Mengatur keuangan memang hal yang tak mudah. Namun, apabila Kamu butuh uang dalam waktu yang cepat, maka ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Seperti menjual aset berharga atau bahkan hanya menyewakannya.
Bagikan:

Mengatur keuangan adalah hal yang susah-susah gampang untuk dilakukan. Apalagi untuk Anda yang memiliki usaha sendiri. Perputaran uang terkadang begitu cepat. Meskipun telah merinci dengan detail pengeluaran dan pemasukan, terkadang ada saja hal-hal mendesak yang harus segera ditangani. Mulai dari krisis yang datang tiba-tiba ataupun ada musibah di dalam keluarga. Tentu tak ada yang ingin hal-hal tersebut terjadi. Namun bila saatnya tiba, perlu dipikirkan solusi terbaik agar tidak membuat usaha bangkrut dan kondisi keuangan menjadi kolaps. Nah, Anda bisa mencoba solusi berikut saat kondisi benar-benar butuh uang.

  • Mencari Peruntungan ke Pegadaian

Terkenal dengan semboyan “Mengatasi Masalah Tanpa Masalah”, Pegadaian telah menjadi primadona solusi masalah butuh uang cepat bahkan sejak zaman kakek nenek. Berdiri sejak tahun 1901, BUMN yang bergerak di bidang keuangan ini telah memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat untuk mengajukan pinjaman uang dalam waktu cepat. Cukup dengan membawa jaminan benda bergerak seperti motor, mobil, emas perhiasan, logam mulia, atau barang elektronik, pinjaman dapat diajukan dan pembayarannya dapat dicicil dengan sangat mudah sesuai kemampuan.

Setelah dilakukan pemeriksaan kondisi barang oleh petugas, Anda dapat segera mendapatkan uangnya. Seiring berjalannya waktu, layanan Pegadaian juga kini makin profesional. Telah tersedia berbagai paket kredit sesuai kebutuhan Anda, seperti investasi emas, pembiayaan kendaraan, ataupun pinjaman untuk ekspansi bisnis.

  • Menjual Aset Berharga

Coba tengok ke lemari, adakah perhiasan yang lama tak dimanfaatkan? Ataukah ada kendaraan menganggur di garasi dan jarang dipakai? Mungkin Anda teringat masih memiliki simpanan tanah di desa yang cukup luas? Menjual aset atau barang berharga bisa jadi pilihan saat butuh uang dengan cepat. Cara ini cukup aman dilakukan karena tidak menimbulkan beban di kemudian hari. Dalam menjual barang, Anda perlu memilih akan menjual ke mana. Apakah melalui toko online, melalui agen resmi, atau sekadar kenalan yang Anda percayai. Untuk menentukan harga pun sebaiknya tidak sembarangan. Meski butuh uang dalam waktu cepat, bersabarlah sedikit agar harga yang didapat tidak terlalu jauh dari perkiraan. Namun, salah satu kekurangan saat menjual aset berharga adalah barang tersebut akan lepas dari tangan Anda. Jika ingin memilikinya kembali, kemungkinan besar harganya tidak akan sama seperti pertama kali Anda membelinya.

  • Menyewakan Aset yang Dimiliki

Anda pasti memutar otak untuk mencari solusi yang aman namun menghasilkan saat butuh uang dengan cepat. Menyewakan aset yang dimiliki bisa jadi salah satu jalan keluar.

Apabila Anda memiliki rumah atau tanah yang “menganggur”, cobalah untuk menyewakannya. Rumah bisa disewa untuk hunian dan minta dibayar di muka agar Anda cepat memegang uang. Jika rumah Anda cukup unik dan menarik, mungkin akan ada rumah produksi yang mau menyewanya untuk lokasi syuting. Begitu juga dengan tanah/sawah, Anda bisa menyewakannya untuk ditanami oleh orang lain atau dimanfaatkan untuk usaha.

Selain rumah, Anda juga bisa menyewakan kendaraan seperti mobil atau motor untuk dipakai orang lain. Bila ingin tetap bisa mengendarai mobil tapi menghasilkan uang, tawarkan saja jasa pasang iklan di bodi mobil. Hanya tinggal mengizinkan mobil Anda “dipercantik” oleh iklan dari perusahaan tertentu, Anda akan mendapatkan uang dari tiap kilometer yang ditempuh.

Ada pula aset lain yang lebih kecil, tetapi berguna bila disewakan. Misalnya saja koleksi peralatan dapur seperti panci, piring, gelas, dan sendok yang banyak dicari ketika ada hajatan. Mungkin juga Anda punya peralatan mendaki gunung yang sudah mulai berdebu di lemari. Atau, Anda memiliki segudang mainan anak yang kini tak terpakai lagi?

Nah, menyewakan barang yang biasa dipakai sehari-hari juga akan sangat membantu bagi yang membutuhkan. Apalagi sekarang telah banyak aplikasi online yang dapat membantu memudahkan Anda berhubungan dengan calon penyewa. Demi mendapat uang dengan cepat, mengapa tidak dicoba?

Demikianlah beberapa solusi saat butuh uang. Apa pun pilihan Anda, pertimbangkan dengan bijak sebelum mengambil keputusan. Semoga bermanfaat!

Jika ingin butuh uang cepat maka kamu wajib mengetahui jurus dalam mengelola keuangan dengan mengunduh ebook ini.

Download Ebook Jurus Mengelola Keuangan (PART 1) Di Sini.