Simak pentingnya berinvestasi dini dan apa saja jenis investasi yang menguntungkan bagi mahasiswa.
Bagikan:

Pernahkah kamu mendengar tentang investasi untuk mahasiswa? Investasi ini memang ditujukan khusus untuk mahasiswa yang belum memiliki penghasilan tetap. Barangkali kamu berpikir untuk apa investasi? Bukankah kewajiban mahasiswa hanya belajar? Anggapan ini tidak salah, tetapi tidak sepenuhnya benar.

Memang benar tugas utama seorang mahasiswa adalah belajar dan meraih nilai yang baik. Namun, investasi pun tak kalah penting. Lagipula, investasi tidak akan menganggu kegiatan akademik yang kamu tengah jalani.

Pentingnya Investasi untuk Mahasiswa

Disadari atau tidak, investasi juga memberikan pengaruh baik bagi kamu. Pasalnya, untuk melakukan investasi diperlukan ketajaman dalam berpikir. Dengan berinvestasi, hidup kamu lebih terarah. Jika dulunya kamu suka “gatal” membelanjakan uang bulanan, sekarang kamu akan berpikir dua kali untuk menghabiskannya dalam waktu singkat.

Selain menjadikan kamu lebih hemat, kamu pun lebih bertanggung jawab dan disiplin. Investasi cenderung membuat kamu berpikir lebih jauh. Jika orang lain hanya memikirkan masa indah saat kuliah, kamu sudah memikirkan bagaimana caranya agar masa depanmu terjamin.

Ini Investasi yang Menguntungkan Bagi Mahasiswa

Kalau kamu tertarik untuk berinvestasi, ada sejumlah rekomendasi terbaik yang dapat kamu jadikan pilihan.

1. Deposito

Kamu pasti tidak asing dengan investasi jenis ini. Bahkan bisa dibilang deposito adalah model investasi paling umum dan populer di masyarakat. Selain praktis, deposito sangat minim risiko.
Deposito berjangka menawarkan suku bunga yang lebih tinggi daripada menabung biasa. Jangka waktunya pun dapat kamu pilih sesuai kebutuhan, yakni mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan. Semakin besar uang yang kamu depositokan maka semakin besar pula keuntungan yang akan kamu raih.

2. Reksa Dana

Kalau kamu ingin menghasilkan keuntungan yang lumayan besar tanpa repot, maka reksa dana dapat menjadi solusi terbaik. Kamu hanya perlu membeli unit penyertaan reksa dana. Sisanya serahkan pada ahlinya, yaitu Manajer Investasi (MI) yang bertugas untuk mengelola dana yang kamu investasikan. Selain praktis, investasi ini pun sangat jarang menimbulkan kerugian sehingga aman untuk mahasiswa.

3. Properti

Jenis investasi ini paling banyak dipilih. Maklum saja, setiap tahun harga tanah meningkat. Dampaknya, keuntungan yang akan kamu raih pun semakin banyak. Kalau kamu berpikir bahwa investasi properti membutuhkan banyak dana, kamu salah.
Untuk berbisnis properti kamu tidak harus membeli sebuah bangunan atau tanah. Kamu bisa menjadi agen penjualan properti. Komisi yang dihasilkan cukup besar. Dengan cara ini kamu pun dapat mempelajari seluk beluk bisnis properti.

4. Bisnis Riil

Kalau kamu lebih menyukai investasi yang dapat kamu pantau secara langsung maka pilihlah bisnis riil. Kamu bisa memulai usaha sesuai dengan minat dan bakat yang kamu miliki. Misalnya kamu memiliki kemampuan menggambar atau mendesain sesuatu maka manfaatkan keahlian tersebut untuk mendapatkan penghasilan tambahan.
Selain mendirikan usaha sendiri, kamu pun menginvestasikan uang untuk bisnis yang sudah berjalan. Nantinya, kamu akan mendapatkan keuntungan dengan sistem bagi hasil. Semakin banyak dana yang kamu beri, semakin besar pula potensi keuntungan.

5. Emas

Satu lagi investasi modal kecil dengan risiko minim yang bisa kamu pilih, yakni emas batangan. Investasi ini sangat menguntungkan karena aman dari inflasi dan harga jualnya pun cenderung meningkat. Bisa dibilang investasi emas adalah pilihan paling aman untuk jangka panjang. Kalau kamu tertarik untuk memulai investasi emas, kamu bisa mengikuti program investasi yang dimiliki oleh Pegadaian.

Dibandingan dengan program serupa, yang ditawarkan Pegadaian lebih menguntungkan dan tidak memberatkan kamu sebagai mahasiswa. Kamu bisa mencicil sesuai dengan kemampuan. Asyiknya kamu pun bisa mengajak teman dan keluarga untuk bergabung.

Kalau kamu masih bingung, gunakan aplikasi Pegadaian Digital untuk memudahkan kamu memilih produk-produk yang ditawarkan, seperti Tabungan Emas, Gadai Online, Gadai Tabungan Emas, Pengajuan Pembiayaan Usaha Online, dan informasi mengenai harga jual beli emas.

Dengan aplikasi ini kamu tak perlu lagi pusing memulai investasi. Semua yang kamu butuhkan tersedia, mulai dari pembiayaan usaha, simulasi transaksi gadai, hingga pembukaan rekening Tabungan Emas.

Nah, kalau sudah begini apa lagi yang membuat kamu ragu untuk berinvestasi? Pilih jenis investasi untuk mahasiswa yang paling cocok dengan kemampuan kamu dan mulailah sekarang juga!