Investasi tak perlu menunggu sampai mapan secara ekonomi. Memulai investasi sejak usia muda, banyak manfaatnya, lho!
Bagikan:

Masyarakat awam sering beranggapan kalau investasi hanya dilakukan oleh orang-orang yang mapan secara finansial. Bahkan, menurut mereka, investasi perlu biaya besar sehingga tidak mungkin dilakukan oleh orang yang hidup pas-pasan. Namun, tahukah kamu bahwa banyak orang kaya dunia yang mulai berinvestasi sejak usia muda, ketika kondisi keuangan mereka masih terbatas.

Pilihan investasi yang bisa kamu jalankan di usia muda sangat beragam. Sebagai contoh, kamu dapat memanfaatkan investasi Tabungan Emas Pegadaian yang bisa didapatkan dengan harga terjangkau. Dengan membiasakan diri untuk belajar berinvestasi sejak usia muda, kamu akan memperoleh manfaat yang banyak, di antaranya:

1.Mempersiapkan masa depan

Memiliki investasi bisa menjadi langkah awal untuk mempersiapkan masa depan. Investasi memungkinkan kamu tetap dapat memperoleh pemasukan ketika sudah tidak memiliki tenaga kuat untuk bekerja, sebagai contoh ketika berusia lanjut. Dengan begitu, kamu dapat menikmati masa tua tanpa perlu kebingungan karena tidak punya penghasilan.

2.Nilai aset yang terus meningkat

Investasi yang dimulai sejak usia muda, memberi keuntungan berupa waktu. Kamu punya waktu yang lebih banyak dibandingkan berinvestasi ketika kondisi keuangan sudah mapan. Seiring dengan waktu, nilai investasi akan terus mengalami peningkatan.

3.Membiasakan diri hidup hemat

Belajar untuk berinvestasi sejak muda juga mengajarkan kamu untuk bisa hidup secara hemat. Kamu akan berpikir seribu kali ketika ingin menggunakan uang untuk berfoya-foya. Di waktu yang sama, kamu bakal punya skala prioritas setiap akan mengeluarkan uang. Selanjutnya, kebiasaan ini bakal mendorong kamu untuk bisa melakukan pengaturan keuangan dengan lebih baik.

4.Memiliki dana darurat

Investasi juga membuat kamu punya dana darurat yang bisa digunakan untuk keperluan mendadak. Bahkan, untuk jenis investasi tertentu, kamu dapat menggunakannya sebagai jaminan untuk pengajuan pinjaman.

5.Upaya menghindari dampak inflasi

Inflasi bisa terjadi kapan saja. Apalagi, Indonesia adalah negara yang cukup rawan mengalami inflasi. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan persiapan untuk menghadapi kondisi keuangan buruk akibat inflasi. Caranya adalah dengan melakukan investasi.

Itulah 5 manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan belajar berinvestasi sejak dini. Yuk, mulai berinvestasi.