Kamu bisa mengambil kredit di Pegadaian jika membutuhkan dana darurat. Apa saja langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk itu?
Bagikan:

Apakah hanya barang berupa emas saja yang bisa digadaikan ketika kondisi ekonomi sedang kurang baik? Ternyata, tidak! Ada layanan kredit di Pegadaian dengan agunan berupa barang-barang berharga, seperti smartphone, sepeda motor, kamera, dan berbagai barang elektronik.

Fitur Gadai Fleksi di Pegadaian

Untuk menggadaikan barang-barang tersebut secara mudah, kamu dapat memanfaatkan layanan Gadai Fleksi yang disediakan oleh Pegadaian. Syarat untuk melakukannya sangat mudah, yaitu menyerahkan fotokopi KTP atau identitas diri lain yang masih berlaku, menyerahkan barang jaminan, serta menandatangani Surat Bukti Kredit (SBK).

Ada sejumlah keuntungan yang bisa kamu nikmati dari fitur Gadai Fleksi di Pegadaian, antara lain:

  • Kamu dapat memilih jangka waktu pinjaman, mulai dari 15 hari, 30 hari, atau 60 hari.
  • Kamu dapat menggunakan barang berupa emas perhiasan, emas batangan, berlian, smartphone, kendaraan bermotor, kamera, atau barang elektronik, sebagai jaminan.
  • Biaya administrasi yang perlu kamu bayar adalah 1% dari jumlah uang pinjaman. Biaya ini akan dibayar saat pelunasan.
  • Tarif sewa atau bunga akan dihitung secara harian. Tarif tetap pada 5 hari pertama adalah 0,5%. Selanjutnya, tarif harian adalah 0,1% per hari.

Tarif Sewa Gadai Fleksi

Sebelum mengambil kredit di Pegadaian, kamu perlu mengetahui lebih jauh tentang tarif sewa yang ditentukan, khususnya untuk produk Gadai Fleksi. Berdasarkan Perdir 14 Tahun 2016 yang berlaku mulai 1 Juni 2016, tarif sewa modal 5 hari pertama dihitung 5x tarif sewa modal harian.

Tarif tersebut dibagi dalam 4 golongan, yaitu golongan A, B, C, dan D. Ada perbedaan tarif di tiap golongan, yaitu berdasarkan jenis barang yang digadaikan. Barang jaminan dibagi dalam 4 kelompok, yaitu Barang Kantong (BK), Kendaraan Bermotor (KB), Barang Elektronik (EL), dan Barang Gudang (BG).

Cara melakukan gadai pun sangat mudah. Kamu hanya perlu datang ke gerai Pegadaian terdekat sambil membawa barang jaminan dan kartu identitas diri. Selanjutnya, barang jaminan akan ditaksir oleh petugas Penaksir. Uang pinjaman diberikan sesuai jumlah taksiran. Nah, praktis sekali, bukan? Jadi, kredit di Pegadaian saja untuk memenuhi kebutuhan mendesakmu.