Bagikan:

Salah satu hal yang paling menyenangkan bagi mereka yang hidup di perantauan adalah tradisi mudik Lebaran. Selain bebas sejenak dari kesibukan dan rutinitas, mudik adalah momen istimewa untuk berkumpul dengan keluarga yang sudah lama tak ditemui. Biasanya mudik dilakukan beberapa hari menjelang Hari Raya. Ada banyak jenis transportasi yang bisa dipilih selama mudik berlangsung, mulai dari kendaraan pribadi, bus, kereta api, kapal laut, atau pesawat. Buat Sahabat yang sedang merencanakan pulang kampung tahun ini, ada baiknya memperhatikan tips mudik aman dan nyaman berikut agar perjalanan makin lancar:

1. Periksa Kondisi Kendaraan
Khusus buat Anda yang berencana mudik menggunakan kendaraan pribadi, lebih baik periksa kondisi kendaraan secara keseluruhan. Bila perlu bawalah ke bengkel resmi agar kerusakan-kerusakan bisa segera diperbaiki. Selain berpengaruh terhadap kelancaran saat mudik, kondisi kendaraan yang baik juga akan memberikan rasa aman dan nyaman selama perjalanan berlangsung. Satu lagi, jangan lupa untuk mengisi penuh bahan bakar.

2. Pesan Tiket dari Jauh-Jauh Hari
Untuk menghindari gagal mudik karena kehabisan tiket (pesawat, kereta, bus, dan sebagainya), lebih baik pesan dan belilah tiket dari jauh-jauh hari. Bila perlu, segera pesan tiket begitu Anda sudah mengantongi jadwal mudik. Sekarang tiket sudah bisa dipesan sejak H-90, seperti tiket kereta. Jadi, jangan jadikan kehabisan tiket sebagai alasan untuk tidak bertemu dengan saudara di kampung, ya.

3. Bawa Barang Secukupnya
Agar mudik aman dan nyaman, lebih baik bawalah barang secukupnya, terutama jika Anda menggunakan transportasi umum. Selain mengurangi beban, pihak penyedia jasa angkutan umum juga umumnya memberikan batasan jumlah barang yang boleh dibawa penumpang. Saat mudik, bawa saja pakaian dan barang yang betul-betul diperlukan, seperti sepatu, jaket, charger, tas, dompet, dan semacamnya.

4. Pikirkan Urusan Finansial dengan Matang
Untuk urusan finansial, menjelang Hari Raya biasanya orang-orang sudah mengatur pos masing-masing uang akan digunakan untuk apa saja. Akan tetapi, ada kalanya kebutuhan terus meningkat dan kondisi keuangan tidak mencukupi. Saat mudik tentunya barang-barang di rumah tidak akan terpakai, mungkin hal tersebut bisa menjadi solusi sementara untuk menutup kekurangan finansial Anda. Anda bisa menggadai beberapa barang seperti emas, berlian, dan barang elektronik lainnya untuk mendapatkan kredit cepat. Pegadaian menyediakan layanan Gadai Fleksi yang membuat mudik Anda jadi jauh lebih aman dan nyaman.

5. Bawa Makanan dan Minuman
Sebelum berangkat, bawalah bekal berupa makanan dan minuman untuk dikonsumsi selama perjalanan. Meskipun sudah banyak minimarket, membawa bekal sendiri tetap penting untuk berjaga-jaga jika terjadi macet panjang di daerah yang jauh dari pusat kota.

6. Jaga Kesehatan
Mudik tidak akan terasa nyaman dan menyenangkan jika kondisi kesehatan Anda tak mendukung. Jadi, jaga kesehatan dengan baik sebelum aktivitas mudik berlangsung. Olahraga ringan dan mengasup suplemen atau vitamin adalah alternatif yang bisa Anda coba.

7. Istirahat Jika Lelah
Penting, jangan memaksakan diri untuk melaju kendaraan sementara kondisi badan sudah lelah atau ngantuk. Lebih baik istirahatlah sejenak agar tubuh kembali segar.

Itu saja tips mudik aman dan nyaman yang bisa Anda praktikkan besok. Semoga bermanfaat dan selamat bertemu dengan keluarga besar di kampung halaman!