Pos Pengeluaran Wajib untuk Panduan Mengatur Keuangan
Bagikan:

Setelah terima gaji bulanan, apa nih yang biasanya Sahabat lakukan untuk mengatur keuangan? Bayar belanjaan yang ada di keranjang marketplace? Bayar cicilan hutan? Atau kirim uang ke orang tua di rumah?

Banyak sekali alternatif yang bisa dilakukan setelah pertama kali menerima gaji. Namun, kita juga harus mempertimbangkan prioritas pengeluaran wajib tersebut. Pengeluaran yang penting, harus segera dituntaskan sebelum menggunakan uang untuk pengeluaran lainnya.

Berikut panduan berbagai jenis pos pengeluaran yang penting diprioritaskan dalam mengatur keuangan agar dapat menjaga kondisi finansial Sahabat. Yuk kita pahami bersama!

  1. Pos bayar utang 

Kalau kamu memiliki cicilan atau hutang, jangan lupa sisihkan pendapatan setiap bulannya untuk membayar hutang. Cicilan motor, cicilan mobil, cicilan kartu kredit, dan cicilan-cicilan lainnya harus dilunasi agar hidupmu tenang. Pastikan juga jangan sampai telat karena bisa kena denda.

  1. Pos Pengeluaran untuk Tempat Tinggal

Dalam istilah Jawa, dikenal bahwa kebutuhan pokok terdiri atas sandang (pakaian), papan (tempat tinggal), dan pangan (makanan). Tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan pokok untuk hidup. Maka dari itu, pengeluaran untuk rumah atau tempat tinggal harus diutamakan.

Rumah atau tempat tinggal disini tidak harus berupa rumah sendiri, tetapi termasuk juga rumah kontrakan. Jadi, pastikan Sahabat menyisihkan uang gaji di awal untuk membayar kewajiban tempat tinggal seperti sewa rumah atau bayar cicilan KPR hingga bayar listrik.

  1. Pos Kebutuhan Konsumsi 

Selain tempat tinggal, pengeluaran terpenting berikutnya adalah kebutuhan konsumsi sehari-hari. Tak bisa dipungkiri bahwa makanan tentu saja menjadi kebutuhan utama manusia untuk hidup. Atur pengeluaran di pos ini secermat mungkin dan secukupnya.

Supaya lebih hemat, kamu bisa membuat masakan sendiri di rumah dan mengurangi intensitas membeli makanan di luar karena selain lebih boros, makan masakan sendiri tentu saja lebih terjamin kebersihannya.

  1. Pos Asuransi 

Kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang. Entah itu musibah atau sakit. Sebelum saat itu tiba, kamu perlu mempersiapkan kondisi finansialmu untuk menghadapi kemungkinan buruk tersebut. Pastikan diri sudah terlindungi dengan asuransi kesehatan agar lebih siap menghadapi kondisi tak terduga.

  1. Pos Transportasi 

Sehari-hari kita butuh kendaraan untuk menunjang mobilitas seperti pergi ke kantor, ke pasar, mengantarkan anak ke sekolah, dan lain-lain. Uang transportasi penting untuk disisihkan. Uang transportasi ini meliputi ongkos naik bus, ongkos naik ojek online, beli bensin, parkir, dan lain sebagainya sesuai dengan kendaraan yang biasa digunakan.

  1. Pos Tabungan

Tabungan bertujuan untuk memastikan Sahabat punya dana likuid jika sewaktu-waktu diperlukan. Jangan lupa juga untuk menyisihkan pendapatan untuk dana darurat. Selain dalam wujud uang, menabung juga bisa dilakukan dalam wujud emas.

Emas sendiri sudah menjadi primadona investasi sejak zaman dulu, hal ini karena nilainya yang tahan terhadap inflasi. Pegadaian Tabungan Emas bisa menjadi alternatif pilihan investasi karena sangat mudah dilakukan, aman, dan lebih murah.  Dengan layanan ini, Sahabat bisa melakukan pembelian emas mulai dari 0,01 gram. Tabungan Emas Pegadaian ini memiliki biaya fasilitas titipan yang ringan, nasabah dapat melakukan transfer ke rekening Tabungan Emas mulai dari 0,1 gram, order cetak emas dapat dilakukan mulai dari kepingan 1 gram, dijamin karatase 24 karat, harga jual dan buyback yang kompetitif, serta dapat melakukan buyback mulai dari 1 gram.

  1. Pos biaya pendidikan anak jika sudah memiliki anak 

Semua keluarga pasti masa depan anaknya terjamin, salah satunya melalui pendidikan. Sisihkan uang pendapatan untuk membiayai pendidikan sang buah hati, untuk bayar SPP bulanan, membeli buku, atau biaya kursus. Hal ini bisa dilakukan sejak dini. Kebutuhan jangka panjang seperti ini bisa dilakukan dengan Pegadaian Tabungan Emas yang bisa menjaga nilainya dari inflasi.
Nah, itu dia tujuh pos-pos pengeluaran yang harus kamu prioritaskan. Kalau sudah terpenuhi dan masih ada sisa-sisa uang, kamu bisa manfaatkan untuk hal lain seperti travelling atau untuk memenuhi hobi.