Bagikan:

Belakangan ini, bisnis online semakin digandrungi. Segala bentuk promosi dan penawaran mulai jarang dilakukan dengan pertemuan di dunia nyata. Penjual hanya perlu memajang foto produk atau jasa di platform media sosial. Kemudian, si pembeli memesan dan mentransfer sejumlah uang untuk membayarnya. Cara tersebut sangat mudah, bukan? Tanpa perlu berpeluh keringat di tengah panas atau kedinginan diguyur hujan, calon konsumen bisa didapatkan. Terlebih jika pandai memanfaatkan media sosial untuk bisnis rumahan, Anda pasti bisa memperoleh omset berlipat ganda.

Namun, tantangannya lebih berat. Pasalnya, Anda harus memiliki komitmen kuat untuk jujur dan amanah dalam transaksi karena tidak adanya tatap muka secara langsung dengan konsumen. Lalu, apa saja yang bisa dimanfaatkan dari mesia sosial bagi Anda yang ingin memulai bisnis rumahan?

Memilih Media Sosial yang Tepat
Selain menjaga sikap baik dalam bisnis online, pemilihan platform media sosial pun perlu diperhatikan. Tak perlu tergoda dengan iming-iming penambahan followers karena belum tentu menunjang usaha Anda. Hal yang harus dicermati, yaitu efektivitasnya dalam memfasilitasi promosi dan komunikasi dengan calon pembeli. Untuk menjawab pilihan Anda, ada beberapa media sosial yang layak dijadikan alat bisnis:

a. Instagram
Sejauh ini, Instagram masih menempati urutan pertama sebagai media sosial terfavorit bagi pegiat bisnis rumahan. Tak hanya untuk berbagi foto pribadi, tetapi juga tempat mempromosikan merek dagang melalui gambar. Di sini, Anda bisa membuat hashtag agar ilustrasi barangnya mudah ditemukan. Jika rajin mengunggah hasil jepretan setiap hari, dipastikan brand produk makin dikenal.

b. Facebook
Tidak dimungkiri, pengguna Facebook terus bertambah setiap hari. Mereka berasal dari berbagai suku, agama, bahkan negara. Dengan mempromosikan produk melalui media sosial ini, peluang untuk sukses bisnis online semakin besar. Apalagi kalau Anda memiliki banyak teman dengan latar belakang beragam. Tentu sangat mudah mendapatkan calon pelanggan yang tepat.

Baca juga  5 Penyebab Gaya Hidup Konsumtif

c. YouTube
Punya video bagus seputar produk Anda? YouTube adalah media promosi yang tepat. Lebih dari 1 miliar pengguna internet yang mengunjungi platform ini. Mereka menyukai tayangan unik dan berdurasi pendek. Jadi, tidak ada salahnya mencoba untuk beriklan di sini.

d. Pinterest
Hampir sama dengan Instagram, gambar merupakan alat promosi utama di Pinterest. Beberapa kalimat deskripsi bisa ditambahkan di bawah foto untuk menarik simpati pengunjung. Istimewanya, Anda bisa menanamkan backlink agar produk muncul di halaman utama Google.

Bisnis Rumahan Apa Saja yang Pasti Laris Dijual di Media Sosial?
Sebenarnya, tidak ada ketentuan visual maupun deskriptif mengenai jenis bisnis rumahan di media sosial. Apa pun karya, jasa, dan barang yang Anda tawarkan, bisa diperdagangkan selama tidak melanggar aturan. Namun, beberapa kategori produk memang paling banyak dicari calon pembeli. Kategori tersebut antara lain, fashion, gadget, dan kosmetik.

Mendapatkan Modal dengan Cara yang Tepat
Bisnis rumahan biasanya dimulai dengan modal yang terbilang kecil karena adanya keterbatasan. Anda bisa memulainya dengan modal seadanya, namun tidak ada salahnya jika Anda ingin mengekspansi bisnis tersebut. Tentunya dibutuhkan modal tambahan. Jika bisnis Anda sudah bisa menghasilkan, maka modal bisa dengan mudah didapat. Akan tetapi, jika keuntungan yang didapat tidak terlalu banyak sehingga tipisnya dana yang bisa dipakai untuk modal, Anda bisa memanfaatkan fitur andalan Kreasi dari Pegadaian, yang mana memberikan kredit angsuran bulanan untuk pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan jaminan BPKB kendaraan bermotor.

Demikian ulasan seputar bisnis rumahan melalui media sosial. Memanfaatkan media sosial untuk bisnis adalah cara cepat memperoleh banyak pelanggan. Segera tentukan jenis bisnis apa yang ingin Anda buat dan pilih platform media sosial terbaiknya.