Gadai laptop dapat dijadikan solusi ketika kita sedang membutuhkan dana tambahan.
Bagikan:

“Your time is limited. Don’t waste it living someone else’s life.” – Steve Jobs

Setiap kebutuhan harian kamu tidak pernah lepas dari uang. Inilah mengapa demi mendapatkannya, kamu perlu bekerja keras, bahkan menuntut kamu untuk memiliki pekerjaan sampingan supaya bisa mendapatkan dana tambahan. Namun, mendesaknya kebutuhan terkadang membuat tabungan yang kamu miliki tidak mencukupi, dan dengan segera, kamu perlu dana tambahan. Menggadaikan barang pun menjadi alternatif yang kamu pilih.

Lalu, apakah bisa gadai laptop di Pegadaian? Jawabannya tentu saja bisa. Bahkan, tak hanya laptop, emas, barang elektronik lain, hingga kendaraan pun bisa kamu gadaikan di Pegadaian. Namun, sebelum kamu menggadaikannya, terlebih dahulu kamu perlu mengetahui apa syarat-syarat yang harus dipenuhi.

Syarat Gadai Laptop di Pegadaian

Untuk menggadaikan laptop di Pegadaian, kamu bisa memanfaatkan layanan Gadai Elektronik dari KCA (Kredit Cepat Aman). Selain laptop yang akan kamu gadaikan, ada syarat lain yang harus kamu persiapkan, seperti kuitansi asli dari laptop yang kamu beli untuk menunjukkan kisaran harga barang tersebut. Jangan lupa untuk menyiapkan data diri kamu, seperti KTP dan dokumen lain yang diperlukan supaya proses gadai yang kamu lakukan tidak menemui kendala. Nantinya, petugas akan membantu kamu menaksir harga pinjaman yang bisa kamu dapatkan dari kondisi laptop yang akan kamu gadaikan.

Tips Sukses Lakukan Gadai Laptop di Pegadaian

Sekilas, menggadaikan laptop di Pegadaian memang bukan hal yang sulit dilakukan. Meski begitu, akan lebih baik jika kamu mengetahui dan melakukan tips berikut ini agar proses gadai yang kamu lakukan berjalan lancar. Apa saja? Berikut beberapa di antaranya:

  1. Lakukan Survei Terlebih Dahulu
    Pertama, pastikan kamu sudah melakukan survei sebelum memutuskan untuk menjaminkan laptopmu dengan sejumlah uang. Survei ini berkaitan dengan taksiran harga dari laptop tersebut, karena kamu tidak pernah tahu berapa standar harga yang akan diberikan.
    Apabila kondisi laptopmu sudah lebih dari satu tahun, biasanya harga yang diberikan tidak akan terlalu tinggi. Namun, jika laptop yang kamu miliki baru saja kamu beli dalam jangka waktu kurang dari satu tahun, kamu bisa mendapatkan uang pinjaman dalam jumlah yang lebih besar. Informasi ini bisa kamu berikan pada petugas ketika kamu melakukan proses penggadaian, sehingga mengurangi terjadinya kesalahpahaman.
  2. Siapkan Laptop dan Semua Dokumen yang Dibutuhkan
    Setelah melakukan survei, kamu lalu bisa menyiapkan laptop berikut kuitansi pembelian yang asli, sebagai bukti bahwa kamu memang membeli laptop tersebut di toko tertentu dengan sejumlah harga yang terbilang sesuai. Tak adanya kuitansi akan membuat kamu kesulitan menggadaikan laptop, karena bisa saja kamu mengarang tafsiran harga dari barang tersebut.
    Lalu, jangan lupa juga untuk menyiapkan segala persyaratan lainnya, seperti kartu identitas diri berupa KTP atau SIM asli berikut salinannya. Di kantor Pegadaian, nanti kamu akan diminta untuk mengisi formulir.
  3. Pelajari Sistem Gadai Laptop di Pegadaian
    Setiap barang yang akan kamu gadaikan di Pegadaian memiliki persyaratannya masing-masing. Persyaratan untuk gadai laptop tidak berbeda jauh dengan gadai emas atau kendaraan. Alangkah baiknya jika kamu membaca dengan teliti sistem penggadaian laptop di kantor Pegadaian, agar kamu tidak salah informasi nantinya.
    Sebab, nantinya petugas akan menaksir laptop yang hendak kamu gadai untuk mendapatkan besaran pinjaman yang sesuai dengan kondisi laptop tersebut. Jika kamu merasa kurang jelas atau belum yakin dengan apa yang kamu baca, kamu bisa bertanya langsung pada petugas Pegadaian, agar informasi dan penjelasan yang kamu dapatkan lebih jelas. Kamu juga bisa sekaligus bertanya mengenai jumlah pinjaman berikut sistem pengembaliannya.
  4. Mengetahui dan Memahami Sistem Pembayaran di Pegadaian
    Inilah tips penting berikutnya yang tidak boleh kamu lupakan, yaitu mengetahui sekaligus mempelajari bagaimana sistem pembayaran gadai laptop di Pegadaian. Pada Pegadaian, sistem sewa modal yang diterapkan per 15 hari. Pinjaman diberikan jangka waktu selama 4 bulan dan dapat diperpanjang berkali-kali. Nantinya perhitungan sewa modal dilakukan selama masa pinjaman. Kamu sebagai nasabah juga bisa melakukan pelunasan sewaktu-waktu. Pegadaian akan memberikan dana pinjaman ke nasabah dalam bentuk tunai atau ditransfer ke rekening nasabah.

Itu tadi ulasan singkat mengenai cara gadai laptop di Pegadaian yang perlu kamu ketahui. Kapan pun kamu membutuhkan dana mendesak, jangan ragu untuk segera mengunjungi Pegadaian. Semoga bermanfaat, Sahabat!