Simak hal yang perlu diketahui sebagai cara gadai motor di Pegadaian supaya tidak salah langkah.
Bagikan:

“Don’t let people tell you your ideas are stupid. If you’re really passionate about something, find a way to build it.” – Dennis Crowley.

Kamu pasti pernah dihadapkan pada kondisi ketika harus menyelesaikan berbagai kebutuhan mendesak tetapi kemampuan finansial sedang tidak mendukung. Misalnya, kamu membutuhkan sejumlah modal untuk mendirikan sebuah usaha, atau kamu sedang membutuhkan banyak uang untuk mencukupi keperluan.

Pernah terpikirkan untuk menggadaikan barang-barang kesayangan untuk mendapatkan uang yang kamu butuhkan? Pastinya. Terlebih jika kamu tidak ingin merepotkan pihak atau orang-orang terdekat. Pikiran tersebut tidak sepenuhnya salah, karena tak seperti menjual, menggadaikan tidak membuat kamu kehilangan barang kesayangan seutuhnya. Contohnya, kamu ingin melakukan gadai motor di Pegadaian.

Pegadaian memang menjadi wadah paling tepat untuk kamu yang ingin menggadaikan barang secara aman. Tidak hanya itu, sewa modal yang harus kamu tanggung pun tidak besar, dengan cicilan pengembalian ringan dan proses pencairan yang terbilang cepat. Lalu, bagaimana caranya gadai kendaraan di Pegadaian?

  • Sebelum Gadai Motor di Pegadaian, Lengkapi Persyaratannya

Sebelum pergi ke Pegadaian untuk gadai motor, hal pertama yang perlu kamu tahu adalah apa saja persyaratan yang dibutuhkan. Paling utama, pastikan bahwa motormu tidak sedang berada dalam sengketa atau perselisihan. Selain itu, tentu saja motor yang akan kamu gadaikan adalah motormu sendiri, bukan punya orangtua, kakak, adik, bahkan teman ya!

Selanjutnya, lengkapi surat-surat pendukung yang dibutuhkan, seperti identitas diri (asli dan salinannya), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) asli dan salinannya, dan yang tak kalah pentingnya, BPKB asli motor yang akan kamu gadaikan. Bawa semua persyaratan berikut kendaraan kamu ke kantor Pegadaian terdekat, selanjutnya petugas akan menaksir berapa besarnya pinjaman yang akan kamu dapatkan melalui kondisi kendaraan.

Syarat kendaraan yang bisa digadaikan adalah sebagai berikut:

  1. Roda dua (motor) plat hitam dengan masa penggunaan maksimal 15 tahun.
  2. Kendaraan roda tiga plat hitam masa pakai maksimal 10 tahun.
  3. Kendaraan roda empat, enam, delapan, dan sepuluh plat hitam dengan masa pakai maksimal 25 tahun.
  4. Kendaraan roda empat, roda enam, delapan, dan roda sepuluh plat kuning dengan masa pakai maksimal 20 tahun.
  • Kenali Produk Pegadaian yang Melayani Gadai Motor

Setelah kamu melengkapi segala dokumen persyaratannya, hal berikutnya yang perlu kamu ketahui adalah produk Pegadaian apa saja yang cocok untuk gadai kendaraan. Pasalnya, tidak semua produk yang ada di perusahaan BUMN ini bisa menerima kendaraan sebagai jaminan. Lalu, apa saja produknya?

1. Kredit Cepat Aman (KCA)

Kamu bisa memilih KCA untuk menggadaikan motor. Keunggulan utama yang dimiliki produk Pegadaian ini adalah prosedur pencairannya yang cepat dan mudah. Nominal pinjaman yang bisa kamu dapatkan pun mencapai Rp500 juta atau lebih.

Adapun jangka waktu pengembalian pinjaman melalui program KCA ini juga terbilang ringan, yaitu selama 4 bulan. Nah, jika kamu masih belum melunasinya hingga mendekati waktu tenggat, periode pelunasan bisa kamu perpanjang hingga lebih dari sekali.

2. Kreasi

Untuk pengusaha mikro kamu bisa memilih Kreasi, pengajuan kredit dengan jaminan BPKB di Pegadaian. Sewa modal terjangkau dengan angsuran tetap per bulan. Plafon pinjaman yang diberikan mulai dari Rp1 juta hingga Rp400 juta dengan jangka waktu yang bisa kamu sesuaikan, mulai dari 12, 18, 24, hingga 36 bulan.

3. Kreasi Multi Guna

Ada pula Kreasi Multi Guna, pengajuan kredit dengan jaminan BPKB di Pegadaian, untuk karyawan tetap maupun tidak tetap, honorer, professional dan pekerja non formal. Plafon pinjaman yang diberikan mulai dari Rp1 juta hingga Rp100 juta dengan jangka waktu yang bisa kamu sesuaikan, mulai dari 12, 18, 24, hingga 36 bulan.

4. Gadai Fleksi

Terakhir adalah program Gadai Fleksi, layanan kredit aman dan cepat dengan biaya admin hanya sebesar 1 persen dari uang pinjaman yang akan dihitung ketika pelunasan. Tarif sewa modal Gadai Fleksi dihitung harian, tarif tetap 0,5% untuk 5 (lima) hari pertama dan tarif harian selanjutnya 0,1% per hari

Nah, itu tadi cara gadai motor di Pegadaian yang perlu kamu tahu. Sekarang, mendapatkan pinjaman sudah lebih mudah tanpa harus melalui proses yang rumit, bahkan berisiko kehilangan barang kesayangan. Semoga bermanfaat.