Menjadi atlet tidak menutup kemungkinan untuk sukses berbisnis
Bagikan:

Tahukah kamu bahwa banyak atlet yang menjadi pebisnis setelah gantung sepatu? Kisah tentang atlet yang sukses berbisnis setelah pensiun selalu menarik untuk diikuti, karena mereka membuktikan bahwa keahlian ternyata bisa disulap menjadi sesuatu yang mendatangkan untung.

Contoh Atlet yang Sukses Berbisnis
Atlet yang menjadi pebisnis tidak hanya ada di Indonesia, tetapi juga luar negeri. Berikut beberapa kisah mereka.

  1. Susi Susanti dan Alan Budikusuma
    Atlet bulu tangkis yang kemudian menjadi suami istri ini memutuskan untuk berbisnis setelah pensiun. Setelah gagal mencoba jual-beli kendaraan serta menjadi agen raket impor, mereka Alan dan Susi akhirnya memutuskan untuk menciptakan merek perlengkapan olahraga sendiri. Kini, mereka menjadi pemilik merek Astec, dan menjual berbagai perlengkapan serta aksesori untuk olahraga bulu tangkis.
  2. Hariyanto Arbi
    Sama seperti Susi dan Alan, atlet bulu tangkis Hariyanto Arbi juga memutuskan untuk memulai bisnis di bidang perlengkapan olahraga. Pada tahun 2002, Hariyanto dan rekannya sesama atlet Fung Permadi memulai bisnis jual-beli perlengkapan olahraga dengan merek Flypower. Hariyanto menyediakan sederet produk perlengkapan dan aksesori bulu tangkis dengan kualitas ekspor. Produknya saat ini tidak hanya diminati pembeli Indonesia, tetapi juga Singapura, Malaysia, Australia, Jerman, dan Prancis.
  3. Michael Jordan
    Michael Jordan tidak hanya merupakan legenda basket, tetapi juga memiliki naluri bisnis yang kuat. Dia memanfaatkan uang yang didapat dari prestasinya untuk melakukan pembelian saham Nike, Hanes, dan Gatorade. Dia juga membuat lini pakaian dan sepatu olahraga bernama Air Jordan, yang diproduksi oleh Nike. Jordan juga menjadi salah satu pemilik sebuah lini dealer mobil. Dia juga membuka Michael Jordan’s Steakhouse di New York.
  4. Noviarti Muhidir
    Noviarti Muhidir adalah mantan atlet basket yang berkiprah dari tahun 1989 hingga 1993. Setelah pensiun, Noviarti memutuskan membuka usaha kecil di bidang kerajinan tangan. Noviarti membuka usahanya dengan modal sekitar 250 ribu Rupiah, dan mengumpulkan barang bekas sebagai bahan-bahan utamanya. Kini, usaha kerajinannya telah berkembang menjadi bisnis dengan merek Country Kira.
  5. Rudy Hartono
    Rudy Hartono adalah atlet bulu tangkis legendaris Indonesia yang mendapat julukan Wonder Boy dari pelatih bulu tangkis kelas dunia, Herbert A. Schele. Setelah pensiun, Rudy memulai usaha distributor oli impor bersama rekan sesama mantan atlet, Ade Chandra. Distributor oli mereka, PT Topindo Atlas Asia, mempromosikan oli merek Top 1, yang dulunya masih relatif kurang terkenal. Akan tetapi, bisnis tersebut kini sudah berkembang pesat berkat kegigihan dalam berpromosi sekaligus menghadapi persaingan.

Para atlet ini telah membuktikan bahwa pensiun bukan berarti berhenti berusaha. Mereka giat menerapkan sikap-sikap positif yang diterapkan dalam dunia olahraga dalam mengembangkan bisnis.

Rahasia Sukses Berbisnis Para Atlet
Ingin meniru para atlet ini? Berikut beberapa rahasia kesuksesan mereka yang bisa kamu contoh:

  • Siapkan Modal Sejak Awal
    Noviarti, Susi dan Alan, serta Michael Jordan mengumpulkan uang yang mereka terima dari pertandingan untuk memulai bisnis. Mereka sudah merencanakan bisnis sejak awal, karena menyadari bahwa menjadi atlet tidak bisa dilakukan selamanya. Persiapan modal adalah langkah awal bisnis yang sukses. Pegadaian kini memberikan solusi buat kamu yang masih bingung mencari modal awal. Layanan Krasida memberikan kesempatan buat kamu yang sudah mantap ingin berbisnis dengan pinjaman sampai 250 juta rupiah. Persyaratannya kamu hanya perlu menyerahkan fotokopi KTP dan Kartu Keluarga serta barang jaminan emas. Selain itu, kamu bisa melakukan pelunasan sewaktu-waktu dengan pemberian diskon untuk sewa modal.
  • Kenali Seluk-Beluk Bisnismu
    Para atlet ini banyak yang berbisnis di bidang olahraga karena itulah yang mereka kuasai. Rudy Hartono berbisnis di bidang oli, tetapi dia rajin belajar tentang seluk-beluk produk oli, tren pasar, serta pemasaran. Hal inilah yang membuat mereka sukses dalam bisnis. Seperti kata Rudy Hartono:

    “Jika ingin sukses, pastikan mengenali produk bisnismu sedetail mungkin.”

  • Jangan Menyerah dan Selalu Miliki Rencana B
    Para atlet ini banyak yang menemui kegagalan di awal perjuangan berbisnis. Akan tetapi, mereka tidak menyerah dan memilih bangkit lagi, bahkan membuat rencana B. Kamu harus memiliki sifat yang sama jika ingin sukses.

Semua langkah ini harus kamu ikuti jika berminat membuka bisnis, walau kamu bukan mantan atlet.

Kisah para atlet yang sukses berbisnis membuktikan bahwa keahlianmu adalah salah satu potensi usaha yang menarik untuk dikembangkan. Kamu bisa belajar dari mereka agar mendapat motivasi untuk mengasah keahlianmu agar sukses berbisnis.

Semua orang dapat sukses berbisnis. Mulai bisnis mu sekarang juga!