Bagikan:

“You can’t go back and change the beginning, but you can start where you are and change the ending.” – C. S. Lewis

Memasuki awal tahun, hal apa yang lumrah terjadi dan sering dilakukan orang-orang? Selain identik dengan pesta kembang api atau perayaan kecil-kecilan bersama keluarga dan orang tersayang, banyak orang yang telah menyusun resolusi tahun baru untuk menjalani tahun ini. Selalu ada hal baru yang akan menyambutmu juga berbagai pengalaman seru yang bisa kamu dapatkan.

Membuat resolusi sebenarnya tidak sulit. Beberapa orang hanya menginginkan hal yang sederhana sebagai resolusi di tahun yang baru, seperti meneruskan beberapa resolusi di tahun lalu yang belum berhasil dicapai dengan cara yang baru. Beberapa lainnya memutuskan untuk menambahkan keinginan baru dalam daftar. Lalu, apa resolusimu? Belum ada ide? Yuk, coba intip resolusi tahun baru ala pengusaha sukses berikut ini!

  • Resolusi Tahun Baru Pertama: Karirmu Mau Dibawa ke mana?

Tak sedikit orang yang menjadikan karir di posisi nomor satu ketika menyusun resolusi yang harus dicapai pada tahun ini. Bukan hal yang salah kok, karena kamu memang harus punya target dan tujuan yang jelas dalam berkarir. Tentu saja, karirmu harus naik, bukan hanya stagnan pada posisi dan gaji yang sama setiap tahunnya.

Jadi, tentukan target yang akan kamu capai dalam karirmu. Apakah kamu ingin naik gaji? Naik jabatan? Pindah ke tempat baru? Jangan lupa, kamu juga harus menentukan bagaimana cara kamu mencapainya. Dengan begitu, kamu bisa lebih tahu sejauh apa progres resolusi yang kamu buat ini berjalan.

  • Selanjutnya: Pelajari Hal Baru untuk Tingkatkan Ilmu

Kamu pasti bosan dengan rutinitas yang begitu saja. Nah, mengapa tidak mencari hal baru untuk dipelajari? Pengalaman baru untuk dikenang? Setiap orang punya kekuatan, kamu pun demikian, tapi jangan lupa, kelemahan selalu berjalan berdampingan. Jadi, jangan pernah sombong akan segala kelebihan, karena kekuranganmu bisa saja dimiliki orang lain.

Selalu lebih baik untuk menyadari apa yang menjadi kekuranganmu, dan mencari cara untuk menutupinya. Bagaimana caranya? Tentu saja, mendapatkan ilmu baru atau pengalaman baru yang sesuai dengan apa yang menjadi kelemahanmu. Mungkin, dengan membaca buku, mengikuti pelatihan, atau mencari informasi melalui internet.

  • Produktif Boleh, tapi Jangan Lupa Kesehatan

Semangat untuk meraih mimpi dan cita-cita itu bagus, tapi jangan lupa, tubuhmu punya batasnya. Resolusi tahun baru kamu juga harus memperhatikan kesehatan. Beristirahatlah tepat waktu, konsumsi makanan bergizi dengan teratur, perhatikan asupan cairan harian, dan jangan lupa olahraga. Kesibukanmu yang padat terkadang membuat kamu jadi tidak punya waktu khusus untuk olahraga. Mulai sekarang, sediakan waktunya, meski hanya 30 menit setiap hari. Lebih baik lagi kalau kamu punya waktu khusus untuk berolahraga, seperti misalnya di akhir pekan.

  • Cari Tantangan Baru

Setiap hal baru selalu menyenangkan dan menghadirkan sensasi tersendiri. Jika kamu tidak menemukannya, kamu jangan diam saja, karena lebih baik kalau kamu mencarinya. Bisa melalui apa saja, seperti misalnya kamu ingin mengasah kemampuan dengan menyebarkan portofolio kepada perusahaan ternama untuk bekerja sebagai pekerja lepas, mencoba peruntungan dengan membuka bisnis kecil-kecilan, dan masih banyak lagi.

  • Resolusi Inti Sudah Selesai Dibuat. Terakhir, Yuk Liburan!

Kalau kamu sudah selesai menyusun segala hal yang ingin dicapai pada tahun mendatang, sekarang saatnya menentukan kapan kamu harus liburan. Jika fisik sehat dengan berolahraga, pikiran bisa segar kembali dengan berlibur. Namun, pastikan kamu menentukan tujuan, biaya yang dibutuhkan, akomodasi, dan segala yang perlu dipersiapkan, ya! Jangan lupa, tengok sisa cuti dan selesaikan pekerjaan. Jangan sampai liburanmu berantakan karena masih dibebani pekerjaan.

Nah, itu tadi cara mudah menyusun resolusi tahun baru ala pengusaha sukses. Sukses memang butuh kerja keras, tapi tidak lupa juga untuk membahagiakan diri sendiri. Berlibur bisa menjadi salah satunya. Bisa juga dengan membeli barang kesayangan atau melakukan hobi. Sukses milik semua orang, tapi jangan lupa diri, ya. Selamat tahun baru!