5 Cara Menabung Unik ini Jadi Bukti Bahwa Mengumpulkan Uang Tidak Sulit
Bagikan:

Jika Anda merasa menabung adalah hal yang sulit, Anda tidaklah sendirian. Tidak sedikit orang yang mengalami kesulitan dalam menabung karena belum memiliki prioritas yang jelas dalam mengatur keuangan. Sebenarnya, ada lho cara menabung unik yang akan membuat Anda lebih semangat menabung.

Ingat ya, menabung adalah kebiasaan baik yang bisa Anda rasakan manfaatnya di kemudian hari. Agar menabung menjadi lebih ringan dan mudah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti

1. Jangan Sia-siakan Uang Receh. Yuk Kumpulkan dan Tabung

Pepatah mengatakan bahwa sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Hal ini berlaku juga pada uang receh. Meskipun jumlahnya sedikit, namun jika dikumpulkan jumlahnya bisa jadi banyak. Jadi, jangan anggap remeh uang receh ya! Anda bisa mengumpulkan setiap uang receh yang didapat setiap harinya. Sediakan juga celengan ukuran besar karena uang recehan cukup memakan tempat.

Mengumpulkan uang receh bisa jadi cara mudah dan unik untuk mendapatkan dampak yang besar.

2. The Power of 20.000, Menyisihkan Uang Nominal Tertentu untuk Ditabung

Motivator bernama Ippho Santoso memberikan tips cara menabung mudah yang unik dan efektif, yaitu dengan menyiapkan sebuah celengan dan menabungkan setiap uang Rp20.000 yang Anda temukan ke dalam celengan tersebut.

Misalnya, Anda berbelanja dan mendapatkan kembalian Rp20.000, maka uang tersebut harus langsung dimasukkan ke dalam celengan. Begitu pun jika Anda menemukan uang Rp20.000 di dalam saku, maka uang tersebut juga harus ditabungkan.  Cara ini  cukup ampuh untuk Anda yang cenderung malas menabung. Namun, sebenarnya tidak harus uang Rp20.000, Anda bisa menyesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

3. Cara Menabung Nominal Terbesar di Tanggal Terkecil

Perlu diketahui, bahwa menabung bukanlah menyisihkan uang yang sisa, melainkan menyisihkan uang sebelum digunakan. Anda bisa mencoba menabung dengan berbalik tanggal. Jika dalam satu bulan terdapat 30 hari, maka di tanggal 1 Anda harus menabung sebesar Rp30.000, pada tanggal 2 menabung Rp29.000 dan seterusnya sampai pada akhir bulan di tanggal 30, Anda memasukkan Rp1.000 ke dalam tabungan.

Dengan cara ini, dalam 30 hari saja kurang lebih Anda telah menabungkan sebesar Rp465.000. Lakukan hal tersebut secara rutin setiap bulannya. Sesuaikan juga dengan jumlah pada bulan tersebut.

4. Uang Kertas Terkecil di Dompet Harus Ditabung!

Lihat uang kertas dengan nominal uang terkecil di dalam dompet Anda setiap harinya. Kemudian tabungkan uang tersebut.

Tips untuk menabung dengan cara ini, ada baiknya Anda mengatur jam berapa Anda akan menabungkan uang tersebut. Misalkan, setiap sampai rumah setelah beraktivitas seharian langsung cek dompet Anda. Jika terdapat uang Rp10.000 sebagai nominal terkecil, segera tabungkan uang tersebut.

5. Menabung Uang Jadi Emas supaya Tahan Inflasi

Jika cara di atas adalah menabung dengan menyisihkan sejumlah nominal uang, cara unik menabung berikutnya adalah dengan menabungkan emas. Emas sendiri sudah menjadi primadona investasi sejak zaman dulu, hal ini karena nilainya yang tahan terhadap inflasi.

Jangan khawatir bila Anda belum punya banyak uang untuk membeli emas. Anda sudah bisa menyiasatinya dengan menabung emas. Ini bisa menjadi cara efektif untuk memiliki emas dengan modal yang kecil.

Salah satu lembaga keuangan yang menyediakan layanan tabungan emas adalah Pegadaian. 

Konsep tabungan emas ini sebetulnya hampir sama dengan konsep menabung di bank pada umumnya. Bedanya, uang yang Anda setorkan akan langsung dikonversikan menjadi gram emas sesuai dengan harga emas yang berlaku saat itu juga.

Tabungan Emas Pegadaian bisa menjadi alternatif pilihan investasi karena sangat mudah dilakukan dan murah. Dengan layanan ini, Anda bisa melakukan pembelian emas mulai dari 0,01 gram. Layanan tabungan emas ini pun tidak hanya ada di outlet Pegadaian saja tetapi juga di Aplikasi Pegadaian Digital

Selain itu, keuntungan dari Tabungan Emas Pegadaian ini adalah biaya fasilitas titipan yang dibebankan ringan yaitu Rp30.000 per tahun, nasabah dapat melakukan transfer ke rekening Tabungan Emas mulai dari 0,1 gram, order cetak emas dapat dilakukan mulai dari kepingan 1 gram, dijamin karatase 24 karat, harga jual dan buyback yang kompetitif, serta dapat melakukan buyback mulai dari 1 gram.

Dengan lima tips di atas, semoga menabung bukan lagi jadi hal yang sulit. Temukan cara yang paling cocok dengan Anda, dan mulai terapkan sesegera mungkin untuk perencanaan keuangan yang lebih baik di masa depan.