Bagikan:

“Pekerjaan paling menyenangkan di dunia adalah hobi yang dibayar” –Ridwan Kamil

Mendapatkan penghasilan dari hobi menjadi hal yang paling menyenangkan sebab selagi bersenang-senang, kamu pun bisa meraih untung. Beberapa orang bahkan menjadikan hobi tersebut sebagai pekerjaan utama mereka. Berikut ini contoh 5 hobi yang menghasilkan uang. Apakah hobi kamu termasuk di dalamnya?

  • Dapatkan Tambahan Uang dengan Rajin Menulis

Kamu hobi menulis? Sudah tahu bagaimana cara mendatangkan uang dari hobi kamu yang satu ini? Untuk mendapatkan penghasilan, kamu bisa menjadi seorang jurnalis, penulis buku, hingga editor. Bila punya banyak waktu luang dan ingin menghasilkan uang tambahan, kamu pun bisa menjadi freelancer content writer yang kerjanya tidak terbatas waktu dan tempat.  

Satu lagi, kamu juga bisa jadi blogger dan mendapatkan penghasilan yang cukup tinggi, lho. Seperti blog milik Iwan Banaran misalnya. Membahas seluk beluk dunia otomotif sebagai tema tulisannya, blog Iwan Banaran ditaksir memiliki nilai jual mencapai 2 miliar rupiah. Wow!

Kalau kamu ingin mengikuti jejak Iwan Banaran, kamu bisa mulai menulis blog berdasarkan tema disenangi. Oh iya, usahakan untuk selalu konsisten menggunakan tema tersebut agar tulisan yang kamu hasilkan memiliki ciri khas.

  • Fotografi Buka Peluang Bisnis Menjanjikan

Di industri kreatif seperti sekarang, hasil jepretan yang bagus banyak dibutuhkan untuk proses pemasaran suatu produk. Nah, inilah peluang yang bisa kamu manfaatkan. Selain itu, kamu pun bisa membuka jasa foto untuk pre-wedding.

Lalu, bagaimana untuk kamu yang lebih suka dengan foto landscape, wildlife, human interest, mikrofotografi? Kamu bisa menjual foto-foto tersebut ke agensi stok foto online seperti 123rf, Dreamstimes, dan Shutterstock.

Bagi fotografer kelas pemula, kamu bisa mendapatkan bayaran hingga 1 juta rupiah per harinya. Kalau sudah profesional, kamu dapat menghasilkan uang sampai 5 juta per hari. Menarik bukan?   

  • Hobi Jalan-Jalan? Buka Bisnis Jastip Saja

Hobi yang menghasilkan uang selanjutnya adalah jalan-jalan. Kegiatan jalan-jalan sering kali menghabiskan banyak uang. Namun, tidak bila kamu jalan-jalan sekaligus buka jasa titip alias jastip. Ya, potensi untung bisnis jastip ini cukup menggiurkan sebab banyak konsumen yang kesulitan mendapatkan barang yang tidak bisa mereka jangkau. Apalagi bila barang tersebut hanya tersedia di luar negeri dan tidak dipasarkan di Indonesia. Inilah peluang yang bisa kamu manfaatkan.

Penghasilan pelaku jastip barang-barang dari luar negeri biasanya lebih banyak. Dalam sebulan kamu bahkan bisa menghasilkan omzet hingga puluhan juta. Untuk mendapatkan keuntungan tersebut, kamu perlu melakukan sejumlah tips seperti mengetahui target pasar, promosi lewat media sosial, serta memberikan pelayanan yang maksimal.   

  • Menghasilkan Banyak Uang Berkat Menjadi Fans K-pop

Menjadi fans k-pop memang banyak dipandang sebelah mata lantaran kebiasaan menghamburkan uang demi idola tercinta. Padahal, tidak semua fans k-pop seperti itu, lho. Di Indonesia sendiri, banyak kok yang mendapatkan penghasilan dari menjadi fans k-pop. Bagaimana caranya?

Salah satu k-popers bernama Orchidia Cindy atau akrab dipanggil Cindy Noona ini misalnya. Berawal dari menyukai boyband EXO, kini Cindy berhasil meraup pundi-pundi rupiah dengan membuka sejumlah bisnis seperti jasa titip atau biasa disebut jastip, jual k-pop stuff, dan jasa tour ke Korea Selatan. Nah, kamu pun bisa melakukan hal yang sama. Selain itu, kamu juga bisa menjadi translator berbayar untuk drama Korea atau menjadi penerjemah apabila ada artis Korea yang berkunjung ke Indonesia.

  • Wirausaha, Hobi yang Menghasilkan Uang

Ini dia hobi yang benar-benar menghasilkan uang. Meskipun membuka bisnis bukan perkara mudah, namun beberapa orang malah senang melakukannya lantaran dinilai cukup menantang. Di Indonesia sendiri, ada banyak sosok wirausahawan sukses yang bisa dijadikan panutan. Ahmad Zaky misalnya.

CEO salah satu e-commerce terbesar di Indonesia ini mengaku bahwa selama proses pendirian bisnisnya tidak berjalan mulus. Meski begitu, Ahmad Zaki akhirnya mampu mengembangkan bisnisnya dan meraih transaksi hingga 500 juta rupiah per harinya.

Untuk kamu yang gemar berbisnis, yuk, mulai sekarang lebih totalitas dalam menjalankannya supaya bisa sukses seperti Ahmad Zaki. Kalau tidak punya modal untuk memulainya, Pegadaian hadir melalui program Kredit Gadai Sistem Angsuran (KRASIDA) yang akan memberikan kamu pinjaman mulai 1-250 juta rupiah dengan emas sebagai agunannya.

Itulah 5 hobi yang menghasilkan uang. Apabila hobi kamu termasuk satu di antaranya, kini kamu hanya perlu mengasah terus hobi kamu tersebut supaya bisa memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan. Semoga beberapa kisah orang-orang sukses di atas mampu memotivasi kamu untuk pantang menyerah, ya. Nah, selamat berjuang. Semoga berhasil!