kata kata bijak dari pengusaha sukses tanah air
Bagikan:

Memiliki bisnis yang sukses tentu menjadi harapan banyak orang. Sayangnya, tidak semua orang siap menghadapi segala tantangan dan risiko dalam berbisnis. Alih-alih menjalankan, untuk memulai pun rasanya enggan. Ujung-ujungnya, mereka tetap memilih menjadi karyawan sampai tua.

Sebenarnya, tidak pernah ada batasan usia seseorang bisa memulai bisnis. Selama Anda mau terus berusaha, kesuksesan pun bisa menjadi milik Anda. Berikut ini beberapa kata bijak dari para pengusaha sukses tanah air yang semoga bisa menginspirasi Anda dalam menjalankan bisnis.

  • Bob Sadino

Pemilik jaringan usaha Kemfood dan Kemchick yang selalu mengenakan celana pendek dan kemeja sederhana ini adalah sosok pengusaha sukses tanah air yang tidak terlalu senang mengajarkan teori. Sebaliknya, Bob selalu menyarankan orang-orang agar selalu menikmati setiap proses dalam menjalani usaha, termasuk dalam menghadapi kegagalan dan kerugian.

“Setiap ada orang yang bertanya tentang kunci sukses, saya tidak pernah mau menjelaskan karena saya tidak ingin mereka seperti mesin fotokopi. Ya sudah, jalankan saja.”

  • Chairul Tanjung

Pengusaha sukses yang menggeluti bidang properti, investasi, media, dan keuangan ini dulu juga pernah beberapa kali mengalami kegagalan dalam berbisnis. Namun, berkat kerja kerasnya, Chairul Tanjung kini menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia.

“Selain kerja keras, kita juga harus selalu kerja ikhlas, kemudian menyerahkan semua kepada Tuhan.”

  • Mochtar Riady

Sosok pengusaha sukses pemilik Grup Lippo ini awalnya hanya seorang pemuda yang nekat merantau dari Malang ke Jakarta untuk menjadi seorang bankir. Namun, berkat keuletannya Mochtar Riady bahkan mampu mendirikan perusahaan sendiri. Kini, Grup Lippo sudah menaungi lebih dari 50 perusahaan yang didukung oleh puluhan ribu karyawan.

“Kalau Anda berani memikirkan hal-hal besar dan mau berjuang untuk itu, maka Anda akan berhasil.”

  • Ciputra

Sosok pengusaha sukses yang menaungi Grup Ciputra ini dulu berasal dari keluarga yang kurang mampu di Sulawesi Tengah. Lulus SMA, Ciputra merantau untuk kuliah di ITB kemudian memulai bisnisnya di Jakarta. Bisnis properti Grup Ciputra kini bahkan sudah merambah pasar luar negeri.

“Pengusaha itu mengubah sampah menjadi emas.”

  • Susi Pudjiastuti

Kesuksesan tidak selalu bergantung pada tingkat pendidikan. Sosok Susi Pudjiastuti merupakan contoh konkret yang mampu membuktikan bahwa dengan kerja keras, setiap orang bisa mewujudkan mimpinya untuk menjadi sukses.

“Bermimpilah setinggi-tingginya. Cara mewujudkannya adalah melalui kerja keras, semangat, dan komitmen.”

  • William Tanuwijaya

Pemuda yang berasal dari Pematang Siantar ini adalah salah satu sosok pengusaha yang sukses berkat kerja kerasnya untuk berinovasi dalam memanfaatkan teknologi. Kini perusahaan berbasis jual-beli secara online “Tokopedia” miliknya sukses menjadi pusat perdagangan online terbesar di Indonesia.

“Kesuksesan hanya bisa diraih dengan cara membantu orang lain agar bisa lebih sukses.”

  • Nadiem Makarim

Pengusaha sukses yang berhasil mendirikan perusahaan penyedia jasa ojek online terbesar di Indonesia ini awalnya banyak mengalami kendala. Niat baik untuk membantu para pengojek konvensional agar lebih mudah menemukan pelanggan pun malah berbuah penolakan dan bahkan kecaman. Namun, kini berkat kegigihannya, aplikasi ojek online “Go-Jek” sudah berhasil menjadi sumber mata pencaharian bagi puluhan ribu orang.

“Fokuskan bisnismu pada solusi.”

Semoga kata-kata bijak tersebut bisa menambah motivasi Anda menuju kesuksesan.