Bagikan:

Ada saat-saat dimana kebutuhan kita lebih banyak dari biasanya. Urusan sekolah anak, biaya servis kendaraan, renovasi rumah, modal tambahan untuk usaha saat ada pesanan dalam jumlah besar, dan biaya tak terduga lainnya di luar rencana post yang sudah disiapkan.

Jika simpanan dana darurat tidak cukup untuk menutupi kebutuhan mendesak tersebut, perlu alternatif lain agar semuanya bisa terpenuhi. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggadaikan aset yang dimiliki, misalnya gadai Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Gadai BPKB merupakan layanan pembiayaan dengan menggunakan BPKB sebagai barang jaminannya. Gadai BPKB ini bisa menjadi pilihan karena meskipun BPKB digadaikan, tetapi kendaraan masih bisa digunakan.Namun, sebelum mulai menggadaikan BPKB, perhatikan beberapa hal berikut ini agar gadai BPKB berjalan lancar.

Tentukan Tempat Gadai

Pastikan kamu memilih tempat gadai yang terpercaya dan Aman seperti PT Pegadaian (Persero). Pegadaian merupakan Badan Usaha Milik Negara yang memiliki berbagai solusi kebutuhan keuangan kamu, salah satunya adalah Gadai BPKB. Karena Pegadaian di bawah pengawasan langsung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kamu tidak perlu khawatir dengan kredibilitasnya.

Pegadaian juga memiliki banyak produk atau layanan yang bisa kamu pilih untuk menggadaikan BPKB. Beberapa produk ini antara lain:

1. KREASI Multi Guna

Pegadaian Kreasi Multi Guna adalah fitur Pembiayaan di Pegadaian yang memberikan kemudahan Layanan kredit mulai dari Rp1 juta sampai dengan Rp100 juta dengan jaminan BPKB kendaraan bermotor untuk keperluan konsumtif dan produktif.

2. Kredit Mikro Pegadaian (KREASI)

Kreasi adalah layanan kredit dengan angsuran per bulan untuk Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan jaminan BPKB kendaraan bermotor.

Dengan produk KREASI, kamu bisa mendapatkan pinjaman mulai dari Rp1.000.000 hingga Rp400.000.000

3. Pegadaian Kreasi Ultra Mikro (KREASI UMI)

Pegadaian Kreasi Ultra Mikro adalah fitur Pegadaian Kreasi yang memberikan kemudahan layanan kredit dengan uang pinjaman 10 juta ke bawah.

KREASI UMI memberikan plafon pinjaman mulai dari Rp1.000.000 hingga Rp10.000.000

4. Pegadaian Arrum BPKB

Pegadaian Arrum merupakan pembiayaan Syariah untuk pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan Jaminan BPKB Kendaraan Bermotor. Arrum BPKB memberikan plafon pinjaman mulai dari 3.000.000-400.000.000.

Siapkan Dokumen Lengkap

Sebelum mendatangi Pegadaian, pastikan kamu sudah menyiapkan dokumen yang dibutuhkan, seperti Kartu TandaPenduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) asli. Untuk Produk Kreasi dan Arrum BPKB pastikan ada surat keterangan usaha ya. Pastikan juga motor di tangan kamu, karena meskipun kamu akan menggadaikan BPKB, tapi motor akan dicek oleh pemberi pinjaman.

Perhatikan Apa Saja Ketentuan Pinjaman

Setelah kamu mempersiapkan dokumen yang harus dipenuhi, Pastikan juga ketentuan pinjaman. Beda produk atau fitur yang dipilih biasanya memiliki persyaratan yang berbeda pula. Perhatikan dengan detail setiap persyaratan dan ketentuannya. Jika ada yang kurang dimengerti, tanyakan kepada pihak pemberi pinjaman,  karena kamu berhak mendapat keterangan yang jelas.

Gunakan Dana Pinjaman dengan Bijak

Jika telah mendapat uang pinjaman, gunakan uang tersebut dengan bijak. Jika ada sisa, pastikan tidak menghamburkan uang tersebut. Lebih baik dijadikan modal usaha ataupun investasi seperti emas, reksa dana, atau pun deposito.

Demikian ulasan mengenai hal Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggadaikan BPKB. Pastikan kamu memahami dan semoga prosesnya berjalan lancar ya sahabat. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut, jangan segan mendatangi outlet Pegadaian terdekat ya.