li-rrsp-young-620-2is1654772
Bagikan:

Siapa bilang investasi itu hanya cocok buat mereka yang sudah mapan dan berumur saja? Eits, jangan salah, anak muda juga bisa banget lho berinvestasi. Selain melatih manajemen keuangan, investasi yang kita punya juga bisa dimanfaatkan untuk tujuan jangka panjang.
Salah satunya adalah ketika suatu hari kita butuh dana yang tidak sedikit dan mendadak, investasi tentu akan menyelamatkan keadaan. Nah buat Anda yang sedang bingung jenis investasi apa yang cocok, cara investasi berikut mungkin bisa menjadi pilihan yang pas buat Anda:

1. Reksadana

Reksadana adalah jenis investasi yang paling banyak direkomendasikan oleh para pakar keuangan. Reksadana bisa kita jadikan sebagai investasi dengan jangka waktu yang beragam dan bisa dipilih sesuai keinginan kita. Jangka waktu yang pendek serta tidak dibebani syarat khusus juga merupakan alasan yang membuat banyak nasabah memilih untuk menyimpan dananya dalam bentuk reksadana.

2. Deposito

Jenis investasi kedua yang bisa Anda pilih adalah deposito. Tidak seperti tabungan atau simpanan biasa, dana yang sudah kita setor dan masuk ke rekening deposito hanya bisa diambil dalam jangka waktu yang sudah ditentukan, sebagai contoh 2 tahun. Meski demikian, investasi ini umumnya memiliki bunga yang lebih tinggi dari tabungan biasa. Deposito adalah jenis investasi yang cocok sekali buat Anda yang masih kuliah.

3. Emas

Berikutnya ada emas, jenis investasi yang banyak dirujuk orang. Selain prosesnya mudah, investasi dalam bentuk emas merupakan pilihan yang tepat sebab harga emas cenderung terus naik, jarang sekali mengalami penurunan.

Salah satu cara mudah untuk berinvstasi emas adalah dengan cara menabung emas di Pegadaian. Anda tidak perlu harus mengumpulkan pululuhan juta untung membeli emas, cukup dengan uang yang tidak lebih dari 10 rupiah saja, tabungan emas sudah bisa Anda dapatkan. Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat berkunjung langsung ke cabang Pegadaian terdekat.

4. Properti

Nah, investasi yang terakhir ini mungkin sedikit berbeda dengan investasi pada umumnya. Memang sih, untuk bisa memiliki dan menabung dalam bentuk properti (tanah, rumah, apartemen, dan sebagainya) kita membutuhkan dana yang tidak sedikit. Namun hal tersebut bukan berarti menghalangimu untuk berinvestasi dalam bentuk properti dong ya.
Salah satu kelebihan investasi ini dibandingkan dengan jenis investasi yang lain adalah harga properti yang akan terus merangkak seiring berjalannya waktu. Selain itu, tempat tinggal juga selalu dibutuhkan orang, jadi apa yang sudah Anda investasikan akan terus dirasakan manfaatnya sampai Anda tua nanti.

Nah, itu dia 4 cara investasi yang pas buat Anda, kaum muda yang tengah gencar menabung. Sebelum memutuskan mau mengambil investasi jenis apa, ada baiknya untuk mengetahui dengan detail masing-masing dari keempat investasi tersebut. Selamat berinvestasi!