adalah fotokopi KTP, Kartu Keluarga, STNK dan BPKB kendaraan yang akan dijaminkan, PBB, rekening listrik, dan pas foto. Selain itu, untuk karyawan diperlukan juga fotokopi SK pengangkatan, rekomendasi atasan langsung, dan slip gaji. Untuk non karyawan, perlu melampirkan surat izin praktik atau usaha. Tak lupa, bukti cek fisik kendaraan juga disertakan.

Dimana Pembayaran Angsuran dapat Dilakukan?

Bagi nasabah yang sudah melakukan gadai BPKB di Pegadaian, nasabah bisa melakukan Pembayaran angsuran melalui aplikasi Pegadaian Digital, Agen Pegadaian dan outlet Pegadaian di seluruh Indonesia

Demikian ulasan mengenai gadai BPKB di Pegadaian. Jika Anda berniat untuk melakukan gadai BPKB, perhatikan dengan detail semua persyaratan dan penuhi semua dokumen yang dibutuhkan agar proses pinjaman berjalan dengan lancar.