Bayar dan cek tagihan listrik bulanan kamu melalui pegadaian
Bagikan:

“Technology makes things faster and more cost-effective, but it’s not perfect. it requires you to be as flexible as you can be”-John Philips (musisi)

Di era modern seperti sekarang, listrik menjadi kebutuhan pokok yang berperan menopang kehidupan manusia. Tanpa listrik, kamu  pun tidak akan bisa menyelesaikan tugas sehari-hari seperti menyalakan lampu dan bermain internet.

Dalam praktiknya, harga listrik bergantung pada penggunaanya. Untuk kamu yang ingin tahu berapa tagihan listrik bulanan kamu, kini kamu bisa melakukannya secara praktis dengan mengikuti panduan bayar dan cek tagihan listrik lewat HP berikut ini.

Cara Cek Tagihan Listrik Bulanan Lewat HP

  • Menghubungi call centre PLN

Untuk kamu yang ingin cek tagihan listrik bulanan melalui telepon, silakan lakukan panggilan telepon ke nomor 123. Oh iya, jangan lupa tambahkan kode area kota kamu, misalnya 021 untuk Jakarta, 022 untuk Bandung, dan lain sebagainya. Nantinya, kamu akan dihubungkan ke layanan costumer service. Setelah itu, kamu tinggal mengikuti petunjuk yang diberikan oleh pihak call centre.

Sebagai informasi tambahan, kamu akan dikenakan tarif normal untuk panggilan ini. Guna memaksimalkan pelayanan kepada pelanggan, call centre PLN tersedia selama 24 jam.

  • Kirim SMS ke 8123

Cara selanjutnya untuk mengetahui berapa tagihan listrik yang harus kamu bayar adalah memanfaatkan layanan SMS gateway. Caranya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu mengirim pesan dengan format REK<spasi>NO ID Pelanggan dan kirim ke 8123. Contohnya, REK 8990987689 dan kirim ke 8123.

Kalau ingin mendapatkan pemberitahuan rutin terkait tagihan listrik, silakan kirim SMS dengan format PLN<spasi>ON<spasi>NO ID Pelanggan. Adapun cek tagihan via SMS akan dikenakan tarif sekitar Rp500 dan PPN 10% per SMS.

  • Via website PLN

Cara praktis lain untuk mengecek tagihan listrik adalah melalui website resmi PLN. Pertama-tama, buka situs PLN yang beralamatkan di http://www.pln.co.id/info-rekening/tagihan.php kemudian masukkan ID pelanggan ke dalam kolom No Pelanggan. Klik tombol Cek Tagihan, selanjutnya kamu akan mendapatkan informasi tentang nama pelanggan, daya yang digunakan, dan biaya tagihan listrik.

  • Menggunakan jasa toko online

Selanjutnya, kamu bisa memanfaatkan sejumlah situs e-commerce yang menyediakan fitur  cek tagihan listrik bulanan secara online. Kamu tinggal mencari menu Listrik PLN atau PLN kemudian masukkan ID pelanggan dan detail informasi tagihan listrik pun akan tampil.

  • Unduh aplikasi PLN Mobile

Kabar gembira untuk pengguna Android dan iOS, kini kamu bisa mengunduh aplikasi PLN Mobile untuk mengecek tagihan listrik. Adapun langkah-langkah untuk cek tagihan listrik adalah pilih menu Informasi pada tab Menu. Selanjutnya klik Informasi Tagihan dan Token Listrik, masukkan ID pelanggan atau nomor meteran kamu dan tekan tombol Cari. Bila data yang kamu masukkan benar, aplikasi akan menampilkan informasi status tagihan listrik beserta nominalnya.

Selain digunakan untuk mengecek tagihan listrik, PLN Mobile juga bisa kamu gunakan untuk cek riwayat pemakaian kwh listrik, sarana pengaduan keluhan pelanggan, dan informasi status listrik.

Panduan Bayar Tagihan Listrik Bulanan Via HP

  • Via e-commerce

Sama halnya dengan cek tagihan listrik, kamu pun bisa memanfaatkan e-commerce yang menyediakan fitur pembayaran listrik. Fitur pembayaran listrik biasanya akan dibedakan menjadi dua, token atau tagihan listrik. Yang perlu kamu lakukan adalah memilih jenis tagihan listrik. Selanjutnya masukkan ID pelanggan dan tekan tombol Bayar.

  • Bayar lewat SMS

Bila ingin membayar tagihan listrik melalui SMS, pertama-tama kamu harus terdaftar di layanan SMS banking yang disediakan oleh bank-bank yang bekerja sama dengan PLN seperti Mandiri, BRI, dan BNI. Setelah itu, kamu tinggal kirim SMS dengan format BYR PLN <spasi> kode rek <spasi> 12 digit ID pelanggan. Misalnya, BYR PLN 1 547300351523 dan kirim ke 3355.

Selanjutnya, kamu akan diminta untuk konfirmasi transaksi. Setelah itu, kamu harus memasukkan kombinasi PIN yang diminta kemudian kirim kembali ke 3355. Apabila kamu menggunakan bank selain nama di atas, kamu bisa cek di situs bank yang bersangkutan.

Manfaatkan Fasilitas Multi Payment Online (MPO) dari Pegadaian

Paket internet habis dan kamu perlu bayar tagihan listrik? Nah, kamu bisa memanfaatkan layanan dari Pegadaian untuk melakukan pembayaran tagihan listrik atau dikenal dengan layanan Multi Payment Online (MPO) yang dilayani di seluruh outlet Pegadaian dan juga melalui aplikasi Pegadaian Digital, kamu bisa melakukan pembayaran secara real time sehingga kenyamanan dan kepastian saat transaksi pun lebih terjamin.

Nah, itulah sejumlah cara yang bisa kamu praktikkan untuk mengecek dan membayar tagihan listrik bulanan. Dengan memanfaatkan pembayaran lewat HP, pekerjaan rumah pun jadi lebih efisien. Mengingat kian hari harga listrik kian meningkat, kamu pun perlu menggunakan listrik dengan bijak untuk menekan pengeluaran bulanan.