Manfaat gadai bagi masyarakat adalah kemudahan ketika membutuhkan dana yang cepat
Bagikan:

Demi memenuhi kebutuhan yang semakin meningkat, seseorang tentu perlu bekerja keras. Pasalnya, tingginya angka kebutuhan terkadang tidak sebanding dengan kondisi finansial seseorang. Tentunya, diperlukan usaha sampingan demi bisa mendapatkan tambahan pendapatan.

Namun, terkadang usaha sampingan tak semudah yang dibayangkan. Tak hanya modal, hasil yang didapatkan pun biasanya tak sebesar harapan. Tak jarang orang lantas memilih jalur alternatif dengan menggadaikan barang demi mendapatkan pinjaman uang. Nah, sebenarnya, apa saja manfaat gadai yang bisa diperoleh? Berikut beberapa di antaranya:

Lebih Cepat Mendapatkan Uang

Sistem gadai berarti menukarkan suatu barang dengan barang lain dalam jangka waktu tertentu. Dalam kondisi ini, kamu menjaminkan benda yang memiliki nilai harga atau nilai jual dengan sejumlah uang. Tidak butuh waktu lama, karena proses gadai terbilang cepat dan tidak menghabiskan banyak waktu.

Barang Kesayangan Tidak akan Hilang

Biasanya, orang yang membutuhkan uang dalam waktu dekat tidak akan berpikir panjang. Artinya, ia akan menjual benda kesayangannya yang memang memiliki harga jual. Namun, cara itu ternyata tidak selalu menyelesaikan masalah, karena menjual barang kesayangan dan mendapatkan pembeli serta harga yang pas itu bukan hal yang mudah.

Meski begitu, menjual barang bukan satu-satunya cara untuk bisa segera mendapatkan uang dengan cepat. Sekarang, kamu tidak perlu lagi menjual dan kehilangan barang kesayangan hanya agar bisa mendapatkan uang, karena kamu bisa menggadaikannya. Inilah manfaat gadai selanjutnya, kamu hanya menjaminkan benda kesayangan, bukan menyerahkannya dan menukarnya dengan sejumlah uang. Jika nanti kamu sudah melunasi cicilan pinjaman, benda kesayangan pun akan kembali di tangan.

Solusi Mendapatkan Dana Dadakan dalam Jumlah Besar

Kamu membutuhkan dana dalam jumlah besar dan waktu yang terbilang singkat, sementara kamu tidak tahu harus meminjam ke mana atau dengan siapa? Kamu bisa pertimbangkan gadai. Meminjam uang ke teman atau kerabat bukan menjadi solusi, karena tak semua orang mau dan berkenan untuk meminjamkan dana dalam jumlah besar. Berbeda dengan ketika kamu menggadaikan barang di tempat gadai resmi, kamu bisa mendapatkan pinjaman uang dalam waktu singkat dan jumlah besar sesuai dengan kebutuhanmu. Kamu cukup membawa barang yang ingin kamu gadaikan atau jaminkan, mengisi data termasuk besaran uang yang kamu butuhkan, dan menunggu. Tak lama kemudian, uang yang kamu butuhkan sudah bisa kamu dapatkan.

Menghindari Kredit dan Sewa Modal

Dengan menggadaikan barang, kamu akan terhindar dari kredit, karena kamu sudah memberikan barang berharga sebagai jaminan untuk mengganti uang tadi, dan kamu pun harus mengembalikannya demi mendapatkan barang milikmu lagi.

Kepemilikan Barang Tidak akan Berpindah Tangan

Manfaat gadai terakhir yang bisa kamu dapatkan adalah perihal kepemilikan. Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa menggadaikan barang dan menukarnya dengan uang tidak akan membuat kepemilikan barang berpindah tangan. Nyatanya, meski barang kesayanganmu tidak ada di tangan, bukan berarti kepemilikannya berubah, alias barang ini akan tetap menjadi milikmu.

Jadi, kamu sebagai pemilik barang tetap akan menjadi pemilik meski barang tersebut berpindah tangan, dan kamu pun berhak mendapatkan keuntungan atas barang tersebut, dalam hal ini adalah uang atau benda lain yang kamu butuhkan. Jika pun kamu tidak bisa melunasi pinjaman, kamu berhak untuk menyerahkan barang tersebut guna menutupi kekurangan pelunasan. Apabila terjadi, artinya barang kamu sudah sepenuhnya kamu berikan sebagai pengganti pinjaman.

Demikian lima manfaat gadai yang bisa kamu dapatkan. Pastikan untuk memilih tempat gadai resmi agar terjamin keamanannya, salah satunya Pegadaian yang merupakan badan resmi milik BUMN. Lewat Pegadaian, kamu bisa menggadai barang-barang berharga milikmu sesuai dengan layanan yang kamu butuhkan. Seperti KCA Prima dengan bebas sewa modal 0% yang cocok untuk anak-anak muda, Kreasi yang cocok untuk mengembangkan bisnis UMKM, KCA bagi kamu yang membutuhkan kredit cepat dan aman, dan lain sebagainya. Ketahui juga bagaimana kemampuanmu terhadap masing-masing layanan yang ada. Segera kunjungi outlet Pegadaian terdekat untuk informasi lebih lanjut. Semoga bermanfaat!

manfaat gadai bisa diatur juga untuk dijadikan investasi