practical-solution-to-your-money-problems-feature1
Bagikan:

Ada kalanya seseorang terjebak dalam masalah keuangan namun dia menyadarinya secara terlambat. Setiap manusia sudah tentu memiliki beragam kebutuhan hidup yang harus dipenuhi, entah itu kebutuhan pokok, tambahan, maupun yang sifatnya rekreasi. Agar semua aspek dapat terpenuhi dengan baik, kita harus pandai-pandai mengelola keuangan. Mengatur anggaran kebutuhan pun ada seninya lho. Salah-salah, bukan kebutuhan yang terpenuhi tapi malah masalah ekonomi yang Anda hadapi.
Jika tidak disikapi dan ditangani dengan baik, masalah finansial seperti ini justru akan membuat hidup kita semakin sulit. Lantas, apa saja sih tanda kalau kita mengalami masalah keuangan?

Pinjam Uang untuk Bayar Hutang

Poin pertama ini cukup sering dilakukan sebagian besar dari kita. Saat merasa kepepet ditagih hutang tapi kita sendiri belum punya dana untuk melunasinya, maka meminjam uang untuk melunasi hutang dianggap sebagai jalan pintas. Padahal sebenarnya hal ini justru akan membuat tanggungan kita tidak kunjung selesai. Sebaliknya, pinjamlah uang untuk sesuatu yang bisa menguntungkan misalnya untuk bisnis, modal usaha, maupun investasi

Gaji Selalu Habis di Awal Bulan

Saat baru menerima gaji, pikiran kita senantiasa digoda dengan beragam keinginan untuk membelanjakannya dan membeli sesuatu yang sebetulnya tidak benar-benar dibutuhkan. Hal inilah yang menyebabkan gaji atau jatah bulanan kita selalu habis di awal bulan. Jika sudah pada taraf ini, sebaiknya Anda harus berhati-hati. Nah, hal inilah yang sering memicu terjadinya “gali lubang tutup lubang” seperti yang sudah disebutkan di atas.

Tidak Punya Tabungan

Tidak memiliki tabungan atau dana cadangan yang bisa dipakai sewaktu-waktu juga merupakan tanda bahwa kehidupan keuangan Anda tidak sehat. Dana cadangan atau tabungan ini memiliki manfaat yang sangat besar jika suatu waktu kita memerlukannya, misalnya saat sakit, biaya pendidikan, keluarga, atau yang lainnya. Karenanya, giatlah menyisakan beberapa persen dari penghasilan Anda untuk ditabung. Tahan keinginan dan jangan gunakan uang ini untuk hal yang tidak benar-benar perlu.

Tidak Mengontrol Pengeluaran

Tanda lain kalau kehidupan finansial Anda bermasalah adalah ketidakmampuan diri untuk mengontrol ke mana saja uang kita habis dipakai. Meskipun tidak perlu diperinci sedetail mungkin, mengetahui ke mana saja uang mengalir akan membuat kita mawas diri dalam mengontrol dan membelanjakan uang.

Nah, itu dia 4 tanda Anda punya masalah keuangan. Jika kelima poin di atas Anda alami, sebaiknya Anda berhati-hati. Bijak dan telitilah dalam membelanjakan uang.