Bagikan:

Berapa gaji yang biasanya Anda terima setiap bulan? Apakah jumlah tersebut cukup atau cenderung pas-pasan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari? Tidak sedikit karyawan yang mengeluhkan masalah keuangan pribadi mereka. Penyebabnya, gaji yang diterima dianggap terlalu kecil. Sementara itu, ada begitu banyak kebutuhan yang harus dipenuhi.

Sebenarnya, besar tidaknya gaji adalah sesuatu yang relatif. Di balik itu, ada rahasia penting supaya pendapatan selalu cukup, yaitu dengan cermat mengatur keuangan pribadi. Nah, bagi Anda yang ingin agar gaji bulanan cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan:

  1. Membuat Rencana Pengeluaran

Meskipun terdengar klise, cara ini sangat efektif untuk menjaga agar gaji tidak sekadar mampir di kantong. Dengan membuat rencana pengeluaran, Anda akan mengetahui hal-hal apa saja yang harus dipenuhi dan apa yang bisa ditunda. Di dalam sebuah rencana pengeluaran, Anda sebaiknya menentukan keperluan yang menjadi prioritas dan menganggarkan dana untuk itu.

Cara membuat rencana pengeluaran cukup mudah. Intinya, pastikan jumlah pengeluaran lebih kecil daripada pemasukan. Apabila lebih besar, itu berarti Anda harus berhutang. Sebaliknya, jika lebih kecil, itu berarti Anda memiliki kesempatan untuk menabung.

Menabung pun tidak hanya terbatas dalam bentuk uang saja, tetapi juga bisa dalam bentuk emas. Salah satunya dengan memanfaatkan produk Tabungan Emas dari Pegadaian. Di sini, Anda bisa dengan mudah mendapatkan emas berkualitas keluaran PT Antam atau PT UBS. Misal Anda merasa gaji kecil menutup kemungkinan untuk mendapatkan emas, jangan khawatir karena lewat Tabungan Emas Anda bisa menabung mulai dari Rp 5.000-an atau setara dengan 0,01 gram.

Selain itu, prinsip penting yang tidak boleh diabaikan setelah membuat rencana pengeluaran adalah disiplin menjalankannya. Diperlukan juga pengendalian diri supaya rencana tersebut dapat benar-benar dilaksanakan. Tabungan Emas pun baru bisa dicairkan jika saldonya sudah mencapai emas setara 1 gram.

  1. Hemat
Baca juga  5 Cara Menyisihkan Uang dari Hasil Usaha

Apabila gaji Anda pas-pasan, cara terbaik untuk mengatur keuangan pribadi supaya cukup untuk membayar biaya kebutuhan sehari-hari adalah dengan berhemat. Hemat dalam hal ini bukan berarti pelit hingga merugikan diri sendiri. Jika ada keperluan yang harus dibeli atau dipenuhi, sebaiknya jangan ditunda atau dikurangi.

Salah satu contohnya mengurangi jatah makan atau kualitas makanan. Melakukan ini justru bisa berdampak buruk pada tubuh. Pada akhirnya, jika Anda sakit, pengeluaran untuk biaya berobat justru akan lebih besar.

Nah, hemat sebaiknya dilakukan dengan trik tertentu. Anda dapat mencari diskon untuk membeli barang dengan harga yang lebih murah, membeli dalam jumlah banyak supaya mendapatkan potongan harga, membuat sesuatu yang bisa dikerjakan sendiri, dan sebagainya. Dengan demikian, kebutuhan tetap terpenuhi, hanya saja dengan cara yang berbeda.

  1. Membeli Barang Bekas yang Masih Bisa Digunakan

Untuk memastikan gaji yang tidak seberapa tersebut dapat mencukupi seluruh kebutuhan bulanan, cara lainnya adalah dengan memilih membeli barang-barang bekas daripada barang-barang baru. Faktanya, harga barang bekas lebih murah daripada barang baru. Singkirkanlah rasa gengsi dan rendah diri karena hal ini.

Jika pandai memilih, ada banyak barang bekas yang dapat digunakan karena kualitasnya memang masih bagus. Bahkan, ada juga barang bekas yang bermerek, tetapi dengan harga yang lebih terjangkau. Menggunakan barang bekas bukan lagi masalah besar bagi sebagian orang, asal fungsinya masih bagus.

  1. Cerdas Memilah Kebutuhan dan Keinginan

Trik lain untuk mengatur keuangan bagi Anda yang bergaji kecil adalah cerdas memilah kebutuhan dan keinginan. Perlu diketahui, keinginan kadang kala terlihat seperti kebutuhan yang harus dipenuhi. Namun, jika dicermati kembali, keinginan dan kebutuhan memiliki perbedaan standar, yaitu perlu tidaknya benda tersebut dibeli.

Baca juga  Butuh Uang Banyak? Berikut Lima Cara Kreatif yang Bisa Jadi Solusi Anda!

Sebuah keinginan biasanya tidak terlalu mendesak dan masih bisa ditunda. Jika tidak dilakukan pun tidak akan memberi dampak terlalu besar. Keinginan biasanya menyangkut hal-hal yang bersifat hiburan. Sementara itu, kebutuhan merupakan sesuatu yang bersifat wajib dan tidak boleh tidak dilakukan. Jika Anda memiliki gaji pas-pasan, dahulukanlah kebutuhan, baru beli keinginan.

  1. Hidup Sederhana

Salah satu teladan hidup sederhana yang merupakan orang kaya adalah Mark Zuckenberg. Banyak orang merasa heran dengan kehidupan pendiri media sosial Facebook ini karena penampilannya yang apa adanya. Zuckenberg sehari-hari sering tampil dalam balutan kaos dengan paduan yang biasa-biasa saja.

Selain dalam hal penampilan, Mark juga lebih memilih untuk tinggal di sebuah tempat sewaan yang sederhana daripada membeli rumah yang mewah. Bersama istri dan anaknya, mereka menjalani hidup yang bersahaja. Kesederhanaan juga terlihat dari kendaraan yang digunakannya dan pola kehidupannya sehari-hari.

Nah, demikian 5 langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengatur keuangan pribadi. Sebagai tambahan, Leslie Tayne, penulis buku Life & Debt: A Fresh Approach to Achieving Financial Wellness mengungkapkan sebuah prinsip sederhana,

Hanya ada satu aturan penting ketika Anda mengatur anggaran, yaitu jangan melebihi budget yang tersedia.

Selamat mencoba!