Peluang Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga
Bagikan:

Saat ini, tidak sedikit working mom yang memilih melepaskan karirnya, terlebih saat sang buah hati lahir. Hal ini membuat mereka memilih untuk menjadi ibu rumah tangga dan fokus mendedikasikan waktunya untuk mengurus rumah, melayani suami, dan mengurus anak. Meskipun bukan pekerjaan ringan, banyak ibu rumah tangga yang merasa kekurangan secara finansial meskipun sudah dipenuhi oleh suami.

Ibu rumah tangga yang sebelumnya aktif bekerja, tidak jarang masih memiliki perasaan ingin produktif finansial secara mandiri atau dengan alasan ingin membantu finansial keluarga, sehingga memiliki double income. Hal ini sangat mungkin sekali dilakukan karena nyatanya sudah banyak ibu rumah tangga yang menjadi mompreneur dan sukses. Berikut ini adalah beberapa bisnis yang bisa dijajaki oleh ibu rumah tangga di sela-sela mengurus pekerjaan rumah.

Bisnis Online

Perkembangan dunia digital yang sangat pesat turut melahirkan berbagai usaha kreatif yang dapat dijalankan oleh ibu rumah tangga. Bagi kamu yang tertarik menjalani bisnis online, kamu bisa memulainya dengan menjadi reseller atau dropshipper. Dengan memilih kedua sistem tersebut, kamu tidak perlu memiliki produk sendiri, melainkan menjual produk orang lain. Kamu juga bisa menggunakan nama toko sendiri dan menentukan harga sendiri.

Modal kedua sistem jualan online tersebut terbilang kecil bahkan bisa dilakukan tanpa modal. Ibu rumah tangga hanya perlu kuota Internet dan rajin mempromosikannya di waktu luang dengan strategi online marketing yang tepat. Kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper di bidang fashion, makanan atau yang sesuai dengan minat kamu.

Katering

Memasak merupakan salah satu potensi yang banyak dimiliki ibu rumah tangga. Jika kamu memiliki skill memasak yang bagus, tidak ada salahnya memanfaatkan keahlian ini dengan menjadikannya sebuah bisnis. Kamu bisa menjalankan bisnis katering untuk acara-acara besar seperti pernikahan, dan lain sebagainya yang dapat langsung menghasilkan keuntungan yang besar karena porsi yang dipesan juga dalam jumlah banyak.

Satu hal yang perlu diperhatikan saat menjalankan bisnis ini yaitu tidak hanya cita rasanya yang enak tetapi juga kemasan, kebersihan dan pelayanan yang baik.

Bisnis Kue

Selain katering, kamu juga bisa membuka bisnis kue jika memiliki hobi membuat kue atau baking. Keuntungan dari bisnis ini terbilang lumayan terutama menjelang hari raya seperti Lebaran dan Natal.

Pertama tama, tentukan jenis kue yang akan dijual, apakah kue kering atau basah atau kombinasi keduanya. Setelah itu promosikan ke orang-orang terdekat dan juga memanfaatkan media sosial. Kamu juga bisa membuka pre order untuk perayaan ulang tahun. Tidak ada salahnya juga loh menitip kue buatan kamu ke toko ritel yang bersedia diajak kerjasama.

Perlengkapan Bayi

Banyak sekali peralatan bayi mulai dari pakaian, perlengkapan makan, perlengkapan mandi, dan lain sebagainya yang bisa dimanfaatkan sebagai bisnis yang menguntungkan. Kamu bisa bergabung dengan ibu rumah tangga atau wanita lain yang mempunyai bayi atau anak sehingga peluang untuk berjualan menjadi lebih besar dan lebih menguntungkan.

Menjadi freelancer

Kalau kamu tipe yang tidak mau pusing berbisnis, kamu tetap bisa mendapatkan penghasilan dengan menjadi freelancer. Menjadi freelancer berarti kamu mengandalkan kemampuan atau keterampilan yang kamu miliki. Kamu bisa menjadi penulis lepas, penerjemah, desainer grafis, admin sosial media, dan lain sebagainya.

Menjual barang untuk dekorasi rumah

Kalau kamu ibu rumah tangga yang suka mendekorasi rumah, kamu bisa menjual barang-barang untuk dekorasi rumah seperti gorden, taplak meja, sarung bantal, penutup kulkas, sarung rice cooker, dan lain sebagainya.

Tips supaya lebih menarik, cobalah untuk melakukan dekorasi ruangan yang ada di rumah menggunakan barang daganganmu. Kemudian ambil foto dan promosikan di sosial mediamu.

Masih banyak lagi peluang bisnis yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga, hal ini bisa disesuaikan dengan minat kamu.Tidak perlu ragu lagi untuk memulai, terutama karena masalah modal. Kalau kamu tidak memiliki cukup dana tetapi memiliki sejumlah emas, kamu bisa mengajukan pinjaman di Pegadaian melalui layanan Krasida.

Krasida merupakan kredit angsuran bulanan untuk keperluan konsumtif dan produktif dengan jaminan emas yang menjadi solusi tepat mendapatkan fasilitas kredit dengan cara cepat, mudah dan murah. Pinjaman yang didapat dari layanan ini mulai dari Rp. 1.000.000,- sampai dengan Rp. 250.000.000,- dengan sewa modal relatif murah dengan angsuran tetap per bulan.

Kelebihan lain dari pinjaman KRASIDA ini adalah berjangka waktu fleksibel dengan pilihan 6 hingga 36 bulan. Pelunasan dapat dilakukan sewaktu-waktu.

Yuk mulai berbisnis!