3-yearbook-yen1
Bagikan:

Kisah inspiratif kali ini adatang dari dua orang bersaudara Dave dan Catherine Cook. Di usia yang masih sangat muda (belasaan tahun), kedua saudara ini telah berhasil menggenggam kesuksesan.

Ide bisnis mereka sebenarnya sangat sederhana yaitu membuat bisnis buku tahunan online. Ide ini muncul ketika mereka pindah ke sekolah menengah umum.
Ide tersebut ta lantas hanya tersimpan di pikiran mereka saja. Dua bersaudara ini langsung berniat mewujudkannya dengan membuat perencanaan matang mulai dari membuat kerangka konsep proyek. Mereka menentukan kelas, kelompok, profil dan kategori lainnya. Keduanya lalu memutuskan untuk menggunakan nama myYearbook sebagai nama web mereka. Logo laman ini pun muncul dari ide Catherine yaitu wajah tersenym pada huruf o.

Setelah merumuskan program, Catherine dan Dave menghubungi seorang ahli di Mumbai. Tentunya mereka menghabiskan cukup banyak waktu dan dana untuk mewujudkan ide mereka. Mereka rela banyak begadang untuk berkoordinasi dengan pembuat program. Alhasil, myYearbook bisa berjalan dan diluncurkan pada April 2005.

Kedua saudara ini pun tidak pernah menyangka bahwa ide mereka disambut oleh jutaan remaja dari seluruh dunia. Hanya pada tahun awal peluncurannya, website ini telah berhasil menarik perhatian 1 juta member. Pada saat itu, angka tersebut bisa dibilang cukup mustahil untuk diraih. Pada tahun 2011 anggota my Yearbook sudah mencapai lebih dari 30 juta pengguna. Seiring perkembangan perusahaan, myYearbook tak hanya menyasar pelajar SMU, namun melebarkan bisnisnya pada kalangan biasa.

Pada November 2011, Quepasa pada akhirnya memutuskan untuk mengakuisisi myYearbook dan membeli website ini dengan harga US$100 juta yang setara dengan Rp900 miliar dalam bentuk tunai dan saham. Pada bulan Juni 2014, situs myYearbook pun berubah nama menjadi MeetMe.

Langkah besar lain yang ditempuh MeetMe adalah upaya merger dengan Quepasa yang membuat perusahaan memiliki jumlah pengguna sebanyak 80 juta orang dari sebelumnya 40 juta.

Siapa yang pernah menyangka ide anak SMA dapat berkembang menjadi bisnis bernilai triliunan rupiah. Tentunya semua ide memang harus diwujudkan agar tidak terbuang sia-sia. Salah satu kunci utama untuk melancarkan terwujudnya suatu ide adalah konsistensi dan pantang menyerah. Itulah yang dilakukan oleh Cook bersaudara. Di usia yang masih sangat muda mereka memiliki ide dan semangat yang luar biasa untuk mewujudkannya.

Apakah Anda juga mempunyai ide sederhana yang mungkin akan jadi bisns besar nantinya? Selamat mencoba!