Anda-Baru-Bisa-dibilang-Mapan-Apabila-Memenuhi-Kriteria-Ini-1
Bagikan:

Menjadi seorang yang sukses dan mapan dalam kehidupan adalah hal yang pasti diinginkan semua orang. Namun apakah Anda sudah memenuhi kriteria mapan?

Meski sudah punya pekerjaan tetap dan digaji setinggi langit tidak menjamin kemapanan seseorang. Beberapa pekerja justru terus merasa kekurangan dan kehabisan uang di akhir bulan, meski digaji setinggi langit,

Agar bisa menjad benar-benar mapan, Anda setidaknya memenuhi kriteria berikut. Anda dapat mulai dari hal kecil dan lama-lama menjadi jadi kebiasaan.

1. Mencatat pengeluaran

Tak pernah mencatat pengeluaran merupakan salah satu kesalahan dalam pengelolaan uang yang membuat Anda sukar mapan. Mungkin uang Anda habis sedikit demi sedikit untuk berbagai pengeluaran kecil yang terjadi berkali-kali yang tidak disadari karena tidak dicatat.

Solusinya adalah dengan membiasakan diri mencatat pengeluaran. Mulai dari rokok, kopi, sarapan, catat semuanya. Dengan ini, Anda bisa tahu pengeluaran apa yang harus diminimalisir, dan bagaimana cara meminimalisirnya.

2. Memiliki Tabungan

Rata-rata, penduduk Indonesia hanya menabung 8 persen dari pengeluaran total mereka. Padahal kalau ingin hidup mapan, Anda harus punya tabungan yang cukup.

Tabungan juga penting supaya Anda tidak kocar-kacir dan terpaksa ngutang saat jatuh sakit atau ada kebutuhan mendadak. Apabila Anda sudah punya tabungan biasa, ini saatnya Anda punya tabungan emas. Tabungan emas memberikan banyak keuntungan yang tak kalah dengan tabungan emas biasa. Anda dapat membuka tabungan emas di Pegadaian. Untuk informasi lebi lanjut, Anda dapat klik disni.

3. Tidak Terikat Utang

Beberapa jenis utang seperti KPR atau kredit modal usaha memang sangat susah dihindari. Meski demikian, Anda harus menghindari terlilit utang karena kartu kredit.

Kartu kredit ibarat medan perang antara nasabah dan bank. Kalau nasabah menang, dia bakal dapat banyak diskon dan fasilitas tanpa harus tekor. Tapi kalau nasabah kalah, bisa-bisa dia kehilangan rumah.

Untuk bisa mendapatkan pinjaman uang yang aman dan tidak merugikan Anda di masa yang akan datang, Anda dapat mencoba produk dari Pegadaian, salah satunya adalah pinjaman untuk modal usaha Anda. Anda dapat meminjam uang mulai dari 1 juta hingga 200 juta rupiah dengan persyaratan yang ringan. Jangan sampai salah memilih tempat untuk meminjam modal usaha, ya!

4. Memiliki Dana Darurat

Menurut para ahli keuangan, Anda harus punya dana senilai enam bulan gaji untuk sewaktu-waktu menutup keperluan darurat. Uang ini diperlukan jika Anda atau anggota keluarga sakit mendadak atau terkena musibah.

Kalau tak punya dana cadangan, maka dipastikan Anda akan menambah Utang. Namun harus diingat, utang mempunyai bunga yang cukup menyulitkan.

6. Memiliki investasi

Saat ini gaji atau pendapatan Anda tidak bisa dibilang besar? Tak perlu khawatir selama Anda bisa mengatur pendapatannya dan tak selalu kehabisan uang di tengah bulan. Apalagi bila Anda termasuk orang yang jeli melihat peluang bisnis. Tak perlu terlalu besar, berangkat dari bisnis kecil-kecilan pun bisa mengantarkannya menjadi pengusaha sukses. Anda bisa mulai mencicil rumah atau berinvestasi dalam bentuk lain, seperti saham atau reksa dana. Ini menunjukan Anda memikirkan masa depan. Ingat bahwa mapan berarti Anda yakin tidak akan mengalami kesulitan finansial di masa depan. Pilihlah investasi yang tepat. Bila Anda ingin investasi menguntungkan mulai dari 5 ribu rupiah, Anda dapat mencoba investasi tabungan emas di Pegadaian.

7. Realistis dan lurus

Tetaplah realistis dan jangan menghalalkan segala cara untuk bisa mapan dan menikmati keamanan secara finansial. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Jangan paksakan diri Anda untuk mengerjakan sesuatu yang tidak Anda sukai. Bila apa yang Anda kerjakan adalah hal yang Anda benci, kemungkinan di masa depan Anda akan meninggalkannya. Kerjakan hal yang Anda sukai dan Anda yakin dapat membawa keuntungan dalam hidup Anda untuk jangka waktu yang panjang.

Apabila Anda membutuhkan pembiayaan bagi bisnis Anda, Anda dapat mencoba produk dari Pegadaian. Dengan persyaratan mudah, Anda bisa mendapatkan kesempatan mengembangkan bisnis Anda lebih luas. Menjadi sosok yang mapan bukan cuma mimpi. Selamat mencoba!