jaminan kredit
Bagikan:

Kebutuhan dana segar sering kali datang tak terduga. Ketika tiba-tiba Anda ditawari tempat baru untuk usaha, ketika harus upgrade peralatan kerja, atau ketika ada keperluan lain yang membutuhkan banyak biaya. Beragam solusi bisa ditempuh, misalnya menjual kendaraan atau aset yang Anda miliki. Risikonya, belum tentu bisa mendapatkannya kembali dalam waktu singkat. Maka, langkah penyelamatan yang lebih aman yaitu menyerahkan barang sebagai jaminan kredit ke Pegadaian.

Bagi Anda yang belum mempunyai pengalaman, ada beberapa ketentuan yang harus dipahami sebelum menggadaikan barang ke Pegadaian, seperti di bawah ini:

  • Ketentuan Barang Jaminan

Barang jaminan yang harus diserahkan untuk memperoleh pinjaman harus mempunyai nilai gadai. Nilai tersebut ditaksir oleh Pegadaian untuk menentukan besar pinjaman yang bisa diberikan.

  • Biaya Administrasi

Biaya administrasi untuk transaksi di Pegadaian adalah sebesar 1% dari nilai pinjaman. Biaya ini dapat dibayarkan tunai atau dipotong dari pinjaman yang akan dicairkan.

  • Jangka Waktu Pinjaman

Jangka waktu peminjaman di Pegadaian bervariasi. Apabila waktu tersebut telah berakhir, Anda harus menebus barang dengan membayar pinjaman beserta sewa modalnya.

  • Pelunasan

Pelunasan pinjaman dapat dilakukan tanpa menunggu jatuh tempo. Pelunasan sebelum waktunya dapat memperkecil sewa modal karena dihitung per 15 hari. Jika sampai jatuh tempo Anda belum bisa melunasi, jangka waktu bisa diperpanjang hingga 120 hari dengan membayar sewa modal terlebih dahulu.

  • Pelelangan

Jika Anda tidak menebus atau memperpanjang masa pinjaman, Pegadaian akan melelang barang gadai tersebut. Sisa dari lelang (jika ada) akan dikembalikan, sebaliknya jika hasil lelang tidak mencukupi maka Anda harus membayar sisanya.

Pegadaian menawarkan berbagai opsi kredit kepada masyarakat dengan ketentuan yang berbeda-beda seperti Krasida, Kredit Cepat & Aman (KCA) dan Kreasi. Adapun aset-aset yang bisa dijadikan jaminan kredit di Pegadaian yaitu sebagai berikut:

  1. Kendaraan Bermotor

Mempunyai kendaraan bermotor sendiri mempunyai banyak keuntungan, salah satunya mempermudah permohonan kredit. Prosedurnya, dengan membawa STNK dan BPKB kendaraan ke Pegadaian untuk dijadikan jaminan.

Namun, ada kriteria kendaraan yang layak diajukan sebagai jaminan kredit. Untuk sepeda motor, masa produksinya minimal 5 tahun terakhir. Merek sepeda motor harus sesuai dengan merek yang telah beredar di pasaran, selain pabrikan Tiongkok. Sementara untuk mobil, syaratnya mempunyai masa produksi minimal 10 tahun terakhir.

Untuk produk-produk kredit tertentu seperti KCA dan Kreasi, Anda dapat menyerahkan surat-surat kendaraan sebagai jaminan, sementara kendaraan bisa tetap digunakan.

  1. Barang Elektronik

Barang elektronik rumah tangga yang Anda miliki, seperti televisi dan kulkas, juga dapat dijadikan sebagai jaminan kredit. Barang tersebut minimal harus mempunyai masa produksi 1 tahun terakhir. Model barang elektronik juga harus sesuai dengan yang beredar di pasaran saat ini, misalnya televisi dengan model LED.

Jaminan bisa Anda bawa ke Pegadaian beserta kuitansi pembelian dan kartu garansi (jika ada). Pastikan barang dalam keadaan baik dan tidak terdapat kerusakan atau cacat. Barang tersebut bisa digadaikan lewat KCA dengan nominal pencairan mulai dari Rp 50.000,00.

  1. Emas

Emas mempunyai likuiditas tinggi dalam dunia investasi. Jika memerlukan dana dan Anda mempunyai emas, tidak perlu khawatir. Temukan orang yang tepat untuk membelinya dengan harga yang menguntungkan. Tetapi kalau Anda masih terlalu sayang melepas logam mulia ini, satu-satunya jalan adalah dengan menggadaikannya.

Tidak sampai 30 menit, Anda bisa membawa pulang dana, dengan mengisi formulir, menyerahkan fotokopi KTP, dan sertifikat atau surat-surat emas selain menyerahkan emas yang akan digadaikan. Pencairan yang bisa Anda peroleh dengan jaminan emas mencapai 85 persen.

  1. Gawai

Pegadaian juga menerima jaminan kredit berupa gawai terkini seperti telepon pintar dan laptop melalui produk KCA. Tidak semua jenis barang tersebut bisa digadaikan. Syarat laptop yang layak digadaikan kini minimal mempunyai prosesor Core i3. Sedangkan smartphone, diutamakan model yang terbaru, utuh, dan disertai aksesori dan kuitansi pembelian. Lampirkan juga fotokopi identitas Anda saat mengajukan barang ke Pegadaian.

  1. Kamera

Kamera berteknologi tinggi seperti DSLR dan mirrorless dapat dijadikan jaminan kredit, jika masa pemakaiannya tidak melebihi satu tahun. Kamera harus dalam keadaan dapat digunakan dengan baik dan tidak terdapat kecacatan baik fisik maupun perangkat lunaknya. Sertakan juga kuitansi pembelian barang dan kartu garansi apabila Anda masih menyimpannya.

Pastikan mengembalikan pinjaman tepat pada waktunya agar jaminan kredit bisa kembali ke tangan Anda. Upayakan bijak dalam mengelola keuangan Anda. Ada baiknya ikuti kata John Ruskin, “Bukan seberapa banyak orang menghasilkan uang, melainkan untuk tujuan apa uang itu digunakan.” Semoga bermanfaat!