maxresdefault-1
Bagikan:

Di kalangan masyarakat Indonesia, sepeda motor kini seakan sudah menjadi kebutuhan pokok layaknya makan dan minum. Bisa kita lihat, jalanan hampir dipadati dengan kendaraan roda dua tersebut. Tingkat mobilitas yang kian padat memang memaksa kita untuk melakukan segala sesuatu dengan serba cepat. Maka sepeda motor dianggap sebagai solusi.
Memiliki sepeda motor pun mudah saja, tidak terkecuali bagi Anda yang belum mempunyai cukup dana. Nah, sebelum memutuskan untuk mengambil angsuran, tips membayar cicilan sepeda motor berikut mungkin bisa sedikit membantu.

•    Sesuaikan Keinginan dengan Anggaran

Hal pertama yang harus dan mutlak Anda perhatikan adalah menyesuaikan keinginan (memilih motor jenis apa dan sebagainya) dengan besaran anggaran yang Anda miliki. Dengan begini, Anda tidak akan memaksakan diri untuk mengeluarkan uang muka lebih banyak. Selain itu, terlalu memaksakan keinginan juga akan berdampak pada naiknya cicilan motor yang harus kita angsur setiap bulannya.

•    Pilih Dealer yang Kredibel

Setelah yakin dengan anggaran, tentukan di dealer mana Anda akan mengambil kredit sepeda motor tersebut. Pastikan dealer yang Anda pilih sudah banyak dikenal orang dan tepercaya. Hal ini dilakukan untuk menjaga kita dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti penipuan yang belakangan marak terjadi.

•    Pilih Dealer dengan Syarat Kredit yang Murah dan Mudah

Perlu diketahui, setiap dealer memiliki aturan masing-masing dalam menjalankan bisnisnya. Untuk urusan kredit sepeda motor, pilihlah dealer yang terkenal memberikan syarat yang mudah, tidak ribet, dan tentu saja, nominal kredit yang rendah.

•    Pelajari Sistem Kredit dan Dendanya

Sistem kredit masing-masing dealer berbeda, begitu juga dengan besaran denda yang dibebankan kepada nasabahnya. Ada baiknya Anda tahu betul tentang sistem kredit dan denda yang ditetapkan suatu dealer sebelum memutuskan untuk mengambil kredit di tempat tersebut.

•    Perhatikan Jangka Waktu Kredit

Jangka waktu kredit biasanya sangat beragam, mulai dari satu sampai lima tahun. Untuk hal ini, Anda bisa menyesuaikan dengan kemampuan. Jika penghasilan Anda tidak terlalu besar, hindari mengambil kredit dalam jangka yang pendek, karena akan memberatkan Anda sendiri. Juga jangan mengambil kredit dengan jangka yang terlalu lama, karena Anda akan terus dibebani dengan kewajiban menyicil setoran.

•    Jelas Surat-Suratnya

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan adalah kejelasan surat-surat sepeda motor yang akan Anda beli/angsur. Misalnya, pada jangka berapa lama Anda akan memperoleh BPKB setelah cicilan selesai dilunasi, bagaimana STNK-nya, serta surat-surat lain yang mungkin relevan. Meski terlihat sepele, banyak orang yang masih abai dengan hal ini.
Semoga tips mengangsur sepeda motor yang kami paparkan di atas bisa sedikit membantu ya. Bagaimana, sudah siap untuk mengambil kredit?

Pegadaian juga memiliki layanan untuk memudahkan Anda membayar cicilan motor. Informasi selengkapnya Anda dapat datang ke cabang Pegadaian terdekat.